Serba-Serbi Tentang Komunitas Blogger Medan

Serba-Serbi Tentang Komunitas Blogger Medan – Blog M kepanjangan dari Blogger Medan yang merupakan sebuah komunitas blogger yang ada di Medan. Saya sendiri termasuk di dalamnya. Komunitas Blogger Medan berdiri sejak tahun 2015. Seperti pada komunitas hobi lainnya, komunitas ini terbentuk atas dasar bersama, yaitu menjadi sebuah wadah bagi para blogger di kota Medan dan sekitarnya.Serba-Serbi Tentang Komunitas Blogger Medan

Blogger Medan (Blog M) menjadi tempat silaturahmi, belajar dan bertemu banyak teman yang punya hobi sama. Tentunya ini bisa menjadi semangat dan motivasi untuk terus konsisten membangun dan membesarkan blog yang kita punya.

Kenali Dunia Blogger

Semua orang bisa membuat blog dan semua orang bisa menulis di blog. Tapi tidak semua orang bisa konsisten ngeBlog dan tidak semua orang bisa mendapatkan uang dari Blognya. Semua butuh proses dan konsisten dalam hal blogging. Karena sejatinya seorang blogger adalah orang yang dengan konsisten mengupdate tulisan di blog.

Blogging gak sekedar hanya menulis postingan lalu publish dan share ke sosial media yang kita punya. Banyak hal dari itu. Kita juga harus belajar menulis konten yang bagus, blogwalking ke blog-blog teman, belajar mendatangkan traffic ke Blog agar ramai pembaca, dan lainnya.

Awal Mula Menjadi Blogger

Blogger, kata ini terdengar pertama kali pada 9 tahun silam. Disebuah kelas semasa SMA. Yaa ada seorang teman yang berbicara tentang seorang Penulis plus artis yang terkenal melalui tulisannya di Blog lalu tulisannya dibuat kedalam buku dan menjadi buku Best Seller pada saat itu. Dari situ penasaran, apa sih blog itu?

Memasuki kuliah yang kebetulan saat itu mengambil jurusan Teknik Informatika. Pertanyaan tentang blog masih terus menghantui. Karena tau tidak ada mata kuliah tentang blogging akhirnya coba bertanya sama teman satu kelas. Alhamdulilah ada satu teman yang paham blog dan bersedia mengajari membuatnya.

Tahun 2009 menjadi awal mengenal dunia blogging. Membuat blog dengan niat isinya adalah materi-materi yang didapat saat perkuliahan. Niat tinggal niat semata. Semangat ngeblog terus memudar, karena saat itu kalau mau ngeblog harus ke Warnet. Ditambah kerja plus kuliah sehingga ke warnet juga gak bisa tiap hari. Setahun lebih akhirnya blog menganggur dan tidak pernah dibuka lagi.

Tahun 2011 semangat ngeBlog kembali lagi, berhubung sudah mendapatkan pekerjaan baru. Kalau sebelumnya menjadi Cleaning Service kini alhamdulilah bekerja di kantoran yang tiap hari didepan layar komputer plus Internetnya aktif. Hehehe. Blog lama pun kembali dibuka dan belajar serius mendalami tentang blog. Bagaimana ngeblog yang benar, cara mendapatkan uang dari blog dan lainnya.

Belajar secara otodidak tentang blog. Mulai paham bagaimana membuat postingan blog yang bagus dan bisa mendatangkan banyak trafic sehingga bisa mendapatkan pundi-pundi dolar melalui blog. Butuh waktu yang cukup lama untuk bisa berhasil mendapatkan hasil. Meskipun dolar yang didapat tidak lah besar, dan dianggap recehan, setidaknya sudah sedikit paham mendapatkan penghasilan dari Blog.

Isi blog saat itu, masilah campur-campur. Tidak ada topik khusus yang dibuat. Sehingga di pertengahan tahun 2013 kembali membuat blog yang lebih spesifik yaitu tentang traveling. Tulisan yang dimuat adalah berdasarkan perjalanan sendiri ketempat-tempat wisata yang ada di Medan dan sekitarnya. Pada saat itu juga mulai browsing keberadaan komunitas blogger di Medan dan Ketemu grup Facebooknya. Saat itu komunitas ini tidaklah begitu aktif.

Tahun 2014 mulai bertemu dengan teman-teman blogger yang ada di kota Medan di beberapa event. Senang pastinya bisa kenal serta diskusi dan tentunya menambah ilmu baru didunia blogging. Pada dasarnya kita butuh sebuah wadah untuk diskusi serta silaturahmi antar blogger di kota Medan, bersama teman-teman blogger, kita sepakat membuat komunitas yang diberi nama BLOG M (Blogger Medan).

2 Februari 2015, Blog M berdiri dan saya kebetulan dipercaya untuk menjadi pengurus tahun pertama di Blog M. Selama di Blog M saya mendapat banyak pengalaman dan pelajaran. Khususnya dibidang Blogging. Bagaimana menjadi seorang blogger yang baik serta Membangun Personal Branding melalui Blog.

Tips Menjadi Seorang Blogger

Niat Jadi Blogger

Tentukan niat ngeblog itu apa. Kalau langsung berfikir Ngeblog untuk bisa dapatkan uang. Itu berat Loh. Malah nanti kalau gak bisa dapat uangnya bisa-bisa jadi malas ngeblog dan mundur untuk jadi Blogger.

Kalau dulu niat awal saya ngeBlog itu karena penasaran kayak apa blog itu. Selanjutnya belajar menulis dan sharing apa yang kita tahu melalui blog . Berharap tulisan yang kita buat itu bermanfaat buat orang lain. Kalau udah banyak yang suka dengan tulisan kita pasti ada sesuatu yang lebih nanti kita dapatkan

Harus Kuat

Jadi Blogger Itu Berat, jadi kita harus kuat. Menjadi blogger harus bisa membuat postingan secara berkala serta konsisten dalam ngeBlog.

Rela Membuang Waktu

Jika kita saat ini sedang bekerja atau kuliah, kalian harus siapkan waktu minimal 1 jam untuk ngeBlog, tujuannya biar kamu Menjadi Blogger yang Produktif

Tentukan Tema Blog

Sebaiknya kita sudah punya satu tema untuk blog kita, misalnya tentang traveling, kuliner, parenting, olahraga atau lainnya. Kalau saya memilih untuk tulisan travel. Mencoba konsisten menjadi travel blogger. Tapi jika masih bingung nentuin satu tema, silahkan aja isi blognya campur-campur temanya. Gak apa kok, yang penting tetap menulis

Gabung di Komunitas Blogger

Biar semangat ngeBlognya, sebaiknya join deh di komunitas Blogger yang ada di daerah kalian, seperti Blog M kalau di Medan, biar ngeblog gak berasa sendirian. Kalau rame teman blogger kan bisa saling memotivasi dan tentunya semakin semangat.Serba-Serbi Tentang Komunitas Blogger Medan

Bahaya Gabung di Blogger Medan (Blog M)

Bisa Menambah Teman.

Sudah tau kan resiko kalau teman bertambah banyak? bisa-bisa lupa waktu kalau udah kumpul. Apalagi kalau udah bahas blog dengan orang-orang yang punya hobi sama. Bisa bahaya nih buat kamu, karena bisa melupakan jadwal kunjungan bersama pacar. Yakin gabung?

Bisa menambah Ilmu.

Berkumpul dengan teman yang punya hobi sama, khususnya dalam blogging, tentunya akan menambah ilmu kita sebagai blogger. Ini juga berbahaya karena dengan bertambahnya ilmu blogger kita, maka kita harus mau juga luangkan waktu untuk berbagi ilmu kepada teman lainnya. Siapkah?

Obrolannya Gak Penting

Percuma udah gabung, tapi pembahasan di grup itu gak ada pentingnya, bahkan gak ada bahas tentang blog, bahaya kali kan? Nah..Kalau berharap gabung di Komunitas Blogger Medan dan bergabung di Grup Whatsapp nya bisa mendapatkan info dan ilmu penting, itu salah.

Karena tujuan di buat grup, bukan cuma sharing info, melainkan untuk saling bercerita dan saling mengenal dengan cara yang asik. Jadi, gak melulu harus serius bahas blog setiap harinya.

Bisa buat Sakit Hati

Waduh,, bahaya banget dong kan? Join di Komunitas Blogger Medan, tapi hanya buat sakit hati. Ngeri gak tuh? Jadi, sebelum gabung, harus siapkan mental terlebih dahulu ya. Sebenarnya gak ada niat untuk saling menyakiti. Karena tujuannya adalah bercanda dan saling memotivasi, agar bisa saling maju untuk menjadi blogger yang terbaik.

Memberi Kesempatan Untuk Berkembang

Di Blogger Medan, semua bisa maju. Asal mau dan berusaha. Siapa saja boleh berbagi tentang ilmu yang dia punya. Dan kita siapkan panggung untuknya. ini berbahaya bagi orang lain, yang iri melihat kita berkembang dalam hal blogging.

Buat Penasaran

Yakin gak penasaran sama Komunitas Blogger Medan (Blog M) Ini? Banyak loh yang masih penasaran? banyak yang menganggap komunitas blogger Medan ini Sombong, gak friendly, dan macem lainnya. Jadi, itu hanya anggapan orang-orang yang belum mengenal Blog M.

Blogger Medan (Blog M) tidak mencari orang hebat, pintar segalanya dalam hal blogging. Tapi lebih menerima teman-teman yang mau saling sinergi dan bisa saling akrab dengan lainnya.

Jadi, apakah benar blogger Medan itu berbahaya? Ya.. semua itu tergantung persepsi masing-masing bagaimana menilai Komunitas blogger Medan ini.Serba-Serbi Tentang Komunitas Blogger Medan

Kegiatan Komunitas Blogger Medan

Durian

Ini merupakan singkatan dari Diskusi Ringan Anak Medan, sebuah kegiatan silaturahmi plus diskusi yang dibuat sebulan sekali. Durian BlogM tidak terbatas bagi anggota blogger medan, melainkan siapa saja boleh ikutan. Tujuannya agar bisa mengenal seperti apa kegiatan dari blogger medan

Kelas Blogger Medan

Ini merupakan kegiatan belajar untuk mengasah skill bagi si blogger. Materi yang dibawakan beragam berkaitan dengan blogging maupun terkait dunia digital. Kelas ini belum rutin setiap bulan, tapi kedepannya akan dibuat lebih rutin dan intensif. Berbeda dengan durian, kelas ini terbuka untuk anggota Blog M dan peserta umum dengan kuota terbatas.

Keliling Sekolah

Biasa disebut Roadshow to School. Jadi Komunitas Blogger Medan akan mengunjungi sekolah yang sebelumnya telah sepakat untuk bekerjasama. Nah, tujuannya yaitu memberikan motivasi kepada siswa tentang kegunaan serta manfaat Blog di era digital saat ini.

Ada beragam kegiatan lainnya yang pernah dibuat, seperti anniversary, jalan-jalan bareng blogger dan lainnya. Namun memang sifatnya tidak rutin seperti kegiatan diatas.

Cara Gabung Blogger Medan

Ada beberapa tahapan sebelum bisa gabung di Komunitas Blogger Medan. Detail tentang infonya bisa di lihat Instagram blogger medan ya @blogger_Medan.

Bangga Menjadi Blogger

Jika suatu hari blogger telah tiada, setidaknya hingga sampai saat ini aku bangga menjadi blogger. Ada banyak pengalaman dan pelajaran yang didapat. Seperti menjadi pembicara atau pemateri sebuah event yang berkaitan blogging. Diliput oleh media, diajakin jalan-jalan serta mendapatkan uang dari menjadi seorang Blogger.Serba-Serbi Tentang Komunitas Blogger Medan

Akankah Blogger terus ada??? Semoga saja…

2 thoughts on “Serba-Serbi Tentang Komunitas Blogger Medan”

  1. Pingback: Blogger Medan Itu... - Travel Blogger Indonesia From Medan - Rudi Hartoyo

  2. Pingback: Mau Jadi Blogger? Jangan Deh, Biar Aku Saja - Travel Blogger Indonesia From Medan - Rudi Hartoyo

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.