Cara Foto Makanan Agar Orang Selera

4
198
views

Cara Foto Makanan (Food Photography) Agar Orang SeleraBerbicara tentang kuliner takkan pernah habis sampai kapanpun. Apalagi seperti saya yang tinggal di Kota Medan yang isyarat sebagai surga kuliner bagi saya. Perkembangan saat ini mulai dari kaum muda hingga dewasa, dimana pun dan apa paun yang dimakan pasti selalu di photo dan share ke seluruh sosial media yang dia punya.

Cara Foto Makanan (Food Photography)
Food Photography bersama Bang Amir

Foto makanan tentunya harus punya teknik tersendiri, agar hasilnya bagus dan menggugah selera banyak orang. Fotonya juga gak harus dengan kamera mahal seperti DSLR, dengan handphone yang kita punya juga bisa, asalkan tau cara mengambil foto dengan benar. Ada banyak poin yang harus diperhatikan, ketika mau mengambil Foto Makanan.

Beberapa hari lalu, tepatnya 30 Juni 2015, saya diundang oleh @makanhalalmedan untuk menghadiri kegiatan mereka, berupa Food Photography Contest, Buka bersama, serta Sharing tentang Cara Foto Makanan (Food Photography) yang baik. Acara diselenggarakan di Garuda Plaza Hotel Medan. Sharing Session tersebut disampaikan oleh bang Amir yang merupakan Photographer Profesional, mau tau siapa dia kepoin aja IG nya @AmirPhotography .

10 Tips yang perlu diperhatikan dalam Memotret Makanan (Food Photography) 

  1. Cahaya. Ini hal paling penting tentunya, cahaya yang alami itu datang dari sinar matahari. Ketika berada dalam ruangan ketika sinar matahari tidak ada, maka bisa menggunakan cahaya buatan seperti lampu senter yang ada di HP (bukan lampu Flash HP) ataupun lampu emergency, seperti yang dipraktekkan oleh bang Amir.

    Foto Makanan (food photography)
    Hasil Foto ala kadarnya dengan Hape, Perlu banyak belajar
  2. Properti. Selain makanan yang menjadi objek utama foto, perlu adanya pengaturan bahkan penambahan properti pendukung, agar foto lebih menarik pastinya.
  3. Komposisi/Food Styling. Dalam menentukan komposisi sebaiknya mengacu pada teori komposisi umum yaitu Rule of Third (kaidah umum mengenai komposisi dalam fotografi yang ditandai dengan pembagian ruang menjadi 9 bidang).
  4. Focus/Macro. Kalau teknik ini pasti sudah tahu kan? teknik ini umum dilakukan oleh orang banyak dimana detail makanan menjadi fokus utama. jika mengambil dengan Smartphone, dapat dilakukan dari dekat dan jangan menggunakan Zoom.
  5. Be Quick / Cepat. Dalam memfoto makanan, harus dilakukan dengan cepat. Sebab jika terlalu lama dibiarkan, makanan bisa saja berubah warnanya, menjadi kurang fresh.
  6. Sentuhan Touch Up. Bila proses dalam memasak suatu makanan sudah cukup lama, maka perlu di touch up kembali penampilannya agar tampak seperti baru dan fresh. Olesan minyak maupun percikan air bisa menambahkan kesan fresh tersebut.
  7. Angle/Sudut. cobalah eksplorasi saat memotret makanan, mulai dari sudut 45 derajat hingga 90 derajat, nantinya anda bisa lihat dari sudut mana foto akan terlihat bagus.
  8. Kreatif Menggunakan Smartphone. Bagi kalian yang suka foto makanan menggunakan Smartphone,, harus lebih kreatif menggunakan fitur-fitur yang ada di smartphone, bisa menggunakan aplikasi tambahan guna mendapatkan hasil foto makanan yang maksimal.
  9. Post Production. Format hasil foto, ada yang berekstensi JPG, PNG dan lainnya, tapi yang disarankan itu menggunakan format RAW, sehingga lebih bagus dan lebih mudah dalam pengeditan nantinya. Namun format RAW ini didapat dari Kamera Digital seperti DSLR. sedangkan untuk Smartphone masih standart JPG.
  10. Goal Input. Pada akhirnya bagi penikmat kuliner yang hobi Foto makanan (Food Photography) untuk di share di Sosial Media, haruslah menghasilkan foto yang menarik, dimana foto makanan tersebut harus menggugah selera bagi semua orang untuk segera menikmati makanan yang di Foto tersebut.

Itulah beberapa tips yang dibeberkan oleh bang Amir tentang Foto Makanan (Food Photography) , semoga bisa menjadi dasar untuk belajar bagaimana teknik foto makanan yang baik. Semoga Bermanfaat..^_^..

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here