Cara Mendapatkan Uang dari Media Sosial dengan Mudah Tanpa Modal

Cara Mendapatkan Uang dari Media Sosial dengan Mudah Tanpa Modal – Internet adalah salah satu wujud dari perkembangan teknologi dan informasi yang terus mengalami perkembangan saat ini. Internet menjadi lahan untuk semua orang dalam berbagai hal salah satunya adalah ber-sosial.Cara Mendapatkan Uang dari Media Sosial

Banyak sekali sosial media yang digunakan untuk melakukan interaksi dengan banyak orang tanpa harus bertemu secara langsung, sosial media juga terkadang membuat orang yang berpisah dalam jarak dan dalam waktu yang lama lalu bertemu secara langsung.

Saat ini, sosial media tidak hanya digunakan sebagai “alat ber-sosial” saja akan tetapi juga bisa menghasilkan uang, terlebih uang yang didapatkan pun tidaklah sedikit, asal Anda bisa menggunakannya dengan bijak dan dengan benar.

Baca Juga : Deklarasi Netizen bersama MPR RI : Yok Bijak Bersosial Media

Media sosial banyak ragamnya seperti Aplikasi Tiktok yang sekarang lagi booming, selain itu juga ada Youtube, facebook, Instagram, serta Blog. Nah, ada beberapa cara dan tips untuk mendapatkan uang dari Media Sosial tersebut. Yok simak caranya.

Daftar Isi

Cara Mendapatkan Uang dari Aplikasi TikTok

Cara Mendapatkan Uang dari Aplikasi TikTokTikTok adalah salah satu akun media sosial yang saat ini banyak digandrungi anak-anak muda bahkan orang tua, TikTok memiliki banyak sekali tantangan yang membuat para pemiliknya menjadi tertantang kreativitasnya. TikTok memang merupakan aplikasi yang tidak bisa dijalankan dengan mudah jika tidak memiliki kreativitas yang tinggi, sebab banyak sekali fitur di dalamnya.

Oleh karena itu, sebagai pengguna TikTok harus memiliki sifat yang kreatif dan inovatif untuk bisa membuat video TikTok yang menarik perhatian masyarakat pada umumnya. Tidak hanya asyik dilakukan saja, karena Anda pun bisa juga mendapatkan uang dari aplikasi tiktok ini. Nah berikut cara mendapatkan uang dari Aplikasi Tiktok.

1. Buat Akun TikTok dan Pikirkan Ide Menarik untuk Konten yang Ingin Anda Buat

Yang pertama adalah buat akun TikTok terlebih dahulu dan pikirkan konten apa yang ingin Anda lakukan, pikirkan konten yang digemari oleh banyak orang tetapi tetap menjadi ciri khas akun Anda.

2. Mengunggah Video TikTok Setiap Hari

Unggah video TikTok Anda setiap hari, dalam sehari pun Anda juga tidak hanya bisa mengunggah satu video saja, namun juga bisa mengunggah video yang jumlahnya banyak agar kemauan penonton terpenuhi.

3. Menggunakan Iklan atau Sponsor suatu Produk dan Menerima Endorsment

Selain dengan konten sendiri, Anda bisa memanfaatkan iklan atau sponsor untuk akun Anda serta bisa menerima endorsment untuk beberapa produk, sehingga Anda bisa mendapatkan uang dari produsen produk tersebut.

4. Melakukan Live Streaming TikTok

Dengan menggunakan live streaming, setiap orang yang menonton dan memberikan stiker, maka akan menghasilkan uang bagi Anda yang jika sudah terkumpul bisa Anda tukarkan dengan menggunakan PayPal sehingga bisa berguna.

5. Melakukan Promosi TikTok dengan Orang Lain (Influencer)

Anda bisa menggunakan orang lain yang menjadi influencer untuk bisa mendapatkan follower yang lebih banyak. Dengan dipromosikan oleh orang terkenal maka fans orang tersebut penasaran dan akhirnya akan menjadi penonton.

6. Lakukan Penjualan Produk (Merchandise)

Anda bisa menjual produk seperti merchandise yang menarik sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak dan fans Anda pun juga akan lebih senang mendapatkan barang asli dari Anda sendiri.

7. Lakukan Meet and Great dengan Fans

Anda bisa melakukan meet and great yang berbayar sehingga Anda bisa bertemu dengan fans Anda dan bisa menghasilkan uang. Cara ini menguntungkan keduanya, Anda mendapatkan uang dan mereka bertemu Anda.

8. Gunakan Hastag yang Populer untuk Menambah Kepopuleran Video Anda

Jangan lupa gunakan hastag yang sedang populer sehingga saat orang mencari hastag tersebut yang muncul adalah Anda dan bisa membuat video Anda menjadi lebih populer karena akan banyak yang menontonnya.

9. Tautkan Akun TikTok Anda di Berbagai Akun Media Sosial Anda

Jangan lupa juga untuk menautkan akun TikTok Anda di berbagai media sosial Anda agar mereka yang melihat media sosial Anda menjadi penasaran dan akan menggunakan tautan tersebut untuk melihat Anda.

10. Selalu Lakukan Tantangan TikTok yang Sedang Populer

Lakukan berbagai tantangan menarik yang ada di TikTok sehingga video Anda semakin populer dan menjadi perbandingan banyak orang terhadap berbagai video yang mirip dengan video Anda sehingga akan lebih asyik.

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Cara Mendapatkan Uang dari Media Sosial YoutubeYoutube adalah salah satu sarana media sosial yang basisnya adalah video. Anda bisa membuat video apa saja yang sesuai dengan karakter Anda. Youtuber sebutannya kerap mendapatkan penghasilan lumayan dari video yang tayang di Youtube.

Bahkan artis pun mulai aktif juga mengupload video sehari-hari mereka ke akun youtube. Ketika akunnya mulai punya banyak subsriber, maka penghasilan dari youtube bukanlah hal yang mustahil. Anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari youtube dengan cara seperti ini :

1. Buat Akun YouTube Channel

Yang pertama harus dilakukan adalah membuat akun YouTube Channel terlebih dahulu dan pikirkan konten apa yang tepat untuk akun Anda agar bisa menarik para masyarakat.

2. Monetasi YouTube Channel

Selanjutnya monetasi akun Anda dengan pilih menu account information dan klik Creator Studio, pilih Channel dan klik Status and Features dan pilih enable monetize, pilih setuju.

3. Menyambungkan YouTube Channel ke AdSense

Setelah mengaktifkan monetasi, Anda bisa melakukan assosiate dan appoved AdSense pada akun Anda, dan nantinya akan ada YouTube Analytic untuk mengecek pergerakan penghasilan Anda tersebut.

4. Optimalkan Fungsi Monetasi pada YouTube Channel

Lakukan pengoptimalan dengan cara membuat video yang user-friendly, konten orisinal, memperhatikan peraturan YouTube, dan setelah diaktifkan monetasi-nya maka iklan akan muncul pada video yang diunggah.

5. Lakukan Conversion Rate ke Product Page

Jika Anda diajak bekerja sama dengan perusahaan tertentu maka Anda bisa melakukan soft promotion dengan meletakkan tautan untuk perusahaan tersebut sehingga Anda bisa mendapatkan uang.

6. Menjual Video di Website Penjualan Video

Anda juga bisa menjual video Anda ke website penjual video, contohnya Anda membuat video teaser lalu jika ingin melihat selengkapnya para penonton harus bisa membayarnya.

7. Arahkan Traffic untuk Afiliasi Link

Seiring dengan minat baca yang kurang, Anda bisa membuat video yang menarik dengan menggunakannya sebagai katalis yang mengarahkan ke affiliate link sehingga Anda bisa untung.

8. Melakukan Sponsorship

Anda bisa memanfaatkan unsur sponsorship dan juga advertisement yang bisa Anda selipkan dalam video Anda sehingga kesempatan untuk mendapatkan uang menjadi lebih besar dan luas.

9. Melakukan Live Speaking

Jika YouTube Anda sudah banyak yang menonton maka Anda bisa melakukan live speaking dengan menggunakan meet and great untuk meningkatkan customer engangement agar banyak pengunjung.

10. Membuat Konten yang Menarik

Tentu saja yang paling utama adalah dengan membuat konten yang menarik sehingga membuat banyak orang memilih channel Anda untuk ditonton dari pada channel orang lain.

Cara Mendapatkan Uang dari Media Sosial Instagram

Cara Mendapatkan Uang dari Media Sosial InstagramInstagram adalah salah satu media sosial yang mengandalkan gambar sebagai alat utamanya, Anda bisa mendapatkan uang dari Instagram ini asal bisa memanfaatkannya dengan cara :

1. Menjual Produk Anda

Hal pertama yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan Instagram adalah menjual produk Anda, bisa dengan menjual seperti biasa atau dengan membuka toko online Anda sendiri.

2. Menjadi Influencer

Anda juga bisa menjadi influencer yang bisa memberikan pengaruh yang baik bagi semua orang sehingga Anda bisa meningkatkan engagement dan mulai mendapatkan uang yang bermanfaat.

3. Menjual Foto hasil Jepretan Sendiri

Anda juga bisa menjual foto hasil jepretan Anda sendiri. Bagi Anda yang suka dengan dunia fotografi, Anda bisa mem-posting karya Anda dan tunggu sampai ada yang tertarik untuk membelinya.

4. Memburu Kuis dan Give Away

Anda juga bisa mengikuti berbagai kuis dan juga give away yang sering dilakukan oleh para artis, selebgram atau dari toko online.

5. Menerima Endorsment

Anda juga bisa menerima endorsment untuk melakukan review singkat suatu produk dan Anda bisa mendapatkan uang bayaran dari perusahaan atau toko yang menyewa Anda tersebut.

6. Menawarkan Jasa

Jika Anda menjual jasa maka Anda juga bisa menawarkannya dengan menggunakan akun Instagram Anda sehingga bisa meraih banyak konsumen dan mereka pun akan memilih Anda.

7. Menjual Akun Instagram Anda

Apabila akun Instagram Anda memiliki banyak sekali pengikut maka Anda bisa menjual akun Anda tersebut kepada para pemilik toko online sehingga mereka bisa promosi mudah

8. Menjadi Admin

Bagi sebagian orang terkenal, mengurusi akun media sosial ini juga sangat susah sehingga perlu adanya Admin, jika Anda menjadi admin maka Anda pun akan dibayar mereka.

9. Menjadi Brand Ambasador Suatu Perusahaan

Anda juga bisa menjadi brand ambasador dari suatu perusahaan sehingga foto Anda akan dipampang pada akun mereka dan Anda pun akan mendapatkan uang dari mereka.

10. Menjadi Buzzer

Anda juga bisa menjadi buzzer dengan modal followers yang banyak, Anda bisa mempengaruhi banyak orang untuk meningkatkan suatu hastag dan membuat banyak orang mendukung Anda.

Cara Mendapatkan Uang dari Media Sosial Facebook

Cara Mendapatkan Uang dari Media Sosial FacebookFacebook adalah salah satu media sosial yang basisnya adalah gambar dan tulisan sehingga Anda bisa menggunakannya untuk ber-sosial dan juga bisa menghasilkan uang dengan cara :

1. Menjual Produk dengan Membuat Toko Online

Anda bisa membuat suatu toko online atau hanya menjual produk yang Anda buat kepada teman-teman Anda sehingga mereka akan tertarik

2. Menjual Berbagai Jasa

Selain menjual produk, Anda juga bisa menjual jasa, Anda bisa mempromosikan jasa Anda kepada para teman Anda dan buat posting-an yang menarik perhatian teman Anda untuk menggunakan jasa Anda tersebut.

3. Menggunakan Jasa Pemasangan Iklan

Anda juga bisa menggunakan jasa pemasangan iklan yaitu dengan menggunakan Facebook Ads yang memiliki fungsi yang tidak berbeda dengan Google Ads sehingga bisa meningkatkan pendapatan Anda.

4. Menjadi Admin Media Sosial Facebook

Anda bisa menjadi admin sosial media Facebook orang yang terkenal, yang sibuk dan kurang bisa mengurus akunnya sendiri sehingga bisa membayar Anda untuk mengurus tersebut.

5. Menjadi Buzzer

Anda bisa juga menjadi buzzer yang mempengaruhi orang lain, Anda akan dibayar oleh orang yang ingin menaikkan suatu isu tersebut, tidak hanya isu politik saja.

6. Menjadi Influencer

Anda juga bisa menjadi influencer untuk bisa mendapatkan uang karena Anda bermanfaat bagi orang lain sehingga banyak perusahaan yang melirik cara Anda ber-sosial media dan dapatkan bayarannya

7. Melakukan Affiliate Marketing

Anda bisa mendaftarkan terlebih dahulu pada affiliate network sehingga Anda bisa mem-posting pada posting-an pribadi Anda atau juga bisa posting di berbagai grup.

8. Monetasi Akun

Anda bisa dibayar berdasarkan CPM (Cost Per Million) setelah melakukan monetasi dengan berbagai syarat seperti memiliki fans page minimal 10.000 pengikut, dalam 860 hari harus ada 30.000 tayangan dengan minimal tayangan 1 menit dan durasi video 3 menit

9. Menjual Akun Fans Page

Jika akun Anda memiliki akun fans page yang telah banyak pengikutnya, maka Anda bisa menjualnya kepada orang yang ingin berjualan seperti toko online. Sehingga mereka akan lebih mudah mempromosikan produk mereka dengan mudah tanpa harus mencari banyak pengikut lagi.

Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Cara Mendapatkan Uang dari Media Sosial BlogBlog adalah salah satu halaman internet yang basisnya adalah tulisan sehingga Anda bisa menulis berbagai hal di sini. Tentunya tidak mudah untuk mendapatkan penghasilan lumayan dari blog. Sebagai Blogger Indonesia, Anda harus selalu update dan konsisten untuk mengembangkan blog Anda agar punya banyak pembaca serta dikenal banyak orang.

Jika blog sudah Eksis mempunyai banyak pembaca, tentunya potensi mendapatkan uang dari blog bisa lebih besar. Banyak cara untuk mendapatkan uang dari Blog, diantaranya :

1. Buat Akun Blog yang Memiliki Konten Menarik

Yang pertama adalah buat akun Blog yang memiliki nama dan konten yang menarik sehingga banyak orang yang penasaran lalu memilih Blog Anda untuk membaca tulisan.

2. Mendapatkan Uang dari AdSense

Salah satu yang bisa dimanfaatkan oleh para blogger adalah Google Adsense yang mana telah terbukti bisa meningkatkan pendapatan Anda dari penggunaan blog yang Anda miliki.

3. Melakukan Review Produk Tertentu

Dengan blog, Anda bisa melakukan review produk tertentu, kemudian tulisan Anda dibayar oleh perusahaan yang menciptakan produk tersebut, sistemnya seperti endorsment pada Instagram namun menggunakan tulisan rinci.

4. Menjadi Brand Ambasador

Anda juga bisa menjadi Brand Ambasador pada suatu perusahaan dalam mempromosikan produk mereka dan akan mendapatkan bayaran yang besar dari perusahaan tersebut dengan sistem kontrak.

5. Menjadi Content Placement

Dengan menjadi content placement, Anda tidak perlu menulis konten lagi, Anda hanya perlu meletakkan konten orang lain untuk diletakkan pada blog Anda, selanjutnya pembayaran akan segera diterima.

6. Diundang dalam Acara Launching Produk

Selanjutnya, Anda juga bisa diundang dalam acara launching produk terkenal untuk melakukan review dan akan mendapatkan banyak uang bayaran dari mereka, selain itu Anda juga bisa mendapatkan produknya. Tapi tidak semua acara memberikan uang disaat kita menghadiri acara tersebut.

7. Menjadi PIC untuk Acara Blogger

PIC ini seperti panitia dalam acara para blogger, untuk menjadi PIC ini Anda juga bisa mendapatkan uang sehingga bisa menambah penghasilan Anda sebagai blogger.

8. Menjadi Pembicara atau Narasumber

Jika Anda memiliki tulisan yang baik dan membuat banyak orang tertarik maka tentunya akan sering diajak menjadi pembicara atau narasumber sehingga bisa menambah pendapatan Anda

9. Mendapatkan Tawaran Menulis di Tempat Lain

Tawaran menulis di tempat lain pastinya akan banyak datang kepada Anda apabila Blog yang dimiliki mempunyai konten tulisan yang menarik dan penulisan yang baik. Tentunya akan ada fee setiap tulisan yang Anda tuliskan.

10. Mengikuti Kompetisi Blogger

Anda juga akan menemukan berbagai kompetisi blogger, dan jika Anda menang maka hadiahnya tidak sedikit, sehingga bisa menambah uang yang Anda dapatkan dari Blog.

11. Menjadi Mentor Blogger

Jika anda sudah menjadi blogger yang berpengalaman bahkan profesional, dan tentunya menguasai berbagai tips dan trik dalam blogging, gak ada salahnya menjadi seorang Mentor Blogger. Apalagi Anda juga menguasai Ilmu SEO Blog. Dengan mengajar secara private tentang blog, tentunya bisa mendapatkan penghasilan juga sebagai blogger. Banyak blogger pemula yang membutuhkan guru atau teman diskusi agar menjadi blogger yang sukses pula.

Baca Juga : Belajar SEO dengan Guru SEO

Jadi, Saat ini, Anda tidak hanya bisa mendapatkan uang dengan bekerja secara konvensional yang berangkat pagi pulang sore saja. Semakin canggih teknologi dan informasi ini membuat Anda bisa mendapatkan uang dengan menggunakan berbagai sosial media dan hanya dengan menggunakan internet saja.

Anda bisa menyalurkan hobi Anda dalam berbagai sosial media tersebut dan bisa mendapatkan uang darinya. Akan sangat menyenangkan apabila melakukan berbagai hal yang kita senangi dan dibayar. Anda bisa mendapatkan keduanya, yaitu kesenangan dan juga uang. Saatnya Anda mulai menggunakan media sosial Anda dengan bijak, dan hasilkan uang banyak!

4 thoughts on “Cara Mendapatkan Uang dari Media Sosial dengan Mudah Tanpa Modal”

  1. Tiktok ni ternyata menghasilkan juga yaa,, pantes banyak orang yg bikin akun tiktok , dan pantes banyak konten2 kreatif di dalamnya, ternyata menghasilkan juga..

    -traveler paruh waktu

  2. Ternyata secara tidak langsung saya sudah menerapkan 3 sosial media untuk mendapatkan uang, yaitu Fans Page, Instagram, dan Website untuk menawarkan jasa. Tapi masih perlu belajar…belajar…dan belajar untuk bisa meraih sukses.

    Makasih Mas Rudi, tulisannya sangat inspiratif sekali, berawal dari link blognya mas Wahyu Blahe jadi bertemu dua blog keren sekaligus.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.