Deklarasi Netizen Bersama MPR RI di Jakarta : Yok Bijak Bersosial Media

Deklarasi Netizen Bersama MPR RI di Jakarta Perjalanan ke Jakarta bukan lah sebuah liburan, melainkan undangan dari Biro Humas Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) untuk berdiskusi antar netizen di Indonesia membahas etika bersosial media dengan bijak.

Jadi Biro Humas MPR RI mengundang Netizen dari 11 provinsi ke Jakarta untuk saling berdiskusi. Acara berlangsung dari 7-9 Desember 2018. 11 Provinsi yang tergabung antara lain Medan, Jakarta, Bandung, Makasar, Manado, Semarang, Palembang, Bali, Surabaya, Yogyakarta, dan Lampung. Dan masing-masing provinsi ada 4 orang perwakilan. Kami dari Medan ada saya, Yoga, Ririn, dan Faizah.

Saat pertama kali mendarat di Jakarta, saya bersama teman-teman pun berkeliling di Monas. Ceritanya ada di postingan sebelumnya yang berjudul 6 Jam Pertama di Kota Jakarta.

Deklarasi Netizen Bersama MPR RI di Gedung MPR RI JakartaSetelah puas berkeliling, kami pun segera menuju ke Hotel Sultan Jakarta. Jadi, selama 3 hari kami akan menginap di hotel ini. Setelah check in, kami pun menuju kamar masing-masing. Satu kamar terdiri dari 2 orang yang berbeda kota. Tujuannya agar saling kenal dan berbaur dari berbagai kota yang ada.

Hari Pertama
Pembukaan acara Netizen bersama MPR RI dibuka pada jumat malam di Hotel Sultan Jakarta. Dimulai dengan makan bersama terlebih dahulu. Selanjutnya acara dibuka dengan sesi perkenalan terlebih dahulu. Suasana riuh dengan tawa bersama. Tiap orang dari tiap kota punya gaya tersendiri dalam sesi perkenalan ini.

Pada malam ini juga, kami dibagi dalam 5 kelompok untuk merumuskan point-point penting untuk dideklarasi. Semacam merumuskan sumpah pemuda gitu lah. 😀 semua turut serta memeberikan ide. Akhirnya lahirlah beberapa butir yang disepakati bersama.

Setelah selesai berdiskusi kami kembali ke kamar masing-masing untuk istirahat dan kegiatan akan dilanjutkan esok dengan agenda yang cukup padat.

Hari Kedua
Cuaca pagi yang sudah begitu terang, padahal kalau di Medan, jam 6 pagi itu belum terlalu terang. Bergegas mandi dan turun ke bawah untuk sarapan di restoran hotel. Sekitar jam 9 kami berangkat ke Gedung MPR RI dengan 2 buah Bus.Deklarasi Netizen Bersama MPR RI di Gedung MPR RI Jakarta

Hampir semua peserta begitu bahagia, ketika bisa berfoto-foto langsung di depan Gedung MPR yang ikonik tersebut. Yang mungkin selama ini melihatnya di TV saja. Tanpa berlama-lama lagi kami segera memasuki gedung Nusantara MPR RI Lantai 2. Deklarasi kali ini bertempat di ruangan yang begitu bersejarah. Dimana ruangan ini biasa untuk menyambut delegasi-delegasi dari Negara lain.Deklarasi Netizen Bersama MPR RI di Gedung MPR RI Jakarta

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama. Lalu kata sambutan dari Ibu Siti Fauziah SH. MH selaku Kepala Biro Humas MPR RI serta Mas Andrianto Madjid SE. MM selaku Kepala Bagian PDSI MPR RI (Pengolahan Data dan Sistem Informasi).

Dihari kedua ini kami Deklarasi kan bersama butir-butir yang telah dirumuskan. Setelah dibacakan, kami pun menandatangani bersama deklarasi netizen tersebut. Semoga setiap peserta bisa menularkan semangat bersosial media secara bijak dan postif sesuai dengan 4 Pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka tunggal IkaDeklarasi Netizen Bersama MPR RI di Gedung MPR RI Jakarta

Isi Deklarasi Netizen MPR RI 2018

1. Tidak menyebarkan konten hoax dan SARA
  2. Bijak bermedia sosial sesuai dengan Pancasila
  3. Menerapkan Empat Pilar MPR RI dalam literasi digital
  4. Bersatu membuat keren Indonesia dengan konten yang positif

Deklarasi Netizen Bersama MPR RI di Gedung MPR RI JakartaSelesai acara deklarasi kamipun diajak jalan-jalan di kota Jakarta. Tujuan pertama kami yaitu Museum Macan. Tenang aja, gak ada satupun macan disini. Museum Macan singkatan dari Modern And Contemporary Art in Nusantara. Museum ini sudah lama terdengar melalui tv ataupun social media. Alhamdulillah bisa kesini juga.Deklarasi Netizen Bersama MPR RI di Gedung MPR RI Jakarta

Museum ini memamerkan berbagai karya seni. Seperti saat kami kesana,karya yang dipamerkan adalah karya dari seniman Indonesia Arahmaiani dan Lee Mingwei seniman Taiwan. Karya mereka tidak selamanya dipamerkan di Museum Macan. Dalam beberapa waktu tertentu karya seni tersebut akan berganti oleh karya seni lainnya dari seniman yang lain.Deklarasi Netizen Bersama MPR RI di Gedung MPR RI Jakarta

Setelah puas berfoto di Museum Macan, kami melanjutkan perjalanan ke Kota Tua Jakarta. Weekend di kota tua begitu ramai sekali. Untuk berfoto pun pasrah aja, banyak orang yang berlalu lalang. Khususnya mereka yang menaiki sepeda ontel di kawasan Kota tua Jakarta ini. Mungkin untuk bisa menikmati kota Tua Jakarta disarankan dihari biasa selain weekend.Deklarasi Netizen Bersama MPR RI di Gedung MPR RI Jakarta

Tidak lama kami berada di Kota tua, karena waktu semakin sore. Kami kembali ke Bus dan melanjutkan perjalanan ke Jimbaran Resto di kawasan Ancol.

Baca Juga : Blogger Medan Ngobrol Bareng MPR RI, Ada apa Ya?

Jimbaran Resto Ancol sebuah restoran dengan konsep ala Bali. Jadi suasananya dibuat semirip mungkin seperti di Bali. Di pinggir pantai dengan angin yang sepoi-sepoi. Disini kami bisa menikmati sunset yang indah.Deklarasi Netizen Bersama MPR RI di Gedung MPR RI Jakarta

Makan malam telah tersaji kami pun bergegas makan bersama sambil menikmati lantunan musik dan tarian dari Bali. Makan, bercengkrama dan tertama menjadi momen hangat untuk mengakrabkan diri dengan teman-teman dari kota lain yang baru saja bertemu dua hari saja.Deklarasi Netizen Bersama MPR RI di Gedung MPR RI Jakarta

Malam semakin larut, Kami bergegas kembali ke Bus untuk pulang ke Hotel. Rangkaian acara di Hari kedua ini pun telah selesai. Lelah dan seru bercampur jadi satu.

Hari Ketiga
Wah, sudah hari terakhir kami di Jakarta dalam rangkaian acara Deklarasi netizen MPR RI 2018 ini. Senang dan sedih karena hari ini pula kami akan berpisah untuk kembali ke kota masing-masing. Namun, sebelum pulang kekota masing-masing, masih ada acara penutupan yang dilaksanakan di Gedung MPR RI.

Deklarasi Netizen Bersama MPR RI di Gedung MPR RI Jakarta
Paling Tengah, Sesjen MPR RI, bapak DR Ma’ruf Cahyono SH, MH

Sekitar jam 8 pagi, kami pun kembali menuju Gedung MPR RI. Penutupan ini dihadiri oleh Sesjen MPR RI bapak DR Ma’ruf Cahyono SH. MH. Poin Deklrasi pun kembali dibacakan bersama. Agar saling ingat dan menjadi sebuah amanah bersama untuk menerapkan poin tersebut disetiap postingan kita di Media Sosial.

Acara pun ditutup dengan berfoto bersama-sama. Setelah itu, sebagian teman langsung bergerak cepat ke Bandara, karena waktunya mepet dengan jadwal kepulangan mereka. Sementara kami dari Medan, masih santai dan bisa kembali ke Hotel untuk persiapan packing dan check out. Karena jadwal pesawat kami sekitar jam delapan malam.Deklarasi Netizen Bersama MPR RI di Gedung MPR RI Jakarta

Semoga saja apa yang kami lakukan dapat bermanfaat. Dan semoga saja mendapat kesempatan lagi diundang tahun depan sebagai Netizen MPR RI 😀

10 thoughts on “Deklarasi Netizen Bersama MPR RI di Jakarta : Yok Bijak Bersosial Media”

1. Dari wajah-wajah peserta lumayan banyak juga yang aku kenal, terutama blogger perempuannya. Moga abis dari sana bisa makin bijak bermedia sosial dan jadi inspirasi buat netizen.

2. Pingback: Pengalaman Pertama Terbang Bersama Batik Air dan Garuda Indonesia -