Terpana Akan Kemegahan Candi Borobudur

10
166
views

Terpana Akan Kemegahan Candi Borobudur – Setelah menikmati sunrise di Punthuk Setumbu, kami pun turun untuk melanjutkan perjalanan. Tujuan selanjutnya yaitu Candi Borobudur yang tidak jauh dari Bukit Punthuk Setumbu. Sebelum memasuki kawasan Candi Borobudur kami menyempatkan sejenak untuk sarapan terlebih dahulu. Biar gak pingsan saat berkeliling di Candi Borobudur. 😀Terpana Akan Kemegahan Candi Borobudur

Seusai sarapan kami pun bergegas memasuki Kawasan Candi Borobodur. Cuaca saat itu cukup cerah dan terik. Banyak yang menawarkan jasa sewa payung. Tapi tidak tergoda untuk menyewa payung saat itu. Terlebih dahulu membeli tiket masuk Candi Borobudur yaitu Rp. 40.000,-/orang dewasa, dan jika membawa anak-anak akan dikenai tiket Rp 20.000,-/anak.

Sebelum masuk, kita harus menunjukkan tiket yang sudah dibeli dan akan dilakukan pemeriksaan tas. Karena kawasan Candi Borobudur cukuplah luas, akhirnya kami memutuskan untuk menaiki kereta api wisata yang ada didekat pintu masuk. Hanya membayar Rp 7500,-/orang kita juga sudah dapat satu botol air mineral. Lumayan lah mengurangi capek berjalan kaki dipanas terik. Padahal saat itu masih jam setengah 9 pagi.Terpana Akan Kemegahan Candi Borobudur

Kereta Api wisata ini mengantarkan para wisatawan untuk menuju gerbang utama Candi Borobudur. Hanya sekitar 5 menitan kita sudah sampe di gerbang utama Candi. Ada banyak hiasan payung warna warni. Cocok buat yang ingin berfoto-foto cantik. Bagi wisatawan yang memakai celana/rok pendek diwajibkan memakai kain batik yang sudah disiapkan pengelola. Tujuannya agar tetap berpakaian sopan memasuki tempat yang suci.Terpana Akan Kemegahan Candi Borobudur

Menaiki setiap tangga menuju Candi Borobudur bersama ratusan wisatawan pada saat itu. Yaa, sebagai candi yang begitu terkenal hingga dunia, tidak heran kalau setiap harinya dipadati wisatawan dalam dan luar negeri. Bersyukur akhirnya bisa melihat langsung megahnya Candi Borobudur tersebut.Terpana Akan Kemegahan Candi Borobudur

Beristirahat sejenak di teduhnya pepohonan sekitar Candi. Sebelum melanjutkan untuk ke atas Candi Borobudur. Mencoba menikmati setiap sisi Candi Borobudur ini. Masih berpikir aja, gimana orang-orang jaman dahulu bisa membangun bangunan semegah Candi Borobudur ini. Hebaaattt..!!

Candi Borobudur memiliki beberapa tingkatan, dan disetiap tingkatan mempunyai makna tersendiri. Kami pun mencoba mencari spot foto yang tidak terlalu ramai orang-orang. Tapi tetap saja banyak orang yang berlalu lalang. Tapi sedikit kesabaran dan mengambil timing yang pas, akhirnya bisa berfoto di Candi Borobudur tanpa orang disekitarnya.Terpana Akan Kemegahan Candi Borobudur

Dari atas Candi Borobudur kita bisa menikmati sunrise dikala pagi dan sunset dikala sore, tergantung kalian suka yang mana. Kalau siang hari sih, cukup menikmati latar belakang gunung merapi. Oh iya, saat ke Candi Borobudur tetap ikuti aturan yang ada ya.. Seperti dilarang memanjat di bagian Stupa. Karena bisa saja rusak. Kalau foto dibawah ini, duduknya dibagian lantai, tempat berlalu lalang orang. Dibolehkan petugas kok 😀Terpana Akan Kemegahan Candi Borobudur

Cukup sudah jalan-jalan di Candi Borobudur ini, kami pun harus kembali untuk melanjutkan perjalanan ke tempat wisata lainnya disekitar jogja. Kembali menuruni anak tangga dan berjalan di tengah terik matahari kala itu. Sebelum keluar dari kawasan candi, kamipun menyempatkan sejenak menonton sekilas sejarah Candi Borobudur di ruang audio visual. Untuk menonton cukup membayar Rp 5000,-/orang.Terpana Akan Kemegahan Candi Borobudur

Usai menonton, kami pun bersiap untuk kembali ke parkiran, melanjutkan perjalanan selanjutnya. Tempat selanjutnya yaitu main-main ke pantai. Yeayyy….. Pantai yang dipilih yaitu Pantai Indrayanti Jogja. Tungguin ceritanya ya..Salam jalan-jalan. 😀

10 COMMENTS

  1. Baru sekali kesana, dan walopun aku terkesan ama megahnya candi ini, tapiiii, agak kapok mau balik :D. Pertama aku ga kuat panasnya yg lgs bikin pusing, trs… Pas keluar dr candi, lgs diserbu ama penjual2 yg maksa utk beli dagangannya. Bisa jadi krn aku udh ga kuat panasnya itu, diserbu begitu malah bikin ilfil sih mas. Apalagi mereka sampe narik2 baju. Cukup sekali jadinya ksana..

    • Iya mbak,, aku lupa ceritakan itu juga,, kalau banyak penjual disana.. paling yang agak maksa sih biasa jualan minuman ataupun sewa payung.
      semoga kedepannya bisa lebih baik lagi untuk pengelolaan penjualnya ya mbak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here