Pentingkah Organisasi di Kampus Bagi Mahasiswa?

4
2991
views
Pentingkah Organisasi di Kampus Bagi Mahasiswa?Pentingkah Organisasi di Kampus Bagi Mahasiswa?Kampus merupakan tempatnya belajar serta menimba ilmu pengetahuan bagi mahasiswa. Kampus juga menjadi tempat media berekspresi bagi mahasiswa, karena ada berbagai kegiatan di kampus yang bisa anda ikuti sesuai dengan minat ataupun hobi anda sehari-hari. Selain itu kampus juga menjadi wadah bersosialisasi antar Mahasiswa dari fakultas satu dengan lainnya. Itu semua bisa anda wujudkan dengan bergabung di organisasi-organisasi yang ada di kampus kalian.
Organisasi adalah suatu wadah yang menampung lebih dari satu orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Organisasi di kampus tidak hanya menjadi tempat pembelajaran, namun mahasiswa dilatih untuk lebih mandiri dan berkembang sesuai dengan kemampuannya masing-masig. Beragam jenis organisasi yang umumnya ada di kampus-kampus di Indonesia, antara lain :
  • Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)
  • Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)
  • Lembaga Dakwah Kampus (LDK)
  • Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ)
  • Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)
  • dan masih banyak lainnya.
Yang menjadi banyak pertanyaan di benak orang-orang terutama para mahasiswa, Pentingkah Mengikuti Organisasi di Kampus Bagi Mahasiswa? Manfaat apa yang bisa di dapat dengan mengikuti organisasi tersebut dan seperti apa pengaruh organisasi tersebut terhadap gaya belajar mahasiswa itu?. Itu semua tergantung dari individu mahasiswa tersebut, karena tidak semua sama alasan mereka mengikuti sebuah organisasi yang ada dikampus. Baik efek positif dan negatifnya pasti berbeda dari setiap mahasiswa yang mengikuti organisasi kampus.
Adapun Manfaat mengikuti organisasi yang ada di kampus bagi mahasiswa antara lain :
  1. Melatih diri untuk menjadi seorang pemimpin (Leadership)
  2. Menambah Wawasan
  3. Belajar mengatur waktu
  4. Mengasah Kemampuan Sosial
  5. Problem Solving dan Manajemen Konflik
  6. Memperluas jaringan atau Networking
  7. Membentuk Pola pikir yang baik
  8. Meningkatkan Kemampuan berkomunikasi
setelah kalian mengetahui banyak manfaat mengikuti organisasi di kampus, apakah anda sekarang tertarik untuk mengikutinya juga? dan kalian sekang mulai berfikir bahwa organisasi di kampus itu memang penting. itu semua tergantung individu masing-masing dalam menilainya. walaupun banyak manfaat yang didapat dari mengikuti organisasi yang ada di kampus, tetap saja ada dampak negatif  atau kerugian jika kalian mengikuti organisasi di kampus.
Adapun dampak negatif atau kerugian mengikuti organisasi di kampus bagi mahasiswa yaitu :
  1. Menjadi Kurang Fokus untuk Belajar di Kelas
  2. Jika tidak pandai membagi waktu, maka kuliah yang utamanya adalah untuk belajar menjadi terbengkalai
  3. Mengikuti organisasi juga memerlukan uang yang dibutuhkan untuk pembelian baju, attribut, dan lain-lainnya
Untuk itu jika anda memang suka mengikuti berbagai kegiatan di organisasi yang anda ikuti, haruslah disertai dengan kemampuan mengatur waktu dengan baik serta tepat. Agar kalian para mahasiswa mendapatkan semua manfaat berorganisasi tanpa perlu mengorbankan prestasi.
Demikianlah artikel singkat tentang Pentingkah Organisasi di Kampus Bagi Mahasiswa?, semoga setelah membacanya kalian bisa menilai dan menentukan sendiri penting atau tidaknya organisasi di kampus buat kalian para mahasiswa.. Semoga Bermanfaat..^_^

4 COMMENTS

  1. Apa sih hubungan kegiatan kuliah itu dengan dunia kerja nanti?.
    Dan apakah ada sangkutpautnya dg kuliah yg sdg dijalani?

    • Tergantung Jurusan Kuliah dan Bidang Kerjanya.. jika selaras tentunya ilmu selama kuliah pasti akan bisa digunakan secara maksimal. Intinya diri harus bisa berimprovisasi disaat kerja. Dan ilmu selama kuliah pastinya tidak akan sia-sia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.