Jalan-jalan Bareng BlogM ke Museum Perkebunan Indonesia 2

Jalan-jalan Bareng BlogM ke Museum Perkebunan Indonesia (Musperin 2) – Medan memiliki beberapa wisata sejarah, salah satunya adalah museum perkebunan Indonesia 2 yang berada di Gedung Avros atau sekarang namanya Gedung BKS-PPS di jalan Pemuda No.2 Medan.Gedung Avros atau Gedung BKS PPS

Beberapa waktu lalu, saya bersama teman-teman Blog M (Blogger Medan) Jalan-jalan ke Musperin 2 ini. Dan ini merupakan pertama kalinya saya masuk ke Musperin 2. Museum ini diresmikan pada tahun 2018. Sebelum ini juga sudah Ada Musperin 1 yang berada di Jalan Brigjen Katamso No.53 yang telah diresmikan pada tahun 2016. Dan saya juga pernah mengulasnya di blog saya satu lagi www.medanwisata.com

Baca Juga : Yok Ke Museum Perkebunan Pertama di Indonesia

Musperin 2

Museum Perkebunan Indonesia (Musperin 2)

Museum ini tentunya menjadi objek wisata di Kota Medan untuk mengenal sejarah Perkebunan Indonesia khususnya di Sumatera Utara ini. Untuk yang penasaran, sebenarnya apa saja sih yang ada di Museum ini? bagaimana cara masuknya? Untuk semua itu, yuk lanjut bacanya.

Jadwal Museum Perkebunan

Musperin 2, buka setiap hari dari jam 09.00 s/d 17.00 Wib

Tiket Masuk Musperin 2

Sebelum bisa keliling di Museum, diwajibkan dahulu untuk membeli tiket masuk. Untuk harga tiket masuk Museum Perkebunan Indonesia 2 yaitu :
Umum-Lokal : Rp 25.000,-
Turis Mancanegara : Rp 35.000,-

Harga diatas sudah termasuk Pemandu Museum dan Souvenir.Gelang Museum Perkebunan Indonesia 2

Setelah membeli tiket, selanjutnya para pengunjung akan diberikan gelang dan langsung dipakai di tangan.

Ruang Pameran

Musperin 2 ini berada di gedung BKS-PPS yang merupakan gedung bersejarah pula yang dibangun dari tahun 1918-1919. Gedung ini memiliki 4 lantai, dan tidak semua lantai bisa dimasuki oleh pengunjung Umum. Karena sebagian ruangan masih aktif sebagai kantor dan hanya boleh diakses oleh karyawan tertentu.Ruang Pameran Museum Perkebunan Indonesia 2 (Musperin 2)

Untuk pengunjung Umum, bisa memasuki ruang pameran yang ada di Lantai 1. Gak usah khawatir, karena akan ada pemandu yang mendampingi para wisatawan, untuk jelajahi museum ini. Saat kami disana, kak Nisa yang menjadi pemandu dan menjelaskan semua tentang museum perkebunan indonesia ini.Museum Perkebunan Indonesia 2 (Musperin 2)

Saya dan teman blog M, pertama kali akan diajak ke ruang pameran yang berada di lantai 1.  Dan dari awal masuk pun, kak Nisa selaku pemandu menjelaskan semuanya terkait yang ada di Musperin 2 ini.

Museum Perkebunan membawa tema ‘Connec­ting The Past To The Future’. Dimana museum ini menjadi media pembelajaran sejarah perkebunan dari peradaban dimasa lalu, masa kini dan masa yang akan datang.Ruang Pameran Museum Perkebunan Indonesia 2 (Musperin 2)

Pada ruang pameran ini, kita bisa melihat beragam koleksi serta sejarah terkait perkebunan seperti tembakau, karet, sawit dan olahannya. Sejarah perkebunan di Sumatera Utara digambarkan dengan koleksi foto jaringan kereta api, aktivitas Pelabuhan Belawan, Bandara Polonia, dan sejumlah lukisan perkebunan.Ruang Pameran Museum Perkebunan Indonesia 2 (Musperin 2)

Berbagai koleksi seperti miniatur kapal MS Willem Ruys, kapal penumpang dan barang yang membawa hasil bumi dari Medan, Jakarta, Semarang, Surabaya ke Eropa, mesin hitung, mesin ketik serta foto-foto jaman dahulu terkait perkebunan dan  juga ditampilkan dalam museum tersebut.Ruang Pameran Museum Perkebunan Indonesia 2 (Musperin 2)

Semua peserta terlihat antusias mendengarkan pemandu dan melihat ragam informasi yang ditampilkan di Ruang Pameran ini.

Ruang Persinggahan

Pada lantai 2 & 3 ini, sebenarnya bukan terbuka untuk umum, karena masih digunakan untuk kantor BKS-PPS, jadi kami hanya dibolehkan untuk berfoto di ruang tengah atau balkon saja. Makanya saya sebuh sebagai ruang persinggahan sebelum menuju ke Lantai 4.Ruang Persinggahan Museum Perkebunan Indonesia 2 (Musperin 2)

Ruang Menara Jam

Ini menjadi sajian yang menarik di Musperin 2 ini. Naik ke Lantai 4 Gedung BKS-PPS, kita akan melihat jam lonceng tua yang masih bagus dan aktif. Jam ini dipasang pada tahun 1920, tepat setelah setahun pembangunan Gedung Avros/BKS-PPS.Menara Jam Museum Perkebunan Indonesia 2 (Musperin 2)

Lonceng akan berbunyi sesuai jam yang ditunjukkan. Misalnya pada jam 12, maka akan berbunyi sebanyak 12 kali. Kami pun menantikan momen lonceng berbunyi. karena pada saat itu, tinggal 15 menit lagi menuju jam 6 sore.

Seperti menanti momen kembang api pada tahun baru, momen bunyi lonceng dari jam klasik ini pun layak dinanti. Dan pada saat jam 6 sore, tiba-tiba lonceng jam pun otomatis berbunyi sebanyak 6 kali. wahh.. seru sekali rasanya. 😀

Souvenir

Setelah selesai menjelajahi museum Perkebunan Indonesia ini, kami mendapatkan Souvenir untuk dibawa pulang sebagai kenang-Kenangan dari Musperin 2.Souvenir Museum Perkebunan Indonesia 2 (Musperin 2)

Avros Cafe

Selain museum terdapat pula cafe di gedung ini. Kalian tak perlu khawatir jika lapar dan haus melanda disaat menjelajahi Musperin 2, karena di lantai 1 ini ada namanya Avros Cafe. Sehingga bisa pesan makan dan minum sesuai selera.Avros Cafe Museum Perkebunan Indonesia 2 (Musperin 2)

Persiapan Sebelum Ke Musperin 2, Apa Saja sih?

Ada beberapa hal yang dirasa penting gak penting untuk disiapkan saat akan mengunjungi Musperin 2 diantaranya :

  1. Siapkan Alat Tulis untuk mencatat beragam informasi, khususnya anak sekolah yang mengunjungi Museum ini. Berguna untuk mencatat semua informasi. Tapi jika dirasa ribet, mending skip aja dah.
  2. Siapkan alat rekam, seperti handphone ataupun kamera. Ini dijamin lebih efektif. Simple dan informasi akan terekam secara jelas dan detail, sehingga bisa didengar kembali di rumah.
  3. Gak usah bawa makanan atau minuman dari rumah. Karena, disini ada Avros Cafe sehingga bisa pesan dan makanan sesuka hati.
  4. Pakai pakaian dan alas kaki yang nyaman, sebab biar mudah untuk menaiki tangga-tangga.
  5. Lebih asik rame-rame kalau kesini ya. Tapi boleh sendiri kok, karena ada pemandu museum yang akan temanin.

Nah, itulah cerita tentang jalan-jalan bareng Blogger Medan ke Museum Perkebunan Indonesia 2, semoga informasinya bermanfaat ya. Salam Jalan-Jalan

14 thoughts on “Jalan-jalan Bareng BlogM ke Museum Perkebunan Indonesia 2”

  1. Thankyou saran-sarannya bang, rencana bakalan bawa temen dari luar sumatera mengunjungi musperin, saran ini bisa untuk jadi bekal kami sebelum menjelajah di musperin.

  2. Gak kebayang di zaman dulu tahun 1918 Seni arsitekturnya udah sangat indah dan bentuk tata ruang bangunannya juga sangat detail ya bang. Duh, jadi pengen kesana lagi bawa keluarga dan anak sekolah pastinya oke buat pembelajaran ttg sejarah Perkebunan dan jd denyut nadi perekonomianNusantara kala itu bahkan sekarang..

  3. Belum pernah kesana. Tapi setelah baca reviewnya jadi tertarik untuk kesana. Termasuk murah sih tiket masuknya. Apalagi dijelaskan dengan detail sama pemandu, jadi gak asal menebak sendiri ini apa. Itu apa.
    Yang jam lonceng itu keliatan seru kali ya bang, kayak di film-film gitu😁
    Semoga bangunannya tetap terus ada dan terus terawat, karena gimanapun kita tidak boleh melupakan sejarah perkebunan

  4. Gara-gara udah dateng ke Musperin 2 jadi kepingin ke Musperin 1 nya
    Pasti disana koleksi berikut sejarahnya lebih lengkap lagi
    Boleh lah ini Blogger Medan jalan2 lagi ke Musperin 1, biar lengkap ya kan bang 😀

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.