Persentasi di Kelas? Kenapa Harus Takut..!

9
Persentasi di Kelas? Kenapa Harus Takut..!Persentasi di Kelas? Kenapa Harus Takut..! – Pernah tidak sahabat Kampus yang ada disini, merasa minder, takut, gugup dan sebagainya disaat harus melakukan persentasi di depan kelas?. Selama kuliah pernah tidak kalian hitung berapa kali melakukan persentasi dikelas?. Biasanya persentasi dilakukan saat kita mendapat tugas pribadi maupun tugas kelompok dari Sang Dosen. Setelah tugas tersebut selesai, maka hasil tugas tersebut wajib di presentasikan di kelas, di depan dosen dan teman-teman yang ada. Kenyataan dilapangan, banyak mahasiswa yang tidak berani tampil untuk mempresentasikan hasil tugasnya. Apalagi kalau tugasnya perkelompok, sudah pasti mahasiswa tidak berani tersebut menyuruh teman yang lainnya untuk melakukan persentase.
Bagi mahasiswa yang berani tampil, sudah pasti tidak ada masalah baginya, karena sudah terbiasa melakukan persentase mungkin disaat SMA dulu sehingga saat kuliah ada hal yang seperti ini, dia akan santai menghadapinya. Bagi Mahasiswa yang tidak pernah mau melakukan persentasi, dia akan menyadarinya nanti. Mau tidak mau nantinya mahasiswa yang tidak berani tersebut akan melakukan persentasi juga, yaitu saat seminar dan Sidang Skripsi. Hayooo, gimana coba tuh, buat yang tidak terbiasa, pasti bakalan keringat dingin dan tidak menutup kemungkinan sampai pingsan. hehheeheh.
Ada banyak Hal atau Alasan yang Mungkin Mahasiswa tidak mau Melakukan Persentasi di kelas antara lain :
  • Malas, karena menggangap tersebut tidak penting
  • Tidak terbiasa melakukan persentasi
  • Takut akan kesalahan, dan di tertawakan
  • Gugup Jika berdiri  di depan kelas karena banyak pendengar (audiens)
  • dan lain sebagainya.
Itulah beberapa alasan yang sering mereka lontarkan saat membahas tentang persentasi di Kelas. Sebenarnya jika anda punya 1 alasan untuk berani, maka sekali saja anda maju persentasi, untuk kedua kalinya pasti kalian yang takut dan akan serasa santai saat menyampaikan materi persentasi. Ada sedikit tips menurut saya, yang mungkin bisa anda coba untuk menaklukan rasa takut, grogi, gugup saat melakukan persentase, sehingga anda bisa santai saat membahas tentang persentasi.
Persentasi di Kelas? Kenapa Harus Takut..!
Adapun Tips Sederhana untuk Berani tampil Persentasi di kelas antara lain :
  1. Niatkan dalam hati kalau anda itu bisa, Apalagi anda adalah seorang mahasiswa, jadi anda harus berani
  2. Berfikir positif bahwa tidak ada yang perlu ditakutkan, apalagi audiensnya kan cuma teman sekelas dan dosen anda saja.
  3. Baca, belajar dan pahami materi yang akan dibawa saat persentasi
  4. Jangan pernah takut untuk mencoba, mungkin pertama kali persentasi ada beberapa kesalahan saat membacakannya, tidak usah malu jika ditertawakan teman sekelas. itu hal biasa, belum tentu mereka juga bisa seperti anda kan?
  5. Jadikan persentasi dikelas ini sebagai latihan anda, sebelum anda persentasi nanti saat seminar dan sidang skripsi. ataupun suatu saat anda akan berbicara di depan masyarakat umum.
  6. Percaya Diri saja.
Nah, jika kalian sudah melakukan itu, saya pastikan ketakutan anda akan hilang, dan lama-kelamaan akan terbiasa dan merasa santai saat melakukan persentasi lainnya. Anda seorang Mahasiswa?, Persentasi di Kelas? Kenapa harus Takut..! Demikianlah artikel sederhana ini, semoga bermanfaat ..^_^. jika ada yang ingin menambahkan tips diatas, silahkan komentar pada kolom yang tersedia. Terima Kasih..

9 COMMENTS

  1. wahh kemaren saya juga presentasi pemasaran di kelas, memang sih gan nervous apa yg mau diomongin.. makasih gan info'a 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.