Perubahan Perilaku Mahasiswa di Setiap Tingkatan

6
1392
views
Perubahan Perilaku Mahasiswa di Setiap Tingkatan – Halo sahabat Kampus, bagaimana rasanya jadi Mahasiswa, Seru kan? Waduh, jadi kangen lagi nih masa-masa saat kuliah dulu. Hari ini saya akan share tentang Perubahan Perilaku Mahasiswa pada umumnya di Setiap tingkatannya.
Perubahan Perilaku Mahasiswa di Setiap Tingkatan
Tingkat 1
 
Di Tingkat satu ini, biasa kita disebut Mahasiswa Baru (MaBa), dimana proses adaptasi terhadap lingkungan kampus dimulai. MaBa tentunya masih terlihat baik, berpakaian rapi, rajin kekampus, segala tugas pun terselesaikan dengan baik. Tingkat satu adalah waktu untuk membangun pencitraan.
Tingkat 2
 
Masih terlihat normal, masih hampir sama dengan tingkat satu, kemajuan pada tingkatan ini status MaBa telah ditinggalkan, serta sudah kenal bahkan akrab dengan teman-teman. Pada tingkat dua ini, mahasiswa mulai mengerti trik-trik curang buat ngampus. Mulai dari Titip Absen (TA) kepada temennya, disaat mahasiswa tersebut malas untuk kuliah. Mulai bergabung dan sibuk dengan organisasi-organisasi yang ada dikampus. Tugas-tugas pun Mulai terbengkalai.
Tingkat 3
 
Pada tingkatan ini, mahasiswa mulai jarang kelihatan di kampus. Bukan berarti malas untuk kuliah, melainkan jadwal kuliah yang tidak sepadat pada tingkatan 1 dan 2. Kalau dulu bisa masuk setiap hari, namun pada tingkat 3 ini, hanya 3-4 hari saja jadwal kuliahnya. Pokoknya di Tingkat ini mahasiswa serasa santai danhidup tenang, banyak waktu untu jalan-jalannya. Wajahpun jadi berseri dan segar, badan pun berkembang dengan baik (sehat).
Tingkat 4
 
Inilah tingkatan yang selalu membuat mahasiswa getar-getir, sibuk kesana-kemari. Pada Tingkatan 4 ini, identik dengan Skripsi atau Tugas Akhir. Seluruh pikiran dan kehidupan mahasiswa di tingkat ini terpusatkan pada Tugas Akhir. Waktu untuk kekampus pun semakin sering meskipun jadwal kuliah sudah tidak ada lagi. Rajin Ngampus karena untuk Bimbingan dengan Dosen pembimbing, ataupun mencari bahan-bahan skripsi serta jurnal di Perpustakaan kampus.Kesehatan si Mahasiswa pun mulai terabaikan, sering telat makan, kurang tidur karena stress mikirin skripsi. Wajah pun tidak berseri seperti pada tingkatan sebelumnya.
Tingkat 5 dan Seterusnya
 
Pada tingkat ini, para mahasiswa yang telah berjuang keras selama 4 tahun untuk dapat lulus kuliah tepat waktu harus kandas karena ada sesuatu yang menghalangi. seperti ada mata kuliah yang belum lulus, jarang ngampus karena ada pekerjaan lain sehingga kuliah terkorbankan. Kalau sudah begini mahasiswa yang bersangkutan terpaksa berevolusi ke semester 9 dan seterusnya. Dan bisa saja Muncul gelar MaBa kedua yaitu Mahasiswa Abadi.
Bagaimana menurut pendapat kalian? ada yang mau menambahkan? silahkan tinggal komentar di bawah ini. Demikianlah Artikel singkat tentang Perubahan Perilaku Mahasiswa di Setiap Tingkatan, Semoga Bermanfaat.^_^.

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.