Panduan dan Informasi Cara Mendapatkan Lisensi Tour Guide

Panduan dan Informasi Cara Mendapatkan Lisensi Tour Guide – Pemandu wisata profesional bisa menjadi pilihan profesi yang menarik. Terutama mengingat kita tinggal di Indonesia yang begitu kaya dengan destinasi wisata menarik.

Fakta bahwa industri pariwisata merupakan salah satu denyut nadi utama perekonomian nasional menjadi alasan lain mengapa menjadi tour guide atau pemandu wisata memiliki prospek yang bagus. Mengetahui cara mendapatkan lisensi tour guide bisa menjadi langkah pertama untuk menjadi pemandu wisata profesional.Panduan dan Informasi Cara Mendapatkan Lisensi Tour Guide

Mengenal Lisensi Pemandu Wisata Profesional

Sertifikasi profesi ternyata tidak hanya ada di profesi guru atau pengajar, tetapi juga pada profesi pemandu wisata. Cara memperoleh lisensi tour guide adalah dengan mengikuti uji kompetensi sebagai tour guide dilakukan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Uji kompetensi untuk memperoleh sertifikasi ini bertujuan agar pemandu wisata profesional memiliki kemampuan memandu wisata yang memenuhi standar kelayakan untuk memandu wisatawan nusantara atau wisatawan mancanegara.Panduan dan Informasi Cara Mendapatkan Lisensi Tour Guide

Setelah seseorang lulus sertifikasi maka ia bisa langsung bekerja memandu wisatawan, setidaknya untuk wisatawan dalam negeri. Kemampuan berbahasa asing seperti bahasa Inggris akan menjadi syarat lain untuk bisa menjadi pemandu wisata mancanegara.

Kebutuhan lain yang dibutuhkan untuk langsung bekerja menjadi pemandu wisata adalah kepemilikan lisensi yang umumnya dikeluarkan lembaga bidang pariwisata tingkat daerah atau organisasi pemandu wisata setempat.

Syarat Mendapatkan Lisensi Pemandu Wisata Profesional

Ada beberapa syarat yang dibutuhkan untuk memperoleh lisensi sebagai pemandu wisata profesional.

Memiliki pengetahuan tentang destinasi wisata

Syarat yang pertama adalah memiliki pengetahuan tentang destinasi wisata yang dituju. Hal ini penting karena seorang pemandu wisata harus mampu menyajikan informasi dan menjawab pertanyaan yang muncul dalam sebuah kunjungan wisata.

Mengikuti pelatihan sebagai pemandu wisata

Syarat lain adalah mengikuti pelatihan sebagai pemandu wisata yang biasanya dilakukan oleh asosiasi pemandu wisata atau dinas pariwisata setempat. Bagian pelatihan ini juga bisa dijalani dengan mengikuti pendidikan formal atau vokasi pada bidang kepariwisataan.

Pelatihan ini penting agar pemandu wisata profesional memiliki kompetensi dalam memandu wisata dan berkomunikasi dengan wisatawan ketika memimpin sebuah tour.

Sertifikasi Pemandu Wisata

Langkah lain yang bisa dijalani adalah mengikuti sertifikasi uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikasi tour guide sebagai pemandu wisata profesional.

Sertifikasi ini dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi yang umumnya dibutuhkan bagi seseorang yang ingin menjadi tour leader atau pimpinan perjalanan wisata. Terdapat jenjang yang dikenal dalam Himpunan Pramuwisata Indonesia mulai dari pramuwisata muda, pramuwisata madya dan tour leader.

Langkah – langkah Memperoleh Lisensi Tour Guide

Bagian utama dari cara mendapatkan lisensi tour guide dengan mendapat sertifikasi pemandu wisata adalah dengan menjalani serangkaian verifikasi dan tes.

Verifikasi Berkas

Bagian pertama dari sertifikasi ini adalah verifikasi berkas – berkas persyaratan yang berupa portofolio serta dokumen pendukung untuk membuktikan bahwa peserta sertifikasi merupakan seorang pemandu wisata yang pernah mengikuti pelatihan dasar.

Proses Pengujian

Bagian berikutnya adalah proses pengujian yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kecakapan pemandu wisata dalam menjalankan tugasnya. Bagian ini dapat berupa ujian tertulis ataupun wawancara yang bertujuan untuk menilai kemampuan pemandu wisata dalam menjalankan tugasnya. Keterampilan berkomunikasi menjadi salah satu kompetensi penting yang akan dinilai.

Aspek lain yang akan dinilai berupa pengembangan pengetahuan tentang kepariwisataan. Selain itu juga terdapat pengujian mengenai pengetahuan dan keterampilan terkait prosedur keamanan, keselamatan dan kesehatan kerja.

Keseluruhan materi yang diujikan sebagai syarat dan cara mendapatkan lisensi tour guide merupakan materi yang bisa didapatkan dalam sebuah kursus pemandu wisata atau pelatihan pramuwisata.

Seorang pemandu wisata bisa mengikuti uji kompetensi sebagai bagian dari proyek nasional Kemenparekraf tanpa dipungut biaya atau mengikuti ujian berbayar melalui Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata.

Itulah beberapa Panduan dan Informasi Cara Mendapatkan Lisensi Tour Guide, semoga informasi ini bermanfaat ya..

1 thought on “Panduan dan Informasi Cara Mendapatkan Lisensi Tour Guide”

  1. Pingback: 7 Langkah Mudah Cara Menjadi Tour Guide Profesional

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.