Air Terjun Sikulikap Yang Kian Kekinian

Air Terjun Sikulikap Yang Kian Kekinian – Saya sudah beberapa kali ke Air Terjun Sikulikap ini. Sebelumnya Air Terjun ini tidak begitu diminati banyak orang. Bahkan banyak yang tidak tahu keberadaan air terjun ini. Padahal lokasinya dibawah Penatapan Berastagi dan sudah ada gapura masuk ke Air Terjun ini.Air Terjun Sikulikap Penatapan Berastagi

Memang beberapa tahun lalu tempat ini masih tidak begitu diperhatikan. Artinya akses masuk masih terlihat semak dan orang takut untuk turun. Kecuali orang-orang yang suka dengan kegiatan alam yang turun kebawah untuk melihat air terjun sikulikap ini. Padahal dulunya sudah ada tangga-tangga yang terbuat untuk akses turun.

Namun, Air Terjun Sikulikap saat ini berbeda dan berubah penampilan. Bukan air terjunnya yang berubah ya, hanya saja tempat wisata ini lebih dibuat menarik bagi para wisatawan. Untuk melihat penampilah Wisata Air terjun sikulikap beberapa tahun lalu, bisa baca tulisan saya yang ini. Silahkan klik link berikut : >> Air terjun Sikulikap di Penatapan Berastagi

Beberapa waktu lalu, saya jalan-jalan bersama istri dan anak menggunakan sepeda motor saja. Ini menjadi perjalanan pertama kami dengan seorang anak bayi ke wilayah Berastagi, dan Alhamdulillah semua berjalan lancar.

Kami sempat beristirahat di Sibolangit, tepatnya di rumah makan terapung, Tibrena namanya. Sebuah tempat makan yang asik serta pas banget untuk bersantai. Terdapat beberapa permainan anak-anak, seperti ayunan. Serta ada kolam yang berisi ikan-ikan besar yang menarik untuk dilihat. Tibrena juga menjadi tempat camping ataupun tempat aktifitas outbound.

Selesai makan dan istirahat, kami melanjutkan perjalanan ke arah penatapan. Cuaca saat itu cukup bersahabat. Cerah dan sejuk pastinya. Melaju dengan santai dan jalanan juga cukup lenggang.

Tak lama tibalah kami di penatapan dan langsung memasuki area wisata air terjun. Semua terlihat berbeda dari sebelumnya. Kini sudah dikelola dengan baik. Kurang tahu, apakah pengelolaannya dibantu kabupaten karo atau hanya dikelola masyarat atau pihak swasta lainnya.Air Terjun Sikulikap Penatapan Berastagi

Yang pasti semua telah ditata rapi dan cantik. Terlihat sudah ada mushola, cafe sederhana, serta parkiran yang memadai. Sekarang untuk masuk kita harus membayar Rp 10.000/motor dan Rp 30.000/mobil. Selanjutkan kita tinggal masuk mengikuti jalur yang telah dibuat bagus dan tidak semak lagi.

Sangat ramai orang yang ke Air terjun sikulikap ini. Padahal dulu yang masuk kesini hanya beberapa orang saja. Ya, Sikulikap kini telah bangkit kembali sepertinya, karena dulu sekitar tahun 90an, Air terjun ini menjadi primadona wisata di sekitar berastagi. Bahkan sering mengadakan kegiatan panjat tebing. Tapi tahun 2000an tempat ini kian sepi dan tidak populer lagi. Itu sih yang aku tau dari baca” gitu.Air Terjun Sikulikap Penatapan Berastagi

Baca Juga : Demi apa ke Berastagi Cuma Untuk Sarapan?

Berjalan menelusuri hutan menuju air terjun. Kini tidak seseram dulu, karena sudah dirapikan pepohonan dan jalan setapaknya. Dihiasi rumah-rumah pohon untuk bersantai dan berfoto. Bahkan ada juga terlihat Camping di area sekitar air terjun.

Air Terjun Sikulikap Penatapan Berastagi

Sekitar 10 menit berjalan kami pun sampai di depan Air Terjun. Terlihat sudah ramai orang untuk berfoto-foto. Bahkan sekarang sudah ada jasa foto dan langsung siap dicetak. Dan terlihat juga para pemuda yang sedang melakukan aktifitas Climbing alias panjat tebing. Karena memang, tebing di samping air terjun begitu bagus untuk kegiatan climbing.

Air Terjun Sikulikap Penatapan Berastagi

Semakin siang pengunjung semakin ramai, kami pun memutuskan untuk kembali setelah berfoto-foto. Harapannya sih, seiring ramainya pengunjung kebersihannya tetap terjaga dan air terjun Sikulikap menjadi destinasi favorit saat orang ke Berastagi.

Perjalanan kami hari itu telah selesai dan bersiap untuk pulang ke Medan. Semoga ada kesempatan lainnya untuk untuk terus eksplorasi keindahan alam Indonesia. Salam jalan-jalan.

5 thoughts on “Air Terjun Sikulikap Yang Kian Kekinian”

  1. Sudah lama gak ke Berastagi. Gak keupdated lagi udah ada apa aja wisata baru di sana hehe.
    Biasa kalau pulang ke Medan, sama keluarga diajak jalan ke Berastagi yang dekat. Tapi karena pulangnya seringnya ya pas mudik, udah lelah duluan awak membayangkan macetnya ke Berastagi.

  2. Kucuran air terjunnya dahsyat juga kelihatannya, mirip-mirip Air Terjun Lembah Anai di Sumatera Barat.

    Btw, sepertinya sekarang di mana-mana air terjun dibikin semakin kekinian. Hampir semua air terjun hits punya platform kayu, ada yang bahkan bentuknya seperti bintang dan simbol hati. Mudah-mudahan saja ini bisa jadi daya tarik yang bikin semakin banyak wisatawan menyempatkan diri mampir ke sana.

  3. Pingback: Keseruan Staycation di Taman Simalem Resort

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.