Danau Toba, Tak Ingin Ku melupakanmu

6

“Apa yang kalian pikir tentang danau toba? Apa sudah pasti seluruh dunia tahu tentang danau toba? Apakah negeri kita peduli tentang danau toba?”

Beruntung bisa lahir dan besar di Sumatera Utara, sebuah tempat yang membanggakan karena mempunyai sejuta keindahan alam didalamnya. Salah satu keindahan alam yang mendunia yaitu Danau Toba. Sudah beberapa kali aku mengunjungi danau terbesar se-Asia Tenggara ini. Menikmati keindahannya dari berbagai sisi dan aku pun tak pernah bosan memandangnya. Danau toba punya kesan tersendiri buatku dan aku yakin siapapun yang mengunjungi danau toba pasti pengen kembali lagi dan lagi.
Danau Toba, Tak Ingin Ku melupakanmu“Jangan berkata dan menilai apapun tentang danau toba sebelum kamu datang, memandang dan menikmatinya”

Sudah pernah ke danau toba? Bagaimana kesannya? Sudah melihat danau toba dari berbagai sisi kah? Danau toba itu terlalu luas untuk dipandang dari satu sisi dan terlalu singkat jika hanya menikmat danau toba hanya dalam satu hari satu malam, karena Itu tidak cukup bagiku. Tidak bisa dipungkiri, saat orang-orang pertama kali datang melihat danau toba. Pasti ada kesan positif maupun negatif yang dilontarkan dari para wisatawan.

Buat wisatawan yang bernada kesal terhadap danau toba, mungkin dia saat itu kurang beruntung. Bisa saja saat itu danau toba sedang dipadati wisatawan yang sedang liburan dan meninggalkan jejak berupa sampah yang membuat risih untuk dipandang. Yahhh,, sampah selalu hadir dan membuat ceritanya sendiri diberbagai tempat wisata, salah satunya di sekitar danau toba. Tapi cobalah berkeliling dan lihat dari sisi yang lain tentang danau toba, mungkin gambaran jelek tentang danau toba akan hilang dari pikiran kalian dan seketika kalian terdiam dan sulit untuk mengungkapkan keindahan si Danau Toba ini.

“Ingin melihat Danau Toba lebih luas cobalah untuk menyeberang dan jalan-jalan ke Pulau Samosir, sebuah pulau yang berada di tengah-tengah Danau Toba. “

Ada apa dengan Samosir? Ada sesuatu yang spesial kah disana? Jika ingin tahu banyak cerita tentang danau toba, pergilah ke pulau Samosir dan temukan jawabannya. Ada banyak cerita kutemukan di pulau samosir, bukan tentang sekedar pemandangannya yang menakjubkan melainkan juga tentang kehidupan masyarakat toba disana. Di Samosir juga menjadi awal mula terbentuknya kerajaan Batak pada zaman dahulu. Jika kesana, kita bisa melihat langsung bukti tentang adanya Kerajaan Batak pada masa itu.

Rumah-rumah Bolon yang merupakan rumah adat khas Batak banyak terlihat di Samosir. Berbagai kerajinan seperti kain Ulos pun ada dan bisa dilihat langsung proses pembuatannya. Souvenir-souvenir unik tentang Danau Toba pun bisa kita beli disini sesuai dengan selera kita sendiri. Dan tidak ketinggalan menikmati makanan khas saat ke Danau toba seperti Mie Gomak, Arsik ikan Mas dan lainnya.

Cerita menarik lainnya adalah tentang anak-anak Toba yang bermain dan berenang di Pelabuhan dimana akan banyak wisatawan yang menyeberang dari kota parapat menuju Samosir ataupun sebaliknya. Anak-anak tersebut tanpa ragu dan malu melepas baju mereka, melompat dan berenang di Danau Toba. Sebut saja mereka “Bocah Pengumpul Koin”. Kenapa disebut demikian? Karena saat mereka menyebur dan berenang ke danau mereka akan berteriak, “Kak, abang..!! lempar lah koinnya..” begitulah kira-kira seruan mereka ke para wisatawan yang berada diatas kapal penyeberangan. Koin disini adalah beruang uang logam, meskipun terkadang wisatawan melemparkan uang kertas ke mereka. Seru dan lucu sih liat bocah-bocah itu.

Melihat Danau Toba dari Samosir adalah hal yang selalu kurindukan hingga saat ini. Memandang hijau perbukitan yang elok, menikmati berbagai Air Terjun dari kejauhan dimana air terjun mengalir dari celah-celah bukit hijau, serta meresapi sejuknya angin yang berhembus, dingin dan nyaman kurasakan. Danau toba selalu menawan dipandang dari sudut manapun. Tapi lebih indah dan menawan jika melihatnya dari ketinggian. Pasti deh, takjub dengan keindahannya.

Pesona Danau Toba sudah sangat mendunia, terlihat banyak wisatawan asing yang datang untuk menyaksikan langsung betapa menawannya Danau Toba. Indonesia semakin kaya dan indah dengan kehadiran Danau Toba ini. Namun, sudahkah negeri kita peduli tentang kelestarian Danau Toba ini?
panorama danau tobaTidak ingin menyinggung siapapun namun, hanya ingin mengajak bersama-sama siapapun yang datang ataupun berada di sekitar Danau Toba, Untuk tetap dan terus melestarikan keindahan Danau Toba ini. Satu langkah sederhana yaitu jangan membuang sampah sembarangan ke Danau ini pasti membuat kotor dan mencemari air di Danau Toba. Dan dari pihak-pihak berwenang yang mempunyai tanggung jawab dalah hal pariwisata di Indonesia, juga harus peduli tentang Danau Toba mulai dari infrastruktur, fasilitas, serta hal lain untuk mendukung kenyamanan para wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba.

Danau Toba harus terus terjaga kelestariannya agar anak cucu kita kelak bisa melihat dan menikmati keindahan Danau Toba ini. Sebuah panorama alam yang luar biasa dan berbahagialah Indonesia memiliki Danau Toba.

Terbangun di keheningan pagi
Menikmati pelukan hangat sang mentari
Dingin, segar udara yang kuhirup kala itu
Dan kembali kulemparkan senyum pagi itu untuk kamu
Serasa tak ingin beranjak dari hadapanmu
Tenang, nyaman dan selalu dalam anganku
Pikirku selalu Tergoda dengan kemolekanmu
Berharap dirimu selalu mendekap hangat di setiap pagiku
Ohhh Danau Toba Ku,,, Lestari Lah….

6 COMMENTS

  1. Kalau belanja di Tomok mahal” kali harganya, masak daster anak” bisa sampek Rp 60.000. Tapi masih penasaran dengan Samosir… pengen explore lebih jauh lagi, but inshaa Allah next. aamiin…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.