Jalan Sore di Lubuk Pakam

Jalan Sore di Lubuk Pakam – Februari lalu seperti biasa, perjalanan dadakan dilakukan bersama keluarga kecil saya. Kali ini jalan sorenya ke Kota Lubuk Pakam. Hanya sekitar 45 menit dari kota Medan. Berangkat dari rumah sekitar jam 2 siang, kami pun bergegas menuju kota Pakam. Saat itu kami menggunakan sepeda motor saja. Perjalanan lancar dan terkendali.

Tujuan ke Pakam sih, sekedar untuk jalan-jalan sore saja. Melepas penat sejenak. Tapi, selain itu punya tujuan lain juga sih. Yaitu melihat Masjid Agung Lubuk Pakam yang megah. Karena masjid ini begitu menarik perhatian. Sebab tepat berada di pinggir jalan lintas Medan – Siantar.

Masjid Agung Lubuk Pakam

Setelah cukup pegal di kereta, sampailah  kami di Kota Lubuk pakam. Tepatnya di area perkantoran Pemkab Deli Serdang. Nah, disinilah letak Masjid Agung Lubuk Pakam tersebut. Kita bisa melihat jelas kemegahan masjid ini. Meskipun secara fisik bangunan telah selesai, tapi belum seratus persen. Masih ada penyempurnaan dibeberapa bagian masjid Agung Lubuk pakam ini.Masjid Agung Al-ikhlas Lubuk Pakam

Masjid Megah ini bernama Masjid Agung AL-Ikhlas Lubuk Pakam. Infonya, setelah di resmikan nantinya, masjid ini akan berubah nama menjadi Masjid Agung Sultan Sulaiman. Masjid ini begitu megah dan diklaim membentuk lafazd “ALLAH”. Serta masjid ini telah menjadi ikon wisata religi di Lubuk Pakam, Deli Serdang.Masjid Agung Lubuk Pakam

Sebelum memasuki waktu ashar, saya menyempatkan sejenak berkeliling melihat bagian dalam Masjid Agung Lubuk Pakam ini. Paling Suka dengan konsep ruangan kamar mandi dan tempat wudhu.Masjid Agung Lubuk Pakam

Dimana dari pintu masuk samping, kita bisa langsung memasuki kamar mandi, kemudian langsung keluar menuju ruang utama masjid ini. Mudahnya, alur masuk kamar mandi dibuat berbeda dengan keluarnya.

Pada bagian utama masjid yaitu tempat solat terlihat lumayan luas, sesuai yang terlihat dari bagian luar masjid. Dan pada bagian luar ataupun bagian samping masjid terdapat sebuah taman kecil, yang bisa dibuat untuk bersantai.Masjid Agung Lubuk Pakam

Beberapa sisi bagian masjid baik dalam maupun luar, cukup menarik dan bagus untuk latar berfoto. Tidak heran, saat ini ramai orang penasaran datang melihat masjid agung lubuk pakam ini sekaligus berfoto-foto. Nah, walaupun bebas berfoto, tetap perhatikan peraturan yang berlaku. Karena sejatinya ini adalah tempat ibadah umat muslim.

Seusai solat ashar, kamipun berkeliling sejenak disekitar masjid sekali lagi, dan tidak lama kami pun bergegas untuk pulang. Oh iya, infonya masjid Agung Lubuk Pakam ini lebih keren pada malam hari. Karena ada air mancur menari di depan masjid. Lebih berwarna dan menarik pastinya. Kebetulan, saya tidak sampai malam berada disana.

Sebelum pulang, sempat juga keliling sekitar komplek perkantoran Pemkab Deli Serdang, dan juga ke Taman Buah Lubuk Pakam. Tapi sekedar lewat saja, tidak masuk karena sudah sorean juga, takut kemalaman nanti pulangnya.

Ada beragam tempat menarik untuk jalan-jalan di sekitar pusat kota Pakam ini. Ada Museum Deli Serdang yang berada tepat di seberang masjid agung. Lalu ada Kolam renang Deli Serdang yang di klaim terluas di Sumatera Utara.

Masih di sekitar situ juga ada Stadion serta taman-taman yang bisa digunakan untuk bersantai dibawah pohon yang rindang.

P3UD Tanjung Morawa

Kami pun bergegas untuk kembali ke Medan. Tapi dipertengahan jalan lintas tanjung morawa kami berhenti dan singgah sejenak di P3UD (Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah Deli Serdang). Ini merupakan tempat untuk pameran berbagai produk UMKM plus juga tempat kulineran.

Baca Juga : Kulineran Makan Seafood di Restoran Terapung Bagan Percut

P3UD (Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah Deli Serdang)

Tempatnya lumayan bagus, fasilitas umumnya juga tersedia lengkap. Seperti pondok kuliner, toilet, mushola, playground, ruang menyusui dan lainnya. Tapi satu hal yang jadi pertanyaan, kenapa tempat ini sepi dari pengunjung, kenapa ya? entah kurang promosi atau memang rame khusus disaat ada event tertentu?P3UD (Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah Deli Serdang)

Tak berlama-lama disini sih, setelah jajan beberapa produk UMKM, kami pun bergegas pulang karena sudah mau maghrib. Usai sudah jalan-jalan sorenya, ditunggu cerita jalan-jalan lainnya dari Travel Blogger satu ini ya.. Salam jalan-jalan sobat..

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.