Pesona Keindahan Sabang Sebuah Primadona Pariwisata di Aceh

0

Pesona Keindahan Sabang Sebuah Primadona Pariwisata di Aceh – Desir ombak mengalun-alun, angin yang berhembus manja, birunya laut yang menawan,, ahh suasana yang selalu kurindukan saat ini. Bersantai di tepi pantai, menikmati keindahan ragam bawah laut, bermain dengan para ikan. Sabang, sebuah tempat yang ada dalam kenanganku, rasanya ingin mengulang kembali kenikmatan saat berada disana.

I Love Sabang

Pesona Keindahan Sabang, membuat semua orang tertarik untuk mengunjunginya. Bukan cuma menawarkan taman bawah laut yang menawan, objek wisata lainnya juga lengkap mulai dari wisata heritage, kuliner, wisata alam dan lainnya. Pertengahan Agustus 2015, bersyukur bisa berpetualang sejenak di ujung Indonesia bagian barat yaitu Sabang. Kita semua sudah tahu bagaimana indahnya Sabang, baik itu dari majalah, sosial media, televisi dan lainnya. Keindahan yang ditawarkan membuat Sabang menjadi tempat impian untuk liburan bagi kebanyakan orang.

Pesona Bahari Sabang

Sabang telah menjadi primadona dari pariwisata di Aceh. Jika berlibur ke Kota Banda Aceh tidak lengkap dan belum puas rasanya tidak menyeberang ke Sabang, Pulau Weh. Ada banyak hal yang bisa dilakukan disabang, salah satunya menikmati taman bawah laut dengan Snorkling ataupun Diving. Potensi wisata di Aceh semakin besar dan hits dengan Sabang, Pulau Weh sebagai wisata unggulan bagi para wisatawan.

Pesona Bahari SabangMenyeberang dari pelabuhan Ulee Lhee, Banda Aceh dan menggunakan kapal lambat (Kapal Fery) hanya memakan waktu 2 jam saja untuk tiba di Pelabuhan Balohan, Sabang, Pulau Weh. Nah, sesampai dipelabuhan, kita bisa menyewa mobil ataupun sepeda motor untuk berkeliling di Sabang. Kalau saya sih, waktu itu menyewa motor saja selama 2 hari untuk berkeliling menikmati kota Sabang. Paling enak sih rame-rame ke Sabang, biar semakin seru dan bisa share cost. 😀

Yang paling kejar saat di Sabang yaitu bisa melihat taman bawah laut yang begitu indah, tapi sebelum melakukan itu, saya berkeliling dulu ke objek wisata lainnya yang ada di Sabang. Bukan cuma pesona wisata bahari yang bisa kita nikmati di Sabang, tetapi ada tempat lain yang mungkin bisa sekalian dikunjungi saat berada di Sabang.

Pesona Bahari Sabang

Berikut beberapa tempat yang pernah saya kunjungi saat ke Sabang :

 1. Sabang Fair

Sebuah tempat pertunjukan Seni dan Budaya dari berbagai daerah di Aceh. Pagelaran tersebut biasa disebut Festival Sabang Fair yang digelar setiap tahun sekali. Saat saya kesana sih, belum ada jadwal Sabang Fair. Kabarnya sih, Festival Sabang Fair (FSF) 2016 akan kembali digelar pada tanggal 21-27 Mei 2016. Jadi pengen kesana liat acara tahunan ini. 😀

Sabang Fair

2. Tugu Sabang-Merauke

Letaknya tepat di tengah Kota Sabang nih. Tapi sepertinya ada tugu yang barunya seperti ini, yang tidak jauh dari tugu Nol Kilometer Sabang.Tugu Sabang-Merauke

3. Pantai Sumur Tiga

Pantai di Sabang sangatlah banyak dan percaya deh, semua pantainya Indah. Seperti pantai Sumur Tiga ini yang merupakan salah satu pantai yang ada di Sabang, Pulau Weh.

Pantai Sumur Tiga

4. Benteng Jepang 

Ini merupakan salah satu wisata heritage yang ada di Sabang. Ini menjadi bukti kalau Jepang pernag berlabung dan membangun benteng pertahanan di Sabang pada jaman Penjajahan dulu. Tempat ini memiliki pemandangan yang indah, sangat nikmat bersantai disini karena langsung menghadap laut. Batu karang yang besar-besaar menambah sisi keindahan dari Benteng Jepang ini.

Benteng Jepang Sabang

5. Air Terjun Pria Laot

Sabang itu memiliki wisata yang lengkap, ada wisata bahari dengan pantainya yang indah, wisata sejarah seperti benteng jepang, dan wisata alam dengan air Terjun Pria Laotnya. Bagi yang memiliki cukup waktu saat di Sabang, disarankan untuk singgah sejenak ke Air Terjun ini. Air yang begitu jernih dan dingin serta dihiasi suasana yang masih asri. Duh,, jadi pengen mandi dibawah air terjun ini lagi. 😀

Air Terjun Pria Laot Sabang

6. Titik Kilometer 0 Indonesia

Belum ke Sabang namanya kalau tidak berfoto ke Tugu Nol Kilometer Sabang. Saat ini tugunya masih dalam renovasi, belum tau kapan selesainya, tapi masih bisa foto-foto di tulisan Nol kilometer Sabang kok 😀 Sebagai penanda kalau kita sudah berada di ujung Barat Indonesia.

Tugu Titik Kilometer 0 Indonesia

7. Snorkling di Pulau Rubiah

Belum puas rasanya ke Sabang kalau tidak menikmati dan merasakan pengalaman menyelam melihat keindahan taman bawah laut Sabang, menggunakan boat kita diajak menyeberang sejenak ke Pulau Rubiah dimana itu adalah surganya para penyelam. Ini lah moment yang selalu membuat ingin kembali lagi ke Sabang. Penuh dengan keseruan, pengalaman dan keindahan.Snorkling di Pulau Rubiah

Pesona Wisata Bahari Sabang memang selalu menggodaku untuk kembali ke Sabang. Pantainya yang bersih dan lautan biru serasa membuatku nyaman berlama-lama di Sabang. Inilah alasan kenapa Pesona Keindahan Sabang Sebuah Primadona Pariwisata di Aceh. Sabang, it’s beautifull

Pesona Bahari Sabang

Pada tanggal 26-30 April 2016 kabarnya akan ada event yang menarik yang akan diselenggarakan di Pulau Weh yaitu Pagelaran Festival Sabang Marine 2016. Even yang digagas oleh Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) serta didukung oleh dinas Kebudayaan dan pariwisata Aceh dalam rangka memperkenalkan potensi kelautan dan keindahan Sabang pada dunia internasional. BPKS menargetkan lebih dari 20 yachter seluruh dunia untuk meramaikan festival Marine tahun ke dua Sabang.

Pariwisata Aceh

Wihh,, jadi pengen ke Sabang lagi untuk melihat kemeriahan acara Festival Sabang Marine 2016 ini. Semoga saja ada kesempatan untuk kesana nantinya. :D. Demikianlah pengalaman  yang dirangkum singkat dalam tulisan yang berjudul Pesona Keindahan Sabang Sebuah Primadona Pariwisata di Aceh, semoga Sabang tetap dan terus menjadi primadona Wisata Bahari di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.