Apakah Kuliah itu Berbeda Dengan Sekolah?

4
Kuliah berbeda dengan sekolahSaat sekolah dulu, mungkin kita berfikir tentang kakak kelas yang sedang kuliah, berkhayal bagaimana sih dunia kuliah itu? enak tidak? Apakah Kuliah itu Berbeda Dengan Sekolah? . Berbagai khayalan dan pertanyaan yang menyelimuti hati saat sekolah dulu. Pingin rasanya cepat-cepat tamat dan merasakan bagaimana serunya dunia kuliah. karena banyak yang bilang, kuliah itu enak, seru, pakaian bebas, style rambut terserah tidak ada yang ngatur dan lain sebagainya. Namun setelah memasuki dunia Kuliah, ternyata yang dibilang kakak kelas ataupun senior itu ada benar dan tidaknya. Secara Umum sih pemahaman kuliah dan sekolah sama saja, sama-sama tempat menuntut ilmu pengetahuan. Dunia Kuliah emang benar berbeda banget dengan dunia sekolah. Saat kuliah kita dituntut untuk selalu aktif mencari informasi tentang kampus sedangkan dunia sekolah dulu, semua informasi guru yang memberitahu dan bahkan guru yang mencari-cari si murid. Pokoknya berbeda deh. Untuk itu saya akan share sedikit yang saya tahu tentang dunia kuliah yang pastinya berbeda saat masih sekolah dulu.
  • Dosen berbeda dengan Guru sekolah
    Saat sekolah dulu, yang mengajari kita disebut Guru, sedangkan di kuliahan tenaga pengajar disebut Dosen. Nah, semua dosen itu hampir sama, mereka cuek dan kurang peduli dengan mahasiswanya. maksud dari cuek itu, ialah dosen tidak perduli dengan tingkah laku si mahasiswa, bagi si dosen yang berkelakuan baik, mematuhi peraturan si Dosen, mengerjakan tugas, maka dipastikan nilai akan aman alias bagus, jika tidak atau sebaliknya nilai anda akan jatuh. Jarang ada dosen yang mau marah, ataupun melakukan kekerasan pada mahasiswanya.
  • Pertemanan
    Jika saat sekolah dulu, kita dengan mudah berkumpul dengan teman-teman sekelas atau dari kelas lainnya dan akan terlihat ramai berkumpul, berkelompok jika sudah bersama. Berbeda saat kuliah, terasa sedikit sulit untuk kumpul bersama, ramai-ramai disetiap kesempatan, cenderung ke individual. 
  • Jadwal Kuliah
    Jam kuliah sangatlah random (acak) tidak tentu waktunya, berbeda-beda setiap kelas. terkadang bisa masuk pagi, terkadang siang hingga sore. berbeda dengan Jam sekolah yang telah ditentukan secara tetap. 
  • Sistem Kredit Semester (SKS)
    Agak bingung sih menjelaskan SKS itu apa secara terperinci, namun yang saya tahu SKS adalah sistem management di perkuliahan, dimana target untuk lulus S1 harus mencapai 140-160 SKS, jika selama waktu standar tidak memenuhi itu, maka mahasiswa wajib mengambil kembali mata kuliah yang nilai sks kurang agar tercukupi. 
  • Nilai
    Sistem nilai di perkuliahan menggunakan range angka 0.0 – 4-0 dan nilai huruf A-E. Nilai 4.0 adalah yang terbaik dan huruf A adalah yang paling bagus. 
  • Peraturan Lebih Bebas/terbuka dibandingkan Sekolah
    Bebas yang dibahas misalnya dalam berpakaian, saat kuliah kita bebas memakai pakaian apa saja yang penting terlihat bersih dan rapi, berbeda dengan sekolah yang harus memaki seragam dan sepatu hitam saja. begitu juga dengan rambut, saat kuliah boleh panjang, pendek dan di bentuk sesuai selera. 
  • Jadi Mahasiswa harus aktif dan Inisiatif
    Berbeda saat anda sekolah, saat kuliah anda sebagai mahasiswa harus lebih aktif dan inisiatif dalam mencari setiap informasi terbaru. jika diam saja, anda akan ketinggalan informasi, syukur-syukur jika ada teman anda yang selalu memberikan informasi terbaru. 
  • Mandiri
    Apapun ceritanya, jika anda seorang mahasiswa, anda akan dituntut jadi seseorang yang mandiri dalam segala hal.

Nah, bagaimana pendapat anda tentang Dunia Kuliah yang Berbeda Dengan Sekolah? Jika anda ingin menambahkan, silahkan beri komentar untuk artikel ini, tentu saja saya ucapkan terima kasih sebelumnya. Demikianlah artikel sederhana tentang Apakah Kuliah itu Berbeda Dengan Sekolah?, Semoga bermanfaat..^_^.

4 COMMENTS

  1. Gambaran umum nya kuliah itu memberi apa saja yang harus dipelajarin sedangkan sekolah membina para murid nya. Aktif dan inisiatif di perkuliahan saya sangat setuju dan itu memang harus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.