Mending Blogspot atau WordPress?

Mending Blogspot atau WordPress? Enakan Blogspot atau wordpress untuk ngeBlog sehari-hari ya? – Beberapa orang yang baru memulai untuk ngeblog pasti banyak yang bingung memilih diantara keduanya, sebenarnya yang mana sih yang enak dan cocok untuk blogger pemula? Disini aku akan menjelaskan sedikit perbedaan dari keduanya.Mending Blogspot atau WordPress?

Baik Blogspot ataupun wordpress tentunya punya kelebihan masing-masing. Intinya sih, Pilihlah yang paling nyaman dan dirasa paling pas untuk digunakan. Dan jika kamu suka mencoba dan belajar, gak ada salahnya gunakan keduanya saja πŸ˜€

Secara pribadi saya menggunakan kedua platform tersebut untuk kebutuhan ngeblog sehari-hari. Untuk blog rudihartoyo.com ini, saya menggunakan wordpress. Dan blog saya satu lagi yang medanwisata.com menggunakan platform Blogspot.

Nah, kalau ditanya, enakan mana sih? mending Blogspot atau wordpress? kalau saya sih keduanya enak dan asik aja. Nah, buat kamu yang harus memilih, yuk simak dulu perbandingan diantara kedua platform tersebut.

Disclaimer :

  • Tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi
  • WordPress yang digunakan adalah wordpress.org, alias menggunakan Self Hosting (berbayar)

Setelah membaca disclaimer diatas semoga memudahkan untuk memahami tulisan selanjutnya ya.

Mending Blogspot atau WordPress?

Ada beberapa perbedaan diantara keduanya yang perlu kamu ketahui untuk dijadikan pertimbangan dalam memilih platform blogging.

1. Permalink

Jika kamu pengguna blogspot tentunya permalink atau URL blog akan sedikit panjang, karena adanya tahun dan bulan postingan.

Contoh : https://www.medanwisata.com/2016/11/peta-wisata-kota-medan.htmlΒ 

Tapi jika di wordpress, kamu bisa setting URL dengan tanpa tahun dan bulan postingan. Sehingga tampak lebih keren dan profesional.

Contoh :Β https://www.rudihartoyo.com/mending-blogspot-atau-wordpress/

2. Template Blog

Blogspot atau blogger.com tidak mempunyai banyak template yang keren. Hanya disediakan beberapa template standar dan terlihat kaku alias biasa aja dan pastinya gratis. Jika ingin menggunakan template yang elegan dan terlihat profesional, setidaknya harus membeli dari pihak ketiga yang menjual template.Mending Blogspot atau WordPress?

Bagi pengguna wordpress tersedia banyak template gratis dan cukup bagus dibandingkan blogspot. Tersedia juga template yang lebih powerfull dan premium yang tentunya bisa didapatkan dengan cara di beli ya. πŸ˜€Mending Blogspot atau WordPress?

Selain itu, tampilan blog wordpress bisa dibuat ala landing page, ataupun website profesional seperti web perusahaan-perusahaan dengan tambahan plugin page builder.Β Contoh sederhananya seperti tampilan utama blog rudihartoyo.com ini. Yuk dilihat.. hhahaha Pamer..!!

3. Ruang Penyimpanan

Dalam hal ini blogspot lebih menguntungkan, karena kita bisa upload tulisan plus gambar tanpa batasan, tidak khawatir penuh blognya, karena blogger.com memberikan akses gratis dan unlimited untuk posting tulisan blog sebanyak mungkin.

Kalau WordPress memiliki keterbatasan penyimpanan, sehingga kalau mau update tulisan atau foto harus dipastikan penyimpanannya cukup. Karena tergantung seberapa besar kapasitas hosting yang kita beli. Dan semakin besar kapasitas penyimpanannya, tentunya bayar hosting tahunannya akan semakin mahal πŸ˜€

4. Otak-atik Blog

Salah satu kegiatan otak-atik blog adalah menyesuaikan tampilan blog. Nah, buat kamu pengguna Blogspot, tentunya harus sedikit memahami tentang HTML dan CSS, agar blognya bisa lebih rapi dan bagus.Mending Blogspot atau WordPress?

Sedangkan WordPress sedikit lebih simple untuk tampilan yaitu dengan cara drag n drop saja. sehingga tidak terlalu pusing.

5. Plugin

Jika blogspot harus mengotak-atik dan bergelud dengan kode HTML dalam berbagai perubahan tampilanΒ  ataupun optimasi blog, maka dengan wordpress dapat dilakukan dengan tambahan Plugin saja. Sehingga kamu bisa menambahkan aplikasi atau program tertentu yang diinginkan dengan mudah.Mending Blogspot atau WordPress?

6. Optimasi SEO

Kembali lagi, jika berbicara membuat blog lebih SEO Friendly, para pengguna blogspot harus lebih banyak bergaul dengan kode-kode HTML, karena kita akan mengotak-atik badan blog agar lebih ramah SEO. Positifnya kamu jadi lebih belajar dan banyak mencari tahu tentang kode HTML.

Para pengguna WordPress tentunya lebih dimudahkan dengan adanya Plugin, karena bisa mengoptimasi blognya lebih mudah. Tinggal pasang pluging SEO sesuai pilihan, lalu tinggal setting aja sesuai kebutuhan. Bahkan saat menulis postingan, sudah terpandu plugin SEO agar tulisannya lebih terstruktur dan SEO Friendly.

7. Maintenance

Untuk perawatan atau pengelolaan blog, tentunya blogspot lebih mudah dan hemat. Untuk biaya tahunan cukup membayar biaya sewa domain saja.

Sedangkan pengguna WordPress harus mengeluarkan biaya ekstra untuk biaya tahunan domain+hosting yang cukup mahal, yaaa tergantung paket hosting yang diambil lah..

Nah, itulah sedikit cerita tentang pilih memilih platform blogging. Jadi, Mending Blogspot atau WordPress nih? Yaa.. semua sesuai kenyamanan dan kebutuhan ya kawan-kawan..!!

Bagi yang masih bingung dan pengen belajar mengembangkan blog, kamu bisa mencari Mentor Blogger yang bisa memandu kamu dalam mengembangkan blog secara bertahap. Atau bisa juga bergabung dalam komunitas blogger yang ada di kota kamu.

Jika kamu berada di Medan, bisa gabung bersama komunitas Blogger Medan. Sehingga bisa menemukan mentor atau teman yang bisa berbagi ilmu terkait blogging. Oke deh,, semangat ya para blogger, Happy Blogging…!!

20 thoughts on “Mending Blogspot atau WordPress?”

  1. Ngga ada alasan khusus aku pake WP, sebab pertama kali bikin blog karena yang muncul dalam pencarian adalah cuma WP.
    Sekarang mau ngga mau, paham ngga paham, ribet ngga ribet ya harus nyaman pake WP, hahaa

    1. kalau aku punya.
      Dimulai dari beli hosting
      lalu install wordpress di hosting (Cpanel)
      lalu login wordpress

      ada juga wordpress.com yang gratisan, bisa juga custom domain,, tapi infonya lebih mahall
      Mendingan langsung aja wordpress self hosting

  2. dan akhirnya terjawab sudah, banyak yang penasaran apa sih bedanya blogspot dan wordpress, itu juga yang membuat aku pindah ke WP hosting walaupun belum maksimal pemanfaatannya

    1. Bener bg, belajar blog pake blogspot itu jd hrs bljar HTML, tp klo dewi sih sah2 aja, seru malah belajar HTML asal ada mentornya. Teringat dulu pas belajar itu, klo bisa biji mata pindah k layar laptop, sangkin ngeliat barisan kode rapat2, tp klo dh berhasil, wuiiih. Berasa jd nam do san di film start up 🀣🀣🀣🀣

      1. Aku pengennya wordpress kalau lihat kelebihan yang dia punya. Tapi, untuk saat ini, rutin nerbiti tulisan di blog aja udah alhamdulillah, Bang. πŸ˜‚πŸ˜‚

  3. Kalo saya sih lebih memilih wordpress ketimbang blogspot alasannya:
    1. Tampak lebih profesioanal, kan jarang aja ada suatu usaha/brand besar yang menggunakan blogspot sebagai media utamanya
    2. Tampilannya yang dinamis dan punya banyak theme
    3. Manage seo jadi lebih mudah dengan bantuan yoast seo
    4. Mempunyai banyak plugin membuat pekerjaan jadi sangat mudah
    5. Dengan wordpress bikin saya PD untuk memberikan identitas ke klien, dll

  4. Kalo ditanya soal “mending”, aku memang mending pake wordpress. Lebih gampang customizenya. Tapi aku ada pake blogspot juga sih. Masih blog baru. Pengen merasakan sensasi ngeblog beneran pake blogspot. Hehehe…Dulu pake blogspot pas awal belajar blog trus untuk bikin dummy blog.

  5. Pas kali sih tulisan ini cocok kali buat yang selalu galau pilih antara Blogspot atau WordPress contohnya seperti akuh, yang berakhir jadi punya dua-duanya. Bang Rudi juga cukup lengkap jelasin perbandingannya, dari perbedaan model URL sampe ke pembahasan template. Pokoknya, buat yang mau ngeblog, baca ini dulu deh, biar ga pake acara bingung pilih platform. Happy Blogging, guys! πŸš€πŸ˜„

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.