Beberapa Alasan Mahasiswa Terlambat Menyelesaikan Skripsi

3
Terlambat Selesai skripsiBeberapa Alasan Mahasiswa Terlambat Menyelesaikan SkripsiSkripsi menjadi salah satu syarat utama yang harus diselesaikan seorang mahasiswa untuk dapat lulus dari bangku Kuliah. Mengerjakan skripsi cukup sulit dan bakal memakan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikannya. Tenggang waktu mengerjakan skripsi rata-rata di setiap Perguruan Tinggi di Indonesia sekitar satu semester ataupun sampai satu tahun khusus untuk menyiapkan skripsi tersebut. Dengan waktu yang cukup lama tersebut pun, masih banyak mahasiswa yang tidak dapat menyelesaikan skripsinya tepat waktu dengan berbagai hal dan alasan.
Ada Beberapa Alasan Mahasiswa Telat Menyelesaikan Skripsi antara lain :
  1. Malas. Ini penyakit yang paling fatal yang diderita mahasiswa. Padahal dirinya mempunyai banyak waktu, materi memadai, serta dana yang tercukupi. Mungkin mahasiswa tersebut betah dan ingin berlama-lama lagi di kampus yang dicintainya.
  2. Mampet/Buntu Ide. Terkadang judul yang diambil oleh mahasiswa tersebut tidak sesuai yang direncanakan, sehingga ditengah pengerjaan skripsi, materi yang dibutuhkan tidak didapat sepenuhnya, dan akhirnya mahasiswa banyak yang berfikir untuk berganti judul. Ujung-ujungnya banyak mahasiswa terlambat menyelesaikannya sehingga tertunda hingga tahun depan.
  3. Sulit Bertemu Dosen Pembimbing. Tidak sedikit mahasiswa yang telat menyelesaikan skripsinya karena Dosen pembimbingnya sendiri. Banyak Tipe-Tipe Dosen yang menghambat mahasiswa dalam mengerjakan skripsi diantaranya ada Dosen yang memang Malas membimbing mahasiswanya karena capek oleh kesibukannya sendiri, Dosen yang PHP (Pemberi Harapan Palsu) atau biasa dibilang selalu ingkar janji, dan paling parahnya lagi dosen pembimbing tersebut pergi keluar kota bahkan ke luar negeri dengan berbagai alasan pula. Akhirnya mahasiswa menjadi korban dan skripsinya pun terlantar.
  4. Tidak Fokus. Banyak alasan pribadi yang menyebabkan mahasiswa tidak fokus dalam menyusun skripsinya. Salah satunya yang mungkin sibuk dengan pekerjaannya selain menjadi mahasiswa. Sehingga sulit membagi waktu kuliah dengan pekerjaannya sendiri.
  5. Terhambat Dana. Dana menjadi hal yang penting buat mahasiswa tingkat akhir, ini sudah umum dialami oleh para mahasiswa serta para alumni. Salah satunya dalam membuat skripsi, bakalan banyak uang yang dikeluarkan, terutama untuk biaya dalam membeli Buku, fotocopy, membeli kertas, serta tinta untuk mencetak skripsi. Memang sih, hal ini tidak menjadi prioritas atau mutlak tertundanya skripsi mahasiswa tersebut. 
Bagaimana dengan pendapat anda? jika anda ingin menambahkannya lagi, silahkan berkomentar dikolom yang tersedia. Demikianlah artikel singkat tentang Beberapa Alasan Mahasiswa Terlambat Menyelesaikan Skripsi, Semoga Bermanfaat.

3 COMMENTS

  1. […] dalam menyelesaikan skripsinya? anda bisa membacanya pada artikel sebelumnya yang berjudul Beberapa Alasan Mahasiswa Terlambat Menyelesaikan Skripsi. Skripsi itu penting dan tentunya wajib dikerjakan serta diselesaikan seorang mahasiswa demi […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.