Jenis dan Perbedaan Perguruan Tinggi di Indonesia

8
1510
views
Jenis dan Perbedaan Perguruan Tinggi di Indonesia – Perguruan Tinggi adalah satuan pendidikan penyelenggara pendidikan tinggi. Perguruan Tinggi juga diartikan sebagai lembaga ilmiah yang mempunyai tugas menyelenggarakan pendidikan serta pengajaran di atas Sekolah Menengah Atas dan memberikan pendidikan berdasarkan kebangsaan dengan cara ilmiah. Ada dua jenis perguruan tinggi di Indonesia yaitu :
  1. Perguruan Tinggi Negeri (PTN) adalah Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah.
  2. Perguruan Tinggi Swasta (PTS) adalah Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh pihak Swasta.
Terdapat beberapa Bentuk Perguruan Tinggi di Indonesia diantaranya yaitu :
Perguruan Tinggi
Universitas
 
Suatu institusi pendidikan tinggi dan penelitian, yang memberikan gelar akademik dalam berbagai bidang. Kata Universitas berasal dari bahasa Latin universitas magistrorum et scholarium yang berarti “komunitas guru dan akademisi”. Sebuah universitas menyediakan pendidikan sarjana dan pascasarjana. Universitas tersusun atas dasar keseluruhan, kesatuan ilmu pengetahuan dan terbagi atas sekurang-kurangnya 4 golongan Fakultas yang meliputi Ilmu Agama, Ilmu kebudayaan, Ilmu Sosial, Ilmu Eksakta dan Teknik.
Institut

Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan/atau vokasi dalam sekelompok disiplin ilmu pengetahuan, teknologi,serta seni dan jika memenuhi syarat dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.
Sekolah Tinggi
Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan/atau vokasi dalam sekelompok disiplin ilmu dalam lingkup satu disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau/seni dan jika memenuhi syarat dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.Akademi

Kata akademi berasal dari bahasa Yunani Ἀκαδημία yang artinya suatu institusi pendidikan tinggi, penelitian atau keanggotaan kehormatan. Nama ini berasal dari sekolah filsafat Plato yang didirikan pada sekitar tahun 385 SM di Akademia, sebuah tempat suci Athena, dewi kebijaksanaan dan kemampuan, di sebelah utara Athena, Yunani. Di Dunia Barat, akademia adalah istilah yang umum digunakan untuk institusi pendidikan secara kolektif. Di Indonesia Pengertian Akademi adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu cabang atau sebagian cabang ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni tertentu.

Politeknik

Politeknik dapat merupakan institusi pendidikan tinggi dan teknik lanjutan serta penelitian ilmiah ternama dunia atau pendidikan vokasi profesional yang memiliki profesional, yang memilki spesialisasi dalam bidang bidang ilmu pengetahuan, teknik, teknologi dan teknologi atau jurusan-jurusan teknik yang berbeda jenis.

Politeknik dalam pendidikan di Indonesia merupakan salah satu bentuk perguruan tinggi selain akademi, institut, sekolah tinggi, dan universitas. Politeknik menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam sejumlah bidang pengetahuan khusus.

Sahabat Kampus, sudah pada tahukan perbedaan dari jenis Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia? Demikainlah Artikel singkat tentang Jenis dan Perbedaan Perguruan Tinggi di Indonesia, semoga bermanfaat buat para pembaca semuanya.

8 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.