Tips Menemukan Mentor Blogger Agar Menjadi Blogger Sukses

Perlukah Mentor Blogger Untuk Menjadi Blogger yang Sukses? – Siapa sih yang gak tau apa itu Blogger? di Era digital saat ini, seorang blogger punya peranan penting dalam menyampaikan beragam informasi yang bermanfaat. Blogger saat ini juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan sudah banyak orang yang sukses menghasilkan ribuan bahkan jutaan dollar hanya menjadi seorang blogger profesional.Mentor Blogger Medan

Perlukah Mentor Blogger?

Menjadi seorang blogger memang gampang-gampang susah, bener gak? gampang buat blognya, dan susah untuk mengelola dan konsisten dalam menulisnya. Mengembangkan blog tentunya bisa dilakukan secara otodidak dengan cara baca buku atau liat tutorial di Internet. Tapi, apakah dengan otodidak bisa lebih cepat berhasil dalam membesarkan blog kita?

Baca Juga : Belajar SEO di Medan dengan Guru SEO Medan

Mentor Blogging, bisa menjadi teman sekaligus Guru Blogger yang bisa mengarahkan kita untuk mengelola blog dengan cara yang benar. Semua ini sih tergantung kemampuan pribadi masing-masing, apakah mampu mengelola secara sendiri atau perlukah seorang Mentor Blogger dalam hal mengembangkan blog yang kita kelola.

Manfaat Seorang Mentor Blogger

Mentor Blogging bagi saya adalah seorang teman sekaligus guru yang bisa membimbing kita untuk mengetahui lebih dalam tentang seluk beluk dunia blogging. Karena menurut saya, seorang mentor tentunya sudah lebih berpengalaman dibidangnya.

Selain itu mentor bisa memotivasi kita disaat lagi down atau males untuk selalu semangat membesarkan blog agar bisa sukses. Tahu sendiri kan, menjadi blogger sukses adalah impian para blogger. Mendapatkan berbagai pengalaman serta penghasilan hanya dari tulisan-tulisan keren kita di blog.

Baca Juga : Tips Menjadi Travel Blogger Indonesia

Manfaat lain seorang mentor blogger yaitu bisa mempertemukan kita dengan banyak blogger lain yang dimentorinnya pula. Tentunya bisa menambah teman blogger yang bisa diajak untuk saling diskusi.

Saya sendiri juga awalnya otodidak dalam ngeblogging. Sampe akhirnya saya bertemu teman sekaligus Guru SEO yang bisa mengajarkan saya dalam mengembangkan blog khususnya pengetahuan dalam ilmu SEO Blog.

Tips Cara Menemukan Mentor Blogger Agar Menjadi Blogger yang Sukses

Bagi kamu yang merasa butuh seorang mentor yang bisa membimbing untuk menjadi blogger sukses, ada beberapa tips yang bisa diterapkan berdasarkan pengalaman saya, diantaranya :

1. Bergabung di Komunitas Blogger

Mentor BloggerDengan bergabung dalam komunitas blogger di kota kamu, seperti saya bergabung dalam komunitas Blogger Medan. Tentunya ini bisa lebih mudah untuk menemukan seseorang yang berpotensi untuk kita jadikan seorang mentor blogging. Karena di dalam komunitas pasti ada banyak blogger hebat dan berpengalaman. Tinggal kita berkenalan dan mendekatkan diri.

2. Pastikan Paham tentang seluk beluk dunia blogging

Mentor BloggerJika kita merasa telah menemukan orang yang bisa menjadi mentor, pastikan memang orang tersebut paham tentang blog luar dalam, tidak hanya hal dasar blogging, juga paham hal lainnya seperti SEO dan sosial media yang berhubungan dengan blog.

3. Lihat Rekam Jejaknya

Mentor Blogger MedanKita juga bisa lihat rekam jejak atau portofolio seseorang. Apakah orang tersebut pernah memenangkan kontes blog, atau sering diundang menjadi pembicara dalam hal blog.

4. Inisiatif Berkenalan

Mentor BloggerSetelah observasi dan mencari tahu tentang seseorang yang ingin kita jadikan mentor, selanjutnya adalah berkenalan dengan orang tersebut. Jangan takut dan ragu, karena dengan berkenalan kita akan tahu apakah orang tersebut ramah atau tidak. Ini bisa jadi pertimbangan, agar kita nyaman dalam belajar nantinya.

5. Tanyakan Kesediaan untuk Menjadi Mentor Blogger

Mentor Blogger IndonesiaIni paling penting setelah kita berkenalan dan mengetahui tentang pengalaman orang tersebut. Dan kita yakin orang tersebut cocok menjadi mentor blogging. Saatnya tanyakan ke orang tersebut, apakah bersedia menjadi mentor blogging? Apapun jawabannya kita harus terima. Karena iya mempertimbangkan waktu dan hal lainnya. Apakah bisa mentorin secara tatap muka, atau hanya online saja.

Yang harus dipahami adalah, setiap mentor tentunya berbeda-beda. Ada yang bersedia, tapi kita harus membayar, ada pula dengan sukarela berbagi ilmunya dan menjadi mentor secara cuma-cuma. Kalau masalah ini diskusikan secara baik-baik ya.

Tips Menjadi Blogger yang Sukses

Ada beberapa hal yang bisa diterapkan agar kita bisa menjadi blogger yang sukses. Tentunya ukuran sukses setiap orang berbeda-beda ya. Ini dia tips singkat menjadi Blogger yang Sukses.

Yakin Pada diri Sendiri

inilah yang paling penting, karena kalau kita sudah yakin, pasti kita bisa. Belajar banyak dengan puluhan mentor tetap tidak berpengaruh kalau kitanya tidak yakin. Percaya diri kalau blog kita bisa berkembang dengan baik.

Ikuti Arahan Mentor Blogger

Kalau kita belajar bersama mentor, tentunya haruslah kita ikuti dan terapkan ilmu yang dibagikan kepada kita. Tujuannya sudah pasti agar blog kita bisa berkembang pesat. Tapi, kamu juga bisa memfilternya, jika metode yang diberikan kurang pas dengan kamu. Berdiskusi mana metode yang pas untuk mengembangkan blog yang kamu buat.

Konsisten

Agar blog bisa berkembang dan bisa menjadi blogger yang sukses, tentunya dibutuhkan sebuah konsistensi dalam membangun sebuah blog. Caranya dengan rutin mengupdate tulisan di blog, memperbaiki tampilan dan struktur blog, dan memahami ilmu SEO.

Private Blog Eksklusif

Mentor SEO Blogger

Buat kamu para blogger pemula di Medan, dan butuh seorang Mentor Blogger Medan, saya pribadi bisa menjadi teman diskusi sekaligus mentor blogging buat kamu. Bisa tatap muka langsung maupun secara online. Tinggal gimana enaknya. Private Blog Eksklusif tentunya menjadi alternatif bagi para blogger pemula yang ingin serius menjadi blogger profesional. Dengan private Blog, belajar ataupun diskusi bisa lebih serius dan fokus.

Itulah beberapa Tips Menemukan Mentor Blogger Agar Menjadi Blogger yang Sukses, semoga bermanfaat.

25 thoughts on “Tips Menemukan Mentor Blogger Agar Menjadi Blogger Sukses”

  1. Senang kali kemarin bisa kesempatan ikut kelas Blog M soal basic SEO yang dibawakan Mentor Blogger Medan satu ini. Semoga kita bisa terus saling sharing soal SEO dan perbloggeran lainnya ya bang.

  2. Ilmu semua nih, setidaknya beberapa poin sudah saya laksanakan. Saatnya berproses. Semoga dapat kesempatan lagi untuk ikutan kelas para Guru SEO, belajar langsung dari Blogger senior dan Komunitas Blogger Medan. Auto subscribe.

  3. Masih belajar soal seo. Emang selalu butuh mentor untuk yg satu ini. Ilmu seo terus berkembang, search engine terus berubah algoritmanya dari waktu ke waktu yakan bg. Kapan-kapan ajarin lagi ya bang

  4. Wah, beruntungnya saya yang baru mulai nge-blogging langsung dapat artikel ini. Siap bang Rudi, satu per satu tips nya akan dilaksanakan. Dan ditunggu kelanjutan kelas SEO nya bang. ✌️

  5. Memang perlu seorang teman dalam dunia perbloggeran, tidak hanya teman tapi yang mampu jadi penyemangat agar blog kita berkembang.

    Hanya saja tidak semua teman yang bisa menjadi seorang teman diskusi sekaligus mentor. Nah, kalo bang Rudi ini jangan ditanya lagi, mentor blogger medan yang tulus memberikan ilmunya. Karena aku banyak belajar dari bang Rudi ini.

  6. Kalau kita punya kawan buat diskusi tentang blog atau website, pasti seru sekali. Mengingat ilmu per bloggeran kan luas, niche nya juga macem macem. Dengan adanya kawan tadi, kita bisa saling diskusi kan ya bang. Mantab kali 🙂

  7. Soal kesediaan itu penting betul. Ga semua orang bisa jadi mentor dan cakap jadi mentor.

    Semoga lancar peran mentornya, Bang Rudi. Sukses selalu yaaa… 💪🏽💪🏽

  8. Pingback: Belajar Seo di Medan Dengan Guru SEO Medan, Perlukah?

  9. Pingback: Mau Belajar Blog Untuk Branding dan Bisnis Online? – Rudi Hartoyo – Travel Blogger Indonesia

  10. Pingback: Mau Mahir SEO? Belajar Aja di Sekolah SEO Indonesia

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.