Tips Memilih Jurusan Kuliah Untuk Masa Depan

3
1034
views
tips memilih jurusanTips Memilih Jurusan Kuliah Untuk Masa Depan– Saat berada di Jenjang SMA/SMK terutama kelas 3. Siswa dituntut untuk berfikir langkah kedepan begitu Tamat dari sekolahnya. Apakah langsung mencari pekerjaan atau Melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi?. Ada banyak alasan untuk mempertimbangkan hal ini. Bagi kalian yang memilih untuk melanjutkan perguruan tinggi, kalian juga dituntut untuk memilih jurusan apa yang tepat untuk masa depan.
Tidak sedikit anak yang masih bingung dalam memilih jurusan kuliah, karena mereka belum paham minat dan bakat serta cita-cita dirinya sendiri. Banyak anak yang kuliah dan memilih jurusan atas dasar ikut-ikutan teman, dipaksa orang tua, saran dari Pacar dan lain sebagainya. Hal ini lah yang patut anda cermati dari sekarang, buat kalian yang ingin melanjutkan kuliah. Karena salah memilih Jurusan akan berdampak besar bagi masa depan anda.
Adapun beberapa dampak yang terjadi disaat kalian Salah Memilih Jurusan Kuliah :
  • Problem Psikologis
    Mempelajari sesuatu yang tidak sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan, merupakan pekerjaan yang tidak menyenangkan. Apalagi kalau itu bukan dari niat kalian, melainkan karena unsur orang lain seperti desakan Orang Tua. Kesal, marah, sedih, itu akan membuat efektivitas kerja otak terhambat dan hilangnya motivasi. Ini bisa menyebabkan kuliah berhenti di tengah jalan, karena menurunnya daya tahan, konsentrasi serta menurunnya daya Juang.
     
  • Problem Akademis
    Dampak yang terjadi jika salah memilih jurusan dari segi Akademis yaitu prestasi yang tidak optimum, banyak mengulang mata kuliah yang berdampak bertambahnya waktu dan biaya, kesulitan memahami materi, kesulitan memcahkan persoalan yang akhirnya mendapatkan nilai Indek Prestasi yang Rendah. 
  • Problem Relasional
    Tidak nyaman dan percaya diri. inilah dampak dari mereka yang Salah Memilih Jurusan Kuliah. Ia merasa tidak mampu menguasai materi perkuliahan sehingga ketika hasilnya tidak memuaskan, ia pun minder karena ia merasa bodoh. Hingga ia menjaga jarak dengan teman lain, pendiam dan jarang bergaul. 

Itulah beberapa dampak yang mungkin bisa terjadi pada anda jika salah dalam memilih jurusan kuliah. Terus, bagaimana cara memilih jurusan yang benar? Berikut ini tips yang dapat kalian baca dan terapkan demi kemajuan di masa depan anda.

Tips Memilih Jurusan Kuliah

  • Pilihlah Jurusan sesuai minat, bakat serta cita-cita. Dengan begitu kalian akan terus bersemangat dan terasa mudah dalam mempelajari setiap materi yang diberikan oleh sang Dosen. 
  • Mencari Informasi secara detil mengenai jurusan yang diminati. Carilah informasi lengkap tentang jurusan yang anda minati mulai dari kampusnya, materinya, dosen, kualitas alumni, serta prospek kedepannya. 
  • Menyadari bahwa jurusan yang dipilih hanya merupakan salah satu anak tangga awal dari proses pencapaian karir. Anda harus tahu dan sadar bahwa jurusan yang dipilih tidak menjamin kesuksesan masa depan anda sepenuhnya. Jangn mengira bahwa dengan kuliah di Jurusan tersebut maka hidupnya pasti sukses seperti iklan yang beredar. 
  • Pertimbangkan Lokasi dan Biaya. Jika dana anda terbatas maka usahakanlah memilih lokasi kuliah yang dekat dengan tempat tinggal atau bahkan jika anda memilih kuliah di luar kota, carilah kota yang memiliki tanggungan hidup yang rendah. Serta Pilihlah tempat kuliah yang biaya pendidikannya tidak terlalu tinggi. Jika kalian mempunyai waktu dan kesempatan, carilah sumber dana lain yang bisa meringankan beban anda, salah satunya dengan beasiswa, atau mencari pekerjaan paruh waktu. Selalu yakin dan berusaha karena uang bukanlah penghambat kesuksesan anda. 
  • Karir dan Pekerjaan. Lihatlah ke depan setelah anda lulus. Apakah jurusan yang diambil dapat mengantar anda untuk mendapatkan pekerjaan dan karir yang baik? . Ingat tidak hanya orang dari jurusan tertentu saja yang dapat bekerja pada suatu profesi, karena saat ini rekrutmen perusahaan dalam mencari tenaga kerja tidak melihat seseorang dari latar pendidikannya saja, namun juga pengalaman. Tetapi jika kompetensi, keberanian dan kemampuan anda jauh diatas rata-rata, maka jurusan apapun yang anda ambil sah-sah saja. 
  • Menyiapkan Beberapa Alternatif. Ada baiknya jika kalian memiliki lebih dari satu alternatif jurusan untuk menjaga jika kalian tidak masuk pada alternatif pertama, maka masih ada pilihan lainnya. Pemilihan alternatif studi pun harus diupayakan yang masih sesuai dengan bakat, minat serta cita-cita, bukan karena pilihan yang paling besar kemungkinan diterima padahal tidak sesuai minat dan bakat. 
Sekarang sudah tahu bagaimana Tips Memilih Jurusan Kuliah Untuk Masa Depan anda kan? Untuk itu persiapkanlah diri kalian dari sekarang, luruskan niat, bulatkan tekad dan tetap semangat, agar kuliah kalian berjalan sesuai harapan. Demikianlah, semoga Artikel ini bermanfaat bagi semua.^_^.

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.