Menjadi Travel Blogger Indonesia? Yakin kamu siap?

Menjadi Travel Blogger Indonesia? Yakin kamu siap? – Apa sih Travel Blogger itu? Mengapa Ingin Menjadi Travel Blogger? Apa sih manfaat Menjadi Travel Blogger? Ada kah yang pingin tahu? Ini cerita sederhana berdasarkan pengalaman saya semenjak jadi blogger. Kali aja, Informasi yang dibagikan disini bisa bermanfaat bagi siapa saja yang membaca khususnya yang pengen banget menjadi seorang travel blogger Indonesia.Menjadi Travel Blogger Indonesia

Menjadi Blogger

Semenjak dibangku sekolah tak pernah terbayangkan memiliki cita-cita ataupun hobi yang berkaitan dengan dunia blogging. Semua ini mengalir begitu saja. Saat kelas 3 semasa SMA, saya penasaran dengan namanya blog. Apa sih itu? Kenapa tidak begitu populer saat itu, dibandingkan Friendster ataupun facebook yang begitu populer dikalangan anak Sekolah pada zaman saya dulu.

Lulus SMA dan masuk kuliah di tahun 2009, saat itu barulah belajar buat Blog dan niatnya diisi tentang artikel materi-materi perkuliahan. Namun apa daya, blog tersebut diabaikan begitu saja selama 2 tahun. Singkat cerita, tahun 2011 saya kembali serius berkenalan dan berteman dengan namanya blog.

Belajar otodidak melalui internet tentang dunia blogger saat itu. Sampai akhirnya punya beberapa macam blog yang gado-gado pembahasannya. Yaa, namanya belajar dan masih penasaran seperti apa dunia blogging itu.

Fokus Menjadi Travel Blogger

Tahun 2013 terniat untuk bikin blog tentang jalan-jalan, ini bermula karena melihat beberapa folder foto jalan-jalan di laptop. Terus berfikir, kenapa tidak diceritakan saja di blog ya? Dari pada foto-foto itu hanya bertumpuk di laptop.

Inilah yang menjadi awal mula untuk menjadi seorang travel blogger di Medan. Nah, dari situ saya pun membuat blog khusus perjalanan saya waktu dulu dengan nama MedanWisata.com. Saya telah memilih dan fokus ngeblog dengan niche atau topik berkaitan dengan dunia traveling.

Semenjak saat itu saya lebih bersemangat untuk menjadi Travel Blogger Medan yang senang jalan-jalan dan menuliskannya pada blog saya. Apalagi banyak pembaca yang mengapresiasi dan merasa terbantu untuk berlibur dan menjadikan blog saya sebagai panduan untuk menuju tempat wisata yang pernah saya kunjungi.

Baca Juga : Mau jadi Blogger? Jangan Deh, Biar Aku Saja

Selain MedanWisata, Blog rudihartoyo.com ini juga saat ini telah fokus menulis berkaitan dengan traveling yang saya lakukan. Hitung-hitung menjadi pengingat dikala tua nanti, jadi tidak sekedar liat foto, melalui tulisan ini bisa membangkitkan kenangan ketika saat muda. Asyekkk…. ๐Ÿ˜€

Siapakah Travel Blogger?

Semua orang yang menuliskan perjalanannya dalam sebuah blog, bisa disebut sebagai Travel Blogger. Simple kan? Semua orang bisa menjadi travel blogger, apabila punya hobi jalan-jalan dan menulis. Tapi apakah semua bisa menjadi seorang travel blogger yang profesional dan sukses? Ini juga menjadi pertanyaan untuk diri saya, sekaligus menjadi tantangan bagi saya sendiri sebagai Travel Blogger Indonesia yang sukses. Aamiin..Menjadi Travel Blogger Indonesia

Ada banyak Travel Blogger Indonesia yang sudah sukses dan terkenal. Perjalanan mereka begitu panjang untuk sampai ke level tersebut. Perjalanannya pun sudah jauh, baik itu dalam negeri maupun keluar negeri. Tentunya ada banyak yang harus disiapkan dan dikorbankan. Apa kita siap jadi Travel Blogger?

Saya sendiri masih belum ada apa-apanya dengan travel blogger sukses diluar sana, perjalanan saya juga masih seputaran tanah kelahiran saya yaitu Sumatera Utara. Tapi gak perlu cemas, ragu atau minder, semua berasal dari destinasi yang disekitar dulu. Hehhe. Karena intinya Travel blogger itu adalah menulis setiap perjalanan yang kita lakukan ke destinasi wisata maupun hal lainnya.

Syarat Menjadi Travel Blogger

Apa sih syaratnya? Gak ada sesuatu yang rumit sih, Intinya harus suka jalan-jalan, punya blog dan mau menuliskannya. Biar lebih keren dan profesional beli domain dengan nama yang kita suka. Agar melihat dan menulisnya lebih semangat. Pendukung lainnya harus punya Kamera. Yah, minimal kamera handphone. Karena saat ini kamera handphone sudah pada bagus-bagus kok.

Tips Menjadi Seorang Travel Blogger

Ada beberapa tips menjadi travel blogger, tentunya ini berdasarkan pengalaman pribadi saya saja ya.

Niat Kuat Menjadi Travel Blogger

Kalau ini sudah pasti ya, kalau gak niat ngapain jadi travel blogger. ๐Ÿ˜€ Jadi kalau niatnya udah kuat, segala halang melintang siap dilewati

Travel Blogger Harus Memiliki Blog

Kalau gak ada blog, namanya traveler aja. Jadi untuk melengkapinya harusnya punya blog. Biar sah jadi Travel blogger. Ada banyak kok platform untuk ngeBlog. Tinggal pilih yang nyaman buat digunakan sehari-hari.

Travel Blogger Hobi Jalan-jalan

Yah namanya berkaitan dengan travel otomatis harus hobi dunk jalan-jalan. Tapi rata-rata sih pasti pada senang dengan yang namanya jalan-jalan alias traveling kan? Untuk itu jalan-jalanlah keberbagai tempat yang berbeda dan tuliskan kedalam blog

Travel Blogger Harus Senantiasa Konsisten

Kunci dari semua ini adalah Konsisten. Yap, konsisten dalam hal menulis dan jalan-jalannya. Usahakan menulis blog secara berkala. Agar para pembaca blog kita tahu kapan ada tulisan terbaru dari blog Kita.

Promosikan Blog

Agar blog travel kita dibaca banyak orang tentunya harus kita promosikan baik itu langsung ke orang terdekat maupun melalui sosial media yang kita punya. Sehingga semua orang tahu kalau kita adalah Travel blogger yang aktif. Dan semakin banyak yang membaca harapannya para pembaca bisa mendapat manfaat dari tulisan kita

Travel Blogger harus bisa Ikhlas

Menjadi travel blogger itu tidak mudah, ada banyak hal yang dikorbankan untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. Kita harus mengeluarkan biaya sendiri untuk perjalanan kita, lalu harus meluangkan waktu untuk menulis semua hal tentang perjalanan kita. Semua itu harus Ikhlas dilakukan tanpa mengharapkan imbalan.

Banyak anggapan kalau menjadi travel blogger itu enak. Kemana-mana di sponsorin. Padahal sebelum sampai ke tahap disponsorin itu, kita telah berjuang untuk konsisten jalan dengan biaya sendiri dan konsisten menulisnya dalam blog. So, sabar dan ikhlas ya..

Travel Blogger Harus Suka Membaca

Dengan membaca kita bisa mendapatkan inspirasi ataupun ide untuk menulis blog perjalanan kita. Membaca tulisan para travel blogger yang lain, tentunya bisa menambah wawasan dan semangat untuk perjalan serta tulisan kita selanjutnya. Membaca untuk belajar bagaimana menyajikan tulisan dan konten yang menarik untuk pembaca.

Nah, sampai disini masih niat jadi travel blogger?

Manfaat Menjadi Travel Blogger

Ternyata Menjadi Travel blogger itu ada manfaatnya loh..! Secara sadar atau tidak inilah beberapa hal yang saya rasakan selama menjadi travel blogger, mau tau apa saja?

Menjadi Pengingat

Bagi saya pribadi tentunya dengan menuliskan perjalanan di sebuah blog, ini membantu saya kedepannya dikala tua nanti. Membantu mengingat dan mengenang setiap langkah perjalanan yang pernah dilalui. Sehingga saya bisa bernostalgia tak hanya melihat poto-potonya nanti.

Memberikan Informasi

Bagi para pembaca blog, tentunya dengan tulisan para travel blogger ini, para pembaca ataupun wisatawan mendapatkan informasi secara detail mengenai tempat-tempat wisata yang akan dikunjunginya. Mulai dari akses jalan, transportasi, penginapan dan lainnya.

Membantu Promosikan Destinasi Wisata

Secara tidak langsung, para travel blogger mempunyai andil dalam mempromosikan wisata-wisata yang ada di Indonesia khususnya. Banyak wisata di daerah yang belum terekspos dan diketahui banyak orang. Nah, para travel blogger khususnya dari daerah tersebut bisa menulis dan memperkenalkan potensi wisata di sekitar tempat tinggalnya kepada dunia melalui blog travelnya.Menjadi Travel Blogger Indonesia

Contohnya saya dari Sumatera Utara yang terkenal dengan wisata Danau Toba. Ini sudah pasti diketahui banyak wisatawan. Tapi saya menulis sisi lain dari danau toba, yang ternyata begitu banyak objek wisata danau toba yang sebenarnya belum diketahui oleh orang banyak. Dengan begitu, tulisan saya bisa menjadi refensi baru bagi wisatawan saat ingin ke danau toba.

Selain itu juga membantu memperkenalkan adat dan budaya Indonesia yang beragam dan berwarna ini. Wah.. begitu keren kan peran dari travel blogger? ๐Ÿ˜€

Menambah Wawasan dan Menambah Teman

Di setiap perjalanan travel blogger pasti menemukan banyak hal baru dan seru. Disetiap tempat baru tentunya menambah wawasan kita tentang dunia wisata khususnya. Mulai dari keunikan orangnya, budayanya serta penampilannya.

Selain itu kita juga banyak berkenalan dengan orang baru. Jika merasa cocok, pasti bisa menjadi teman baru dan bisa saling bertukar informasi antar sesama traveler. Karena Informasi itu terkadang mahal. Beruntung bisa mendapat Informasi menarik dari teman baru yang seorang traveler juga.

Berkesempatan Jalan-jalan Gratis

Ketika sudah serius dan konsisten membangun Blog travel kita, pasti akan ada hasil yang bisa kita tuai. Alhamdulillah dari blog travel yang saya bangun, ada benefit yang menarik bisa saya dapatkan. Seperti bisa jalan-jalan gratis, dimana semua biaya ditanggung oleh pihak sponsor.Menjadi Travel Blogger Indonesia

Tapi, walaupun namanya gratis, tidak semua benar-benar liburan secara bebas tanpa beban. Pasti setiap travel blogger merasakan ini. Dimana liburan berasa kerja. Liburan sembari mengumpulkan konten yang akan menjadi bahan tulisan sepulang jalan-jalan nanti. Walau begitu ya nikmati aja semuanya. Memang sudah begitu adanya.

Menjadi Hits dan Dikenal Banyak Orang

Kalau ini sih, saya katakan sebagai bonus saja. Ini adalah bonus atas kerja keras kita sebagai travel blogger. Dimana kita dikenal sebagai traveler yang aktif menulis serta membagikan pengalamannya di blog dan sosial media. Tentunya kita akan dikenal di daerah kita sendiri khususnya.

Kita mendapat apresiasi dari orang sekitar dan menjadikan diri kita sebagai sosok yang menginspirasi. Kita diundang mengisi beberapa acara sebagai pembicara. Menceritakan berbagai hal tentang kita sebagai Travel Blogger.

Gimana, keren kan Manfaat Menjadi Travel Blogger? Apakah semakin yakin untuk menjadi seorang Travel Blogger?

Etika Menjadi Travel Blogger

Tidak ada peraturan tertulis mengenai Etika menjadi travel blogger. Ini hanya himbauan ataupun saran dari saya sebagai pengingat diri dan travel blogger lainnya. Tujuannya agar kita menjadi Travel Blogger yang baik.

Travel Blogger Harus Peduli Lingkungan

Setiap kali kita mengunjungi suatu tempat hendaklah kita harus selalu peduli terhadap lingkungan sekitar. Seperti menjaga kebersihan tempat wisata dengan tidak membuang sampah sembarangan. Tidak merusak tumbuhan yang ada disekitar, apalagi kalau itu tumbuhan yang langka dan harus dilestarikan.

Kenali Adat dan Budaya Sekitar

Sebelum berkunjung ke destinasi wisata yang kental akan adat dan budanya, sebaiknya kita cari dahulu atau tanya apa saja yang boleh dan tidak boleh selama kita berkunjung ke tempat wisata tersebut. Tentunya ini menjadi sikap saling menghormati layaknya tamu dan tuan rumahnya. Kita sebagai tamu harusnya mengikuti aturan yang ada disana.

Sopan dan Santun

Kemanapun kita pergi, sikap sopan dan santun haruslah diterapkan. Apalagi kita berbicara dengan warga disekitar tempat wisata yang kita kunjungi. Tentunya para Travel Blogger akan mencari lebih jauh informasi tentang destinasi wisata tersebut.

Dengan berbicara baik, maka warga sekitar akan respect dan suka rela membagikan informasi kepada kita. Bahkan kalau beruntung, diajakin singgah kerumahnya untuk istirahat dan makan. Kan jadi Enak… ๐Ÿ˜€

Perhatikan saat mengambil Foto/Video

Di beberapa tempat tertentu, ada larangan untuk mengambil foto. Pastinya ada alasan tersendiri bagi warga ataupun pengelola tempat wisata. Sebaiknya kita harus ikuti peraturan yang ada. Ambilah foto yang diperbolehkan dan tidak menimbulkan masalah.Menjadi Travel Blogger Indonesia

Jangan Merusak

Ini hal yang perlu diingat sebagai traveler. Jangan pernah merusakan fasilitas apapun yang ada di tempat wisata ataupun dimana itu. Jika kita tidak mampu untuk menjaganya, setidaknya jangan pernah merusak. Bisa-bisa kita dilaporkan pihak berwajib.

Jujur dalam Menulis

Tulislah berdasarkan apa yang dilihat dan dirasa saat traveling, jangan pernah menulis sesuatu yang bohong atau dibuat-buat. Karena ini bisa merugikan pembaca dan kita sendiri. Pembaca akan merasa dibohongi dan tidak sesuai espektasi mereka saat membaca blog kita. Dan mereka tentunya akan malas kembali ke blog kita.

Sampai disini siapkah menjadi Travel Blogger? Sudahkah kamu yakin? Jadi travel blogger itu rasanya campur aduk. Ya tahu sendirilah.. hahha ๐Ÿ˜€

Tips Menulis Blog Perjalanan

Nah, buat yang baru mulai membuat Blog Perjalanan, ada sedikit tips sedikit dari saya, semoga bisa bermanfaat ya

Buat Judul Postingan Yang menarik

Judul yang membuat orang penasaran ingin baca tulisan kita. Tapi judul yang dibuat harus tetap sesuai dengan isi tulisan. Jangan hanya judulnya heboh tapi tidak sesuai dengan isi tulisan

Tuliskan semua apa yang dilihat dan dirasa saat traveling

Ceritakan semua melalu tulisan apa saja yang kamu lakukan saat traveling. Mulai dari berangkat hingga pulang. Ceritakan apa saja yang ada disana, bagaimana suasana dan rasanya jalan-jalan disana. Tulis semua, biar orang lain juga merasakan pengalaman yang sama melalui tulisan kita

Jangan lupa tuliskan sisi unik tempat yang dikunjungi

Setiap tempat pasti ada hal yang unik, coba cari dan temukan hal unik itu saat traveling. Lalu tuliskan juga dalam blog, ini membuat tulisan kita berbeda dari tulisan orang lain meskipun berada di tempat yang sama.

Tulislah dengan gaya bahasa kita sendiri

Apapun ceritanya tulislah dengan gaya bahasa kita sendiri. Karena dengan begitu, kita akan nyaman saat akan menulis. Tak perlu mengikuti gaya bahasa tavel blogger lain, cukup jadi diri sendiri dan yakin akan tulisan kita. Tapi tetap perhatikan tulisan kita ya, jangan ada typo yang bisa membuat bingung pembaca.

Sertakan Foto dan video

Tulisan tanpa foto seperti sayur tanpa garam.. Eaakkk. Dengan menambah foto ataupun video, itu bisa menguatkan isi cerita dari tulisan kita. Makanya terkadang, lebih lama memilih foto dibandingkan menulis cerita di blognya. Hehehh:-D ada yang sama?

Itulah serba-serbi tentang Travel Blogger berdasarkan pengalaman saya. Semoga apa yang dituliskan disini bisa bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya. Dan siapa saja yang mau sharing tentang menjadi Travel blogger, boleh banget share di kolom komentar ya ๐Ÿ˜€ ditunggu loh..

Kalau ada yang mau ajak jalan-jalan boleh juga kok.. Oke Deh.. Terima Kasih. Salam Jalan-jalan.

19 thoughts on “Menjadi Travel Blogger Indonesia? Yakin kamu siap?”

  1. Pingback: Mau Jadi Blogger? Jangan Deh, Biar Aku Saja - Travel Blogger Medan - Rudi Hartoyo

      1. Tapi sanangat menginsporasi tulisannya nih, bisa di coba beralih jadi travel blogger, mana tau bisa jadi travel blogger yang terkenal di medan itu kyak bg rudi hartoyo namanya

  2. Kalau mau jadi travel blogger harus ikhlas ini yang perlu di-highlight, soalnya pasti banyak ngeluarin biaya dari kocek sendiri, kan. Hahaha. Itung-itung investasi, dokumentasi, dan sekaligus rekreasi. Jadi, kapan nih ajak aku jalan-jalan bareng, Rud? ๐Ÿ˜€

  3. Yang susah untuk travel blogger itu konsistensi. Soalnya harus rutin jalan-jalan supaya dapat bahan blog. Harus cari tema yang bagus pula supaya menambah traffic. Lebih banyak waktu yang harus dikorbankan dibandingkan jenis blog lain.

  4. MAsih banyak orang berpikir kalau travel blogger itu mesti udah merambah ke berbagai negara buanyaaak banget. Ga mesti juga kan ya…itu mah soal rezeki dan kesempatan. Banyak blogger di Indonesia yg menceritakan pengalaman jalan2nya khusus di pegunungan, candi dll. Yang penting konsisten menuliskannya dan tentu bahagia berbagi pengalaman dan tips kepada para pembacanya. TFS mas ๐Ÿ˜€

  5. Pingback: Quote Tentang Traveling Para Travel Blogger Keren

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.