Tahukah Anda Istilah-istilah Populer yang Ada di Kampus?

0
Sesaat anda menjadi mahasiswa, anda akan menemukan beberapa istilah-istilah atau singkatan yang belum pernah anda dengar pada saat anda sekolah dulu. Tahukah anda Istilah-istilah yang ada di Dunia Kampus? Nah, agar anda tidak bingung nantinya saat baru menjadi mahasiswa, saya akan bahas sedikit tentang istilah atau singkatan yang populer dalam Dunia Kampus.istilah dalam kuliah
Istilah-Istilah atau Singkatan Populer yang Ada di Kampus
  • KRS
    Kartu Rencana Studi (KRS) merupakan sebuah catatan mengenai mata kuliah yang akan kamu ambil di suatu semester. Kamu dapat merencanakan sendiri mata kuliah yang akan anda ambil di semester tersebut dengan berkonsultasi dengan dosen wali. Pada umumnya, setiap kampus memakai istilah ini, namun adapula yang menyebut Kartu Perencanaan Studi Mahasiswa (KPSM) maupun Formulir Rencana Studi (FRS). KRS terdiri dari beberapa bentuk. yaitu bentuk konvensional, online, serta kombinasi keduanya. KRS manual atau konvensional yang telah disetujui oleh dosen wali dapat segera anda berikan ke sekretariat maupun Biro Administrasi dan Akademik Kemahasiswaan (BAAK). Sementara untuk yang menggunakan sistem online, kamu hanya perlu memasukan KRS manual ke akun kemahasiswaan milikmu sesuai jadwal yang telah ditetapkan. 
  • KHS
    Kartu Hasil Studi (KHS) merupakan laporan yang memuat hasil studi setiap mahasiswa per semester 
  • KTM
    Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) merupakan tanda pengenal yang menerangkan bahwa anda adalah mahasiswa di perguruan tinggi tersebut. 
  • SKS
    Satuan Kredit Semester (SKS). Berbeda saat anda masih sekolah, di mana semua pelajaran sudah dipaketkan hingga anda lulus, di perguruan tinggi, sistem SKS memungkinkan anda memilih sendiri mata kuliah yang akan diambil dalam satu semester. Namun, untuk jenjang D-3 maupun semester awal, setiap kampus biasanya sudah memaketkan mata kuliah. Untuk lulus hingga S-1, anda membutuhkan sekira 144-160 SKS, sementara untuk program diploma diperlukan 110-120 SKS. Setiap mata kuliah memiliki bobot SKS berbeda. Ada mata kuliah yang berbobot dua, tiga, maupun empat SKS. Biaya yang harus anda keluarkan per SKS pun sangat bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing universitas. Jumlah SKS yang dapat anda ambil di tiap semester juga bisa jadi tidak sama, mulai 18 hingga 24 SKS. Batasan yang diberikan pihak kampus mengenai SKS yang harus diambil tiap semester berkaitan erat dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang anda raih di semester sebelumnya. 
  • Dosen Pembimbing/Penasehat Akademik (PA)
    Dosen yang bertugas mendampingi dan memberikan konsultasi akademis kepada mahasiswa selama masa kuliah, termasuk menyusun rencana studi dan memberi pertimbangan dalam memilih mata kuliah dan jumlah kredit yang akan diambil, sesuai perkembangan studi mahasiswa. 
  • IPK
    Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Ibarat nilai rapor saat duduk di bangku sekolahan. Nilai IPK mulai dari 1,00 (satu koma nol nol) hingga 4,00 (empat koma nol nol). Jika mampu konsisten meraih IP 3,5 di setiap semester hingga lulus, maka Anda akan dinobatkan sebagai mahasiswa berprestasi dengan predikat cumlaude. 
  • Sistem Penilaian
    Sistem penilaian di perguruan tinggi menggunakan abjad. Nilai tertinggi yang setara dengan nilai 9-10 setara dengan A sementara nilai terendah biasa disetarakan dengan nilai E. 
  • UTS dan UAS
    Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS), Tidak berbeda jauh dengan Sekolah, perguruan tinggi juga menggunakan sistem Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). Biasanya, bobot penilaian yang ditetapkan bagi UTS dan UAS diserahkan kepada masing-masing dosen, karena dosen lebih tahu bagaimana proses mahasiswa mengikuti perkuliahan dari awal hingga akhir. Penilaian akhir ditetapkan berdasarkan pembobotan nilai UTS dan UAS, adapula yang dihitung berdasarkan pembobotan presensi Kuliah, Tugas, Quis, UTS, dan UAS. 
  • PKL
    Praktek Kerja Langsung (PKL) merupakan Kegiatan untuk mendapatkan pengalaman ilmu pengetahuan dan teknologi, Secara teknis dilakukan untuk membandingkan teori yang diperoleh di bangku kuliah dengan yang terjadi di lapangan. Laporan hasil PKL bisa digunakan sebagai bahan penulisan skripsi. 
  • Prodi
    Program Studi (Prodi) atau lebih tepatnya jurusan. Ini ibarat kelompok IPA , IPS atau Bahasa di sebuah SMA. program studi merupakan tempat untuk anda yang meneruskan kuliah di bangku Perguruan Tinggi Negeri sesuai minat dan bakat anda. 
  • SP
    Semester Pendek merupakan program perkuliahan yang dilaksanakan pada saat liburan semester genap.Program semester pendek bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswauntuk memperbaiki nilai mata kuliah yang sudah pernah ditempuh dan atau mata kuliahyang belum ditempuh pada semester sebelumnya dalam rangka meningkatkan IndekPrestasi Kumulatif (IPK) dan memperpendek masa studi. 
  • TA
    Selain merupakan singkatan dari Tahun Ajaran. TA dapat pula diartikan dikalangan mahasiswa sebagai Titip Absen. hahahah.^_^

Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa dijelaskan, namun saya cukupkan dulu sampai disini, seperti biasa buat anda yang ingin menambahkannya, silahkan beri komentar anda pada kolom yang tersedia. Demikianlah artikel singkat tentang Istilah-Istilah Populer yang Ada di Kampus. Semoga Bermanfaat.. ^_^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.