Contoh Naskah Pemandu Wisata untuk Menjadi Tour Guide Profesional

Contoh Naskah Pemandu Wisata untuk Menjadi Tour Guide Profesional – Pemandu wisata merupakan orang yang bertugas memberikan informasi dan referensi pada peserta tour. Karena alasan inilah seorang pemandu wisata wajib memiliki pengetahuan tentang destinasi atau atraksi wisata yang akan dikunjungi.

Mempersiapkan naskah pemandu wisata menjadi bagian penting yang harus disiapkan dan panduan menulis serta contoh naskah pemandu wisata berikut ini dapat menjadi panduan untuk itu.Contoh Naskah Pemandu Wisata untuk Menjadi Tour Guide Profesional

Panduan Menulis Naskah Pemandu Wisata

Beberapa informasi penting yang wajib ada dalam informasi naskah pemandu wisata menjadi hal – hal utama yang harus dituturkan. Informasi ini misalnya tentang sejarah dan asal – usul sebuah tempat wisata. Informasi hal menarik tentang tempat atau atraksi wisata menjadi hal lain yang juga wajib disampaikan. Hal ini terkait dengan informasi dan pengalaman yang nantinya akan terekam oleh para peserta tour wisata.

Contoh Naskah Pemandu Wisata Sederhana

Sebuah contoh naskah pemandu wisata berikut ini merupakan informasi yang disampaikan pada peserta tour yang mengunjungi kompleks Keraton Yogyakarta. Wilayah yang ada di lingkungan sekitar kraton disebut juga dengan Jeron Beteng atau lingkungan di dalam benteng. Akan ada informasi mengenai sejarah tempat tersebut dan atraksi wisata yang ada di sekitarnya.

Selamat pagi peserta tour Jeron Beteng hari ini.
Selamat datang di Yogyakarta.

Semoga Anda semua dalam keadaan sehat, fit dan bugar untuk menikmati perjalanan wisata kita kali ini. Perkenalkan nama saya Irwan yang akan menjadi pemandu perjalanan wisata kita pada hari ini.

Sebelum kita memulai perjalanan menuju ke lokasi; saya mohon peserta tour untuk memeriksa perlengkapan dan bekal yang akan dibawa dalam perjalanan tour. Setelah semua siap, kita bisa segera menuju bus dan memulai kunjungan kita hari ini.

Tujuan kunjungan kita yang pertama adalah Kraton Yogyakarta; saya akan menuturkan sedikit sejarah tentang tempat ini. Kraton Yogyakarta atau Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat merupakan istana yang menjadi kediaman resmi yang dipakai oleh Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.

Bangunan kraton ini dibangun pada tahun 1755 oleh Sri Sultan Hamengkubuwana I setelah terjadi perpecahan Kerajaan Mataram Islam yang tertulis dalam Perjanjian Giyanti.

Kita akan melakukan kunjungan ke dalam Kompleks Keraton Yogyakarta untuk melihat dari dekat wujud peninggalan sejarah ini. Mengingat kita akan mengunjungi tempat bersejarah yang juga disakralkan oleh masyarakat setempat; mohon kiranya peserta tour sekalian untuk mengenakan pakaian yang sopan.

Setelah berkeliling di dalam kompleks Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, kita akan menikmati sajian khas Gudeg Jogja di jalan Wijilan yang berada di sisi timur kompleks kraton. Kunjungan ke Jogja akan menjadi kurang tanpa mencicipi langsung kuliner khas ini.

Sekarang kita telah kembali ke hotel dan saya harap perjalanan kita memberikan pengalaman dan kesan menarik. Saya mewakili rekan – rekan Budaya Tour mengucapkan terima kasih dan semoga kita kembali bertemu pada kunjungan Anda berikutnya.

Itulah contoh naskah pemandu wisata yang bisa dijadikan referensi tentang bagaimana menulis naskah panduan wisata yang sederhana, informatif dan bisa disampaikan secara komunikatif kepada peserta tour.

2 thoughts on “Contoh Naskah Pemandu Wisata untuk Menjadi Tour Guide Profesional”

  1. Pingback: Contoh Naskah Pemandu Wisata dalam Bahasa Inggris dan Artinya

  2. Pingback: Contoh Teks Tour Guide Bahasa Dalam Inggris dan Artinya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.