Peranan Mesin Tik di Zaman Modern

8
2469
views

Peranan Mesin Tik di Zaman ModernPasti pernah tahu mesin Tik atau Ketik kan? meskipun kalian lahir di zaman yang serba modern dan digital ini, setidaknya tahu apa itu mesin Tik, meskipun tidak pernah menggunakannya. Terpikir oleh diriku untuk menuangkannya dalam tulisan ini. Semula berawal saat ku melihat mesin tik di sebuah kantor Lurah dekat rumah ku. Yang terbesit dalam benak ku yaitu, “Kenapa di Zaman modern, canggih dan digital masih saja ada perkantoran yang menggunakan mesin Tik?”. Padahal yang kita tahu, komputer telah lama ada serta berkembang. Bahkan pengerjaan pengolahan data pun bisa dilakukan dengan cepat bila menggunakan komputer.  Apakah Para pembaca tahu kenapa? Kalau tahu share disini ya. 🙂

Peranan Mesin Tik
Mesin Tik (source : google)

Mesin ketik atau mesin tik adalah mesin atau alat elektronik dengan sebuah set tombol-tombol yang, apabila ditekan, menyebabkan huruf dicetak pada dokumen, biasanya kertas. Dari awal penemuannya sebelum tahun 1870 sampai pada abad 20, mesin ketik banyak digunakan oleh para penulis profesional dan pekerja di kantor. Sejak saat itu, mesin ketik telah menjadi bagian dari bisnis perusahaan dan menjadi produk komersil di seluruh dunia. Walaupun masih populer dengan beberapa profesi, seperti penulis, mesin ketik fungsinya telah teralihkan dengan kehadiran mesin lain. Pada akhir dasawarsa 1980-an, mesin pengolah kata dan komputer pribadi (personal computer) telah menggantikan fungsi mesin ketik di beberapa negara di dunia bagian barat. Walaupun demikian, mesin ketik masih digunakan di beberapa negara tertentu di dunia hingga saat ini. (sumber : wikipedia)

Mesin Tik mempunyai kekurangan dan kelebihan tersendiri. Mesin Tik mempunyai kekurangan yaitu saat anda mengetik suatu dokumen dan ada kesalahan dalam ejaan dan lainnya, jangan harap anda menemukan sebuah tombol Ctrl + Z (undo) ataupun tombol hapus pada mesin Tik tersebut seperti layaknya sebuah komputer saat ini. Jadi, jika ada huruf atau kata yang salah , terpaksa harus ditimpa dengan huruf baru lainnya. Ini membuat tulisan menjadi tidak rapi. Intinya, jika anda menggunakan mesin Tik, haruslah berkonsentrasi tinggi agar tidak membuat banyak kesalahan.

Mesin Tik juga punya kelebihan tersendiri yaitu pengoperasian tidak menggunakan sumber listrik. Jadi, kalau padam listrik tidak akan terganggu dalam membuat sebuah dokumen. Selain itu, kenapa mesin Tik masih digunakan, terutama di kantor pemerintahan sampai saat ini yaitu untuk menambah tulisan pada sebuah nota ataupun dokumen yang sudah jadi. Intinya Mesin Tik tidak lagi menjadi suatu alat utama dalam membuat dokumen, karena saat ini telah digantikan peranannya oleh Komputer.

Nah, bagaimana dengan pendapat anda? apakah masih temukan mesin Tik disekitar kalian? Demikianlah Artikel singkat tentang Peranan Mesin Tik di Zaman Modern ini, semoga bermanfaat.. 🙂

8 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.