Inikah Smartphone Gaming Impian ku Selama ini?

2

Asus ZenFone Max Pro M1, Inikah Smartphone Gaming Impian ku Selama ini? – Disaat bosan dan jenuh dengan pekerjaan, apa sih yang akan kalian lakukan? Kalau saya sih jalan-jalan menjadi pilihan utama untuk menghilangkan segala kejenuhan itu. Tapi dikala waktu libur tak banyak dan keuangan sedang tipis, pilihan lainnya yaitu dengan bermain game, baik di PC maupun handphone.

Dari kecil sudah suka bermain game. Karena dari kecil dulu sudah dikasih mainan gamebot oleh orang tua. Walau sekedar main tetris, itu sudah senang banget di kala masih kecil. Bermain game itu punya banyak manfaat bagi saya, salah satunya sebagai pelepas stress dari rutinitas harian yang kian menjenuhkan pikiran. Bahkan dulu pertama kali kenal dan menggunakan komputer, dipakai bukan untuk belajar melainkan main game.

Banyak yang menganggap bermain game membuat kita lupa waktu dan menelantarkan pekerjaan, tapi banyak juga manfaat bermain game loh, selain pereda stress namun bisa menjadi sumber penghasilan dengan cara menjadi gamers yang profesional. Bermain, membuat review tentang game tersebut dan lainnya. Kalau saya sih masih sekedar pemain biasa aja. Heheheh. Intinya sih harus pintar mengatur diri sendiri agar tidak kebablasan.

Asus ZenFone Max Pro M1 smartphone Gaming Impian
Game Jaman dulu Winning Eleven di Laptop Plus Joystick

Saya termasuk orang yang hobi bermain game. Biasanya main di PC maupun laptop trus ditambah dengan joystick biar makin seru mainnya. Ini sih udah lama sekali, sekarang sudah jarang main game lagi di laptop. Kasihan laptop saya, karena bukan laptop spesial game. Udah gitu terlalu repot membawanya jika sekedar digunakan untuk bermain game.

Di Era digital nan canggih, sekarang main game udah lebih simple, cukup di handphone kita saja. Bener gak? Jadi handphone gak sekedar untuk telekomunikasi, melainkan punya banyak hal lebih saat ini. Diantaranya main game, melihat video, serta untuk berinternetan. Karena itulah sekarang lebih disebut smartphone.

Saya pun kini beralih main game di smartphone. Selain karena alasannya simple bisa dibawa kemana-mana, game yang bisa dimainkan juga banyak pilihan, udah gitu keren-keren lagi. 😀 Pasti kalian juga gitu kan? Suka main game juga di smartphone saat ini?Asus ZenFone Max Pro M1 smartphone Gaming Impian

Smartphone ala kadarnya vs Smartphone Impian

Punya hasrat bermain game yang seru dan asik, seperti Pro Evolution Soccer, PUBG, mobile legend dan lainnya. Tapi sayang punya smartphone yang ala kadarnya. Spesifikasinya kurang mumpuni untuk bermain game berat seperti tadi. Saat ini saya memakai smartphone dengan spesifikasi RAM 2GB, android 5.1, menggunakan Qualcomm Snapdragon 616 Octa-core, serta baterai 2700 mAh, rasanya masih belum cukup untuk bermain game idaman.

Gimana mau main game yang disuka, karena belum apa-apa smartphone sudah lemot dengan pemakaian aplikasi yang ada. Konon lagi main game? Wah bakalan lebih cepat habis baterai, panas serta hank ini smartphone. Alhasil, kalau pengen main game, ya harus install game yang ringan-ringan saja. 🙁 hiks..sedihh..

Sampe sekarang masih berharap dan pengen punya smartphone yang mumpuni untuk memenuhi hasrat bermain game. Setidaknya memenuhi aspek seperti ini.

  1. Baterai dengan kapasitas besar
  2. Kapasitas RAM yang besar
  3. Sudah versi android yang terbaru
  4. Performa yang Mumpuni.
  5. Layar yang nyaman untuk bermain game, tidak terlalu besar dan tidak kecil pula, namun lebih nyaman untuk di genggam saat bermain game
  6. Tidak Cepat Panas
  7. Pengisian ulang baterai cukup cepat, sehingga bisa lanjut main game
  8. Dan yang paling penting, harganya terjangkau 😀

Apa ada ya smartphone seperti ini? Maunya bisa main game di smartphone tanpa hank dan harganya terjangkau. Semoga saja ini gak sekedar harapan dan mimpiku 😀

Asus Blogger Gathering 2018

Sebagai Blogger beruntung sekali bisa ikut event Asus ini, setelah tahun lalu juga ikutan event yang hampir serupa. Kalau tahun lalu memperkenalkan laptop gaming, tahun ini Asus mengenalkan Smartphone khusus gaming. Wahh…. apakah mimpi yang lalu menjadi sebuah kenyataan? Apakah smartphone yang dikenalkan sesuai dengan harapan ku?

Asus ZenFone Max Pro M1 smartphone Gaming Impian

Kamis, 18 Oktober 2018, bertempat di Hotel Swiss Belinn Medan, saya pun menghadiri Asus Blogger Gathering dengan tema Limitless Gaming. Kali ini Asus merilis update terbaru di jajaran smartphone seri Max andalannya. Setelah menghadirkan varian ZenFone Max Plus M1 sebagai pembuka lini baru ZenFone Max pada kuartal pertama 2018, kini Asus kembali menghadirkan varian terkuat dari seri Max M1 yakni ZenFone Max Pro M1.

Asus ZenFone Max Pro M1 diklaim akan membuat para pengguna benar-benar mengalami “Limitless Gaming” yang sebenarnya. Wahhh….. Smartphone idaman banget nih. Apakah ini yang namanya mimpi jadi kenyataan? Disaat ingin punya smartphone yang mumpuni untuk game, Asus memberi jawaban dengan hadirnya ZenFone Max Pro M1 ini. Tapi, apakah ini sesuai ekspektasi saya? Bagaimana spesifikasi dan harganya ya?

Asus ZenFone Max Pro M1 smartphone Gaming Impian
Jadi Model Untuk Foto Asus Zenfone Max Pro M1 – Main Game sambil tiduran

Oh iya, dalam gathering kala itu, ada lomba fotonya, dimana foto yang di upload di Instagram itu bagus, sesuai tema dan keren, akan mendapatkan hadiah utama Asus ZenFone Max Pro M1 loh… Saya udah pasti ikutan donk,,, Eits apakah saya memenangkan lomba itu? Baca sampe habis yak..

ZenFone Max Pro M1 : Smartphone Gaming Impian

Untuk menentukan apakah ZenFone Max Pro M1 ini sesuai dengan smartphone impian saya, mari kita lihat spesifikasinya.

1. Kapasitas Baterai
Jenis baterai yang digunakan yaitu Non-Removable alias baterai tanam. ZenFone Max Pro M1 punya kapasitas baterai yang besar yaitu 5.000 mAh. Ini bisa buat main game seharian dah. Apalagi kalau hanya dipakai untuk telpon, sms dan chating, serta sosial media bisa tahan sampe dua harian nih. Cocok banget buat para traveler juga, sehingga gak perlu khawatir baterai cepat habis saat jalan-jalan.

Asus ZenFone Max Pro M1 smartphone Gaming Impian
Di Cek dengan aplikasi AnTuTu Benchmark

2. Kapasitas RAM
Asus ZenFone Max Pro M1 hadir dengan RAM yang besar pula. Yaitu ada 3GB,4GB dan 6GB. Dengan memori internal 32 dan 64 GB. Nah, yang saya pakai untuk tes yaitu dengan RAM 3GB. Dengan RAM segitu saja udah bisa banget untuk main game dengan lancar dan tanpa lag atau hank.

3. Menggunakan Android Versi 8.1 (Oreo)
Kali ini Asus menggunakan sistem operasi Android pure yaitu Oreo 8.1, bukan dengan user interface Zen UI seperti sebelumnya. Tentunya ini adalah hal yang positif untuk membuat tampilan simple namun powerfull diberbagai hal.

Asus ZenFone Max Pro M1 smartphone Gaming Impian
Di Cek dengan aplikasi AnTuTu Benchmark

4. Performa yang Mumpuni
Asus ZenFone Max Pro M1 menggunakan prosesor Octa-core 1.8 GHz Kryo 260 yang mutakhir dari Qualcomm Snapdragon 636. Pastinya punya performa mumpuni dan efisien dalam penggunaan energi. Selain itu juga di support GPU Adreno 509 yang mampu menyuguhkan performa gaming dan web browsing 10 persen lebih baik.

Asus ZenFone Max Pro M1 smartphone Gaming Impian
Di Cek dengan aplikasi AnTuTu Benchmark

5. Layar yang Pas
Keempat hal diatas saja sudah meyakinkan diri bahwa Asus ZenFone Max Pro M1 memang pas dikatakan sebagai smartphone gaming. Gak hanya itu, asus juga menyempurnakannya dengan layar 6 Inci dan resolusi Full HD+ (2.160 x 1080p) dengan rasio 18:9 serta layar yang full view diplay, tentunya demi memaksimalkan bermain game mobile. Memang saya akui, layar yang terlalu kecil buat bermain game kurang puas. 😀

6. Tidak Cepat Panas
Dibandingkan dengan smartphone yang saat ini saya gunakan, dengan spesifikasi yang telah saya sebutkan sebelumnya diatas, tentunya Asus ZenFone Max Pro M1 performanya lebih mantap, dengan dukungan CPU serta GPU yang mumpuni, tentunya membuat smartphone ini tidak cepat panas saat bermain game. Jadi tidak terlalu khawatir akan lag/hank ketika main game dalam waktu tertentu.

7. Fast Charging
Selain kapasitas baterai yang besar, tentunya pengisian baterai ketika habis juga menjadi pertimbangan. Karena dasarnya, semakin besar daya baterai, maka pengisian ulang akan semakin lama pula. Namun tak perlu khawatir, Asus telah mempertimbangkan ini. Dengan teknologi fast charging yang diterapkan, membuat isi ulang baterai jadi cepat. Sehingga kita bisa lanjut nge-Game lagi deh..

8. Harga terbaik di kelasnya
Banyak rumor yang bilang, kalau smartphone gaming itu mahal, karena harus menggunakan RAM yang besar, CPU/GPU yang bagus, serta baterai dengan kapasitas yang besar. Memang sih benar menurut saya. Tapi ternyata Asus ZenFone Max Pro M1, dibanderol dengan harga yang terbaik dikelasnya.

  • ZenFone Max Pro M1 (3GB/32GB) kini dipasarkan di harga Rp2.199.000
  • ZenFone Max Pro M1 (4GB/64GB) di harga Rp2.599.000
  • ZenFone Max Pro M1 (6GB/64GB) di harga Rp3.299.000

Dari delapan aspek ini, telah meyakinkan diri saya untuk memiliki Asus ZenFone Max Pro M1, biar bisa main game sepuasnya. Smartphone Gaming Idaman banget kalau ini mah. Dan ini spesifikasi lengkapnya.Asus ZenFone Max Pro M1 smartphone Gaming Impian

Oh iya,, kembali ke Acara Asus Blogger Gathering tadi nih, mau tau gak, siapa yang menang lomba fotonya? dan berhasil mendapatkan Asus ZenFone Max Pro M1? Yeeee…. pemenangnya adalah bukan saya. Hahaha.

Tapi alhamdulillah yang menang adalah Istri saya… Yapp Istri saya dan saya yang jadi model di fotonya 😀 . Akhirnya bisa memiliki Asus ZenFone Max Pro M1 ini dirumah. Meskipun punya istri, setidaknya nanti bisa pinjam kalau mau main game 😀

Unboxing

Alhamdulillah punya ZenFone Max Pro M1 dirumah. Selanjutnya saya akan unboxing dan mereview smartphone ini. Nah, didalam video saya review penggunaan kamera serta tes bermain game kesukaan yaitu Pro Evolution Soccer. Berikut Video Unboxing dari saya. Yok nonton dulu sambil ngopi-ngopi.

Bermain Game di Asus ZenFone Max Pro M1

Tanpa basa basi lagi, saya langsung download game Pro Evolution Soccer (PES) 2018. Sizenya sekitar 1,5GB. Lumayan besar untuk sebuah game di android. Selesai download dan install, saya pun langsung mencobanya. Game ini dimainkan secara online, otomatis harus selalu terkoneksi internet.

Game Pro Evolution Soccer (PES) 2018

Game ini terkenal cukup berat dimana smartphone harus punya RAM dan Grafis yang mumpuni. Saat saya mainkan di ZenFone Max Pro M1 dengan RAM 3GB, semua lancar, tidak ada patah-patah ataupun hank. Bisa dilihat di akhir video saya diatas. Wahh senang dunk, bisa main game kesukaan di smartphone ini, sehingga bisa main game dimana aja dan kapan aja 😀

Asus ZenFone Max Pro M1 smartphone Gaming Impian
Game PUBG

Pada saat pemakaian game PES, suhu smartphone dirasa normal. Panas yang wajar sama seperti ketika smartphone dipakai untuk telpon, chating atau bersosial media saja. Sehingga smartphone tidak hank atau harus di restart ulang.

Asus ZenFone Max Pro M1 smartphone Gaming Impian
Game Mobile Legend

Saya juga tes dengan game lainnya yaitu PUBG, mobile legend serta game lainnya. Dan hasilnya sama dengan game sebelumnya. Berjalan lancar, gak ada patah-patah ataupun panas berlebihan.

Asus ZenFone Max Pro M1 smartphone Gaming Impian
Game Rayman Adventure

Sisi Lain Asus ZenFone Max Pro M1

Untuk urusan gaming, sudah tidak diragukan lagi dari Asus ZenFone Max Pro M1 ini. Tapi ada beberapa hal lainnya yang menarik dari smartphone ini. Sehingga gak cuma dikatakan sebagai smartphone gaming, tapi bisa disebut juga smartphone gaul dan keren bagi siapapun penggunanya.

Selain memiliki kapasitas baterai yang besar serta cepat dalam pengisian ulang baterainya, ternyata ada lagi hal lain yang perlu kita ketahui dari Asus ZenFone Max Pro M1 ini. Yok kita lihat.

Kamera
Kamera depan/selfie mencapai 8 MP dan kamera belakangnya terdiri dari Dual kamera yaitu 13 MP + 5 MP. Untuk ZenFone Max Pro M1 dengan RAM 6GB/64GB, kameranya sampai 16MP lohh..Asus ZenFone Max Pro M1 smartphone Gaming Impian

Nah, dengan dual kamera ini, bisa menghasilkan efek foto bokeh, tentunya membuat foto terkesan lebih bagus dan profesional, tanpa harus diedit untuk mendapatkan efek bokeh tersebut. Lihat perbedaan foto dibawah ini. khusunya pada bagian icon di sebelah kiri atas berbentuk gear saat belum dan sesudah diaktifkan.Asus ZenFone Max Pro M1 smartphone Gaming ImpianAsus ZenFone Max Pro M1 smartphone Gaming Impian

Dan ini tes kamera dengan mengaktifkan mode profesional. Tinggal klik icon gear sebelah kiri atas, akan berwarna biru ketika diaktifkan. Dan hasil foto nantinya akan terlihat bokeh.Asus ZenFone Max Pro M1 smartphone Gaming ImpianAsus ZenFone Max Pro M1 smartphone Gaming Impian

Bagaimana hasilnya, bagus kan? ada terlihat bedanya kan? 😀

Fingerprint dan Face Unlock
Asus ZenFone Max Pro M1 telah mendukung fitur keamanan yang moderen. Fitur tersebut yaitu sensor sidik jari dan Pemindaian wajah. Sehingga smartphone akan lebih aman dan terhindar dari tangan-tangan jahil yang ingin melihat privasi di smartphone kita.

Body Ramping 
Yang paling suka sih dari Asus ZenFone Max Pro M1 ini yaitu desainnya yang ramping nan elegan. Dimana body dibuat dengan metal yang kuat namun ringan. Serta bagian depan dilapisi kaca serta sedikit melengkung dibagian pinggir smartphone ini.Asus ZenFone Max Pro M1 smartphone Gaming Impian

Triple Slots
Asus ZenFone Max Pro M1 memiliki 3 slot kartu yang terdiri dari 2 Slot SIM Card yang mendukung 4G LTE dan satunya Slot Micro SD. Jadi kita bisa mengaktifkan 2 SIM Card yang berjaringan 4G, serta micro SD secara bersamaan.Asus ZenFone Max Pro M1 smartphone Gaming Impian

Inilah Smartphone Gaming Impian Ku

Setelah melihat semua spesifikasi Asus ZenFone Max Pro M1 sekaligus uji coba terhadap smartphone tersebut, saya pun akhirnya mengungkapkan serta yakin bahwa Asus ZenFone Max Pro M1 memang smartphone gaming impian saya. Karena berbagai keunggulan yang ditawarkan, dan paling penting harganya masih nyaman di kantong sebagai smartphone gaming tentunya. 😀

Apakah kalian juga tertarik memiliki Asus ZenFone Max Pro M1 ini? 😀

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.