Menyegarkan Mata di Kabupaten Pakpak Bharat

Tempat Wisata di Pakpak Bharat – Kamu sudah pernah main ke Kabupaten Pakpak Bharat? Kabupaten ini adalah pemekaran dari kabupaten Dairi. Salak adalah ibukota dari Pakpak Bharat. Kabupaten yang asri dan sejuk karena berada di kaki pegunungan Bukit Barisan.Tempat Wisata di Pakpak Bharat

Pakpak Bharat serasa negeri diatas awan, karena sering kali berkabut dan mengakibatkan udara begitu dingin khususnya lagi di musim penghujan. Disarankan kalau kesini sih, siapkan aja jaket untuk jaga-jaga biar gak kedinginan. hahahaha

Buat yang bertanya apakah di Pakpak Bharat ada tempat wisata yang menarik? jawabannya sudah pasti ada dong.  Pakpak Bharat kaya akan wisata alam seperti Air Terjun. Perjalanan wisata yang penuh tantangan. Cocok buat kamu yang ingin berpetualang menelusuri wisata alam di Pakpak Bharat.

Ada beberapa tempat yang menarik yang sempat saya kunjungi. Dan tempat wisata Pakpak Bharat ini masih ramah untuk wisata bersama keluarga. Apa aja itu? Mari lanjut bacanya…

Komplek Panorama Sindeka

Sindeka merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Pakpak Bharat sejak dimekarkan dari Kabupaten Dairi. Di lokasi ini Kantor Bupati dan Kantor DPRD dibangun serta perkantoran pemerintahan lainnya yang menyebar mengikuti bentuk dataran tanah.

Panorama Sindeka berada di dataran tinggi yang berbukit- bukit. Tempat ini menyajikan pemandangan alam yang eksotis. Panorama Sindeka menjadi titik terindah bila ingin menikmati pemandangan Kota Salak.

Sejauh tatapan mata akan terlihat jelas hamparan pegunungan yang berwarna kehijauan. Terlihat juga rumah-rumah penduduk dari kejauhan. Suhu udara di Panorama Sindeka begitu terasa sejuk, segar dan dingin.

Air Terjun Lae Mbilulu

Wisata Air Terjun Lae Mbilulu berada di Desa Prongil Julu, Kecamatan Tinada.

Air Terjun Lae Mbilulu disebut juga air terjun kembar karena alirannya yang terbagi menjadi dua. Debit air terjun yang sangat deras apalagi saat musim hujan, lingkungan sekitar yang masih hutan alami, membuat wisata ini banyak dikunjungi wisatawan.

Suasana yang masih alami dan dipenuhi dengan tumbuhan serta pepohonan hijau membuat Air Terjun Lae Mbilulu tampak begitu asri.

Namun sayangnya jalan menuju Air Terjun Lae Mbilulu ini masih belum mulus saat saya kesini. Ya semoga saja kedepannya akses jalannya lebih bagus lagi. Mengingat pengakuan warga setempat air terjun ini begitu hits dan hampir di setiap weekend ramai dikunjungi wisatawan.

Tugu Pemekaran Pakpak Bharat

Kabupaten Pakpak Bharat terbentuk pada tanggal 28 Juli 2003 dan merupakan hasil dari pemekaran Kabupaten Dairi. Etnis yang mendiami kabupaten ini pada umumnya adalah suku Pakpak, yakni salah satu subsuku Batak.

Setelah perjuangan berbuah hasil, dibangunlah monumen atau Tugu Pemekaran Pakpak Bharat ini. Sebagai simbol perjuangan dalam usaha pemekaran. Karena tertulis nama-nama orang atau yang berkontribusi dalam usaha pemekaran pada tugu tersebut.

Ada wisata lain di Pakpak Bharat?

Sebenarnya Ada banyak lagi tempat wisata di Pakpak Bharat namun belum semua bisa saya kunjungi. Dari yang saya lihat di internet ada banyak lagi seperti Air Terjun Lae Une, Air Terjun Sipitu Lae Petulan, Air Terjun Lae Singgabit, Air Terjun Mamabu, Batu Tettal, Mejan Penanggaleng, Tangga Seribu Pakpak Bharat dan lainnya.

Itulah beberapa Tempat Wisata yang ada di Pakpak Bharat semoga bermanfaat buat kamu yang ingin main ke Pakpak Bharat. Salam Jalan-jalan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Exit mobile version