Lagu Nasional, Dimana Suaramu Kini?

10

Lagu Nasional IndonesiaLagu Nasional, Dimana Suaramu Kini?Melihat keramaian 17 Agustus di sekolah-sekolah saat ini, membuat diri ini jadi kangen saat jaman sekolah dulu, dimana menjelang tujuh belasan, bakalan banyak lomba-lomba yang berlangsung di sekolahan, seru dan ramai kala itu, senang juga karena jam pelajaran diganti dengan lomba-lomba, lepas deh tuh mata pelajaran Kimia,, πŸ˜€ Senang lagi lomba kebersihan kelas, semua sibuk membersihkan, merias kelas, ada yang kompak menyiapkannya, ada juga kompakΒ seperti saya yang lari ke Kantin, mencari kesempatan yang ada πŸ˜€

Tujuh belasan juga identik upacara dan lagu-lagu daerah dan kebangsaan Indonesia. Flashback ke masa kecil tepatnya Jaman sekolah saya dulu, anggap saja saat masih berada di Sekolah Dasar pada tahun 90-an, sering sekali setiap sebelum pulang sekolah, guru mengajak murid-murid untuk bernyanyi bersama lagu nasional, contohnya Β lagu Padamu Negeri, Berkibarlah Bendera ku, Garuda Pancasila dan masih banyak lagi. Kangen suasana seperti waktu itu, sekaligus menjadi pertanyaan, masih adakah saat ini sekolah-sekolah yang rajin menyanyikan lagu-lagu nasional di kelasnya? masih adakah guru-guru yang tau dan hapal lagu Nasional sampai saat ini?

Jujur saya sendiri sih, sudah banyak lupa lirik lagu-lagu nasional tersebut, hanya beberapa saja yang masih diingat dari awal sampai akhir tentang lagu nasional, bagaimana dengan yang lain ya? bagaimana dengan saat ini baik anak-anak hingga dewasa, masih adakah yang suka dan ingat lagu-lagu nasional yang sering dinyanyikan saat sekolah dulu? kalau masih suka dan ingat apa lagu nasional favorit kalian?

Berikut Obrolan saya dengan Kak Nasution Rizky seorang blogger Hits di Medan sekaligus kakak juga. Semoga awak dianggap Adeqnya πŸ˜€

Tau lagu nasional saat masih sekolah dulu kak?
NR : taaaauuu doonngg!

Suka gak menyanyikannya?
NR : sukak! Pake kali pun.

Sampe sekarang masih suka lagu nasional?
NR : yaiyalah. Kudu, wajib, fardhu disukai, malah harus dilestarikan.

Masih hapal lirinya dari awal hingga akhir?
NR : ohhhh pastinyaaa..

Bagaimana tanggapan kak tentang keberadaan lagu nasional saat ini?
NR : hmmm, cukup terabaikan. Maunya di radio itu ada program khusus lagu-lagu nasional dan lagu-lagu daerah. Mungkin itu bisa membantu lagu-lagu ini terlestarikan dan tetap dicinta segmen muda-mudi.

Lagu nasional apa yang menjadi Favorit kakak dari dulu sampe sekarang 1 aja,,
NR : Tanah Air, setiap kali mendengarnya pasti neh bulu kuduk merinding.

Trus harapan kak tentang lagu nasional kedepannya
NR : zaman boleh maju. Genre musik boleh berubah, tapi sebagai anak muda berbudaya bukan berarti kita menanggalkan identitas bangsa sebagai negara yang kaya budaya. Mau tahu caranya? Simpel, kalau hobi rap, yah boleh kok di aransemen lagu nasional dengan genre rap. Gitu juga di semua genre. Nah, itu namanya memanfaatkan kemajuan zaman dalam melestarikan budaya Indonesia.

Saya juga mempertanyakan yang sama dengan salah satu Sahabat BlogM (Blogger Medan)

Menyukai Lagu Nasional, masih hapal dengan liriknya juga, Lagu Nasional sudah tidak greget seperti dulu, Memfavoritkan lagu kebangsaan Indonesia Raya, mempunyai Harapan agar lagu Nasional sering dinyanyikan saja seperti dulu, banyak orang dewasa malah lupa dengan lagu Nasional seperti lagu Indonesia Raya, karena lagu tersebut dinyanyikan hanya pada momen tertentu saja Β – Aizeindra Yoga, Blogger Hits Kota Medan

Bagaimana dengan kalian sebagai generasi Penerus bangsa di Indonesia Raya Ini? akankah di masa-masa mendatang kita masih bisa mendengar lagu nasional yang dulu sangat kita sukai,Β Lagu yang bukan sekedar lagu namun mempunyai makna mendalam. Bagaimana tanggapan kalian?

Salah satu Lagu Nasional yang saya suka yaitu berjudul Tanah Air ku, Karya Ibu Sud.

Tanah Air Ku Tidak Kulupakan
Kan Terkenang Selama Hidupku
Biarpun Saya Pergi Jauh
Tidakkan Hilang Dari Kalbu
Tanah Ku Yang Kucintai
Engkau Kuhargai

Walaupun Banyak Negeri Kujalani
Yang Mahsyur Permai Di Kata Orang
Tetapi Kampung Dan Rumahku
Disanalah Ku Rasa Senang
Tanah Ku Tak Kulupakan
Engkau Kubanggakan

Tanah Air Ku Tidak Kulupakan
Kan Terkenang Selama Hidupku
Biarpun Saya Pergi Jauh
Tidakkan Hilang Dari Kalbu
Tanah Ku Yang Kucintai
Engkau Kuhargai

Lirik lagunya sederhana, dinyanyikan dengan santai tapi mengandung makna yang besar, menggambarkan Keindahan dari Indonesia Tercinta.Β Lagu Nasional, Dimana Suaramu Kini? semoga Lagu Nasional terus ada di Sekolah-sekolah maupun diluar sekolah, ataupun diputar sehari sekali di siaran-siaran TV ataupun Radio agar semua orang mulai dari anak-anak sampai dewasa tetap tahu tentang Lagu Nasional dan paham semangat memperjuangkan Indonesia. πŸ™‚ πŸ˜€

10 COMMENTS

  1. Kiakakaka iya kok iya, dianggap adek kok πŸ˜€ keren euy tulisannya. Jadi terinspirasi mau nulis. Wuuuiiddiihh…
    GO SAVE OUR CULTURE!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.