Hari Anak Nasional, Apa Kabar Anak Indonesia?

2

Hari Anak NasionalHari Anak Nasional, Apa Kabar Anak Indonesia?Pagi ini tepatnya Kamis, 23 Juli 2015 baru tersadar kalau ini hari adalah Hari Anak Nasional. Beruntung punya akun media sosial seperti Instagram, sehingga bisa dapat info dari teman-teman tentang ini. Berbicara tentang Anak-anak, yang terlihat dari pengamatan saya, berbeda banget tingkah lakunya dengan anak kelahiran tahun 2000an dengan tahun 90an. Mulai dari mainannya, pertemanannya, dan masih banyak lainnya. Sebagai anak yang lahir tahun 90an, rasa bahagianya itu beda banget dengan jaman sekarang ini. Misalnya nih dari segi mainannya. Kalau anak-anak dulu tuh, dari pulang sekolah sorenya pasti mainnya bareng teman-teman dekat rumah. Liburan, mainnya juga sama teman-teman dekat rumah. Beda sama sekang, mulai dari sekolah sampe dirumah kebanyakan mainnya sama gadget, bermain dengan game digital, baik dari HP, laptop, tablet dan sebagainya.

Berbicara tentang permainan masa kecil, tepatnya dimasa saya masih kecil, itu banyak banget lohh,, Mungkin permainan itu sudah hampir hilang dijaman sekarang dan tidak dimainkan lagi sama anak-anak indonesia di perkotaan pada umumnya. Permainan kala itu, seperti petak Umpet, congklak, patok lele, main lompat tali, bola bekel, Engklek, Main Layangan, Sepak bola, Main Yoyo, dan masih banyak lagi. Dari beberapa yang disebut, pasti ada Anak-Anak yang tidak pernah mengenal sama sekali permainan tersebut.

Kalau saya waktu kecil senang dengan permainan petak Umpet nih.. yang lucunya saat capek, ngumpetnya dirumah teman dan tidur,, hahah, kasihan dulu temen yang jaga, kecarian. Selain itu Main layangan, dulu sih mainnya disawah, parahnya, liat teman, main plus ngejar layangan dan gak sengaja injak-injak padi yang baru ditanam disawah, otomatis yang punya sawah marah dan mengejar mereka dengan parang. hahahah. Nah, yang dari dulu ada sampe sekarang yaitu sepak bola, kalau dulu sih mainnya suka-suka,, tempatnya bebas dimana aja, asal ada tanah kosong, disitulah main bola bersama-sama. Kalau sekarang susah mau main bola,, tanah-tanah kosong banyak yang sudah dibangun rumah, perumahan ataupun ruko. Mau main bola harus bayar sewa lapangan.

Hmm,, Jadi kangen masa Anak-anak dulu. Apa kabar Anak-Anak Indonesia Saat ini?? Apakah masih jaman saya dulu apakah sudah berubah pesat? Apa sih yang berubah? Kalau dulu masih SD, taunya cuma belajar dan bermain, sekarang liat di media sosial, ada anak SD yang sudah tahu namanya pacaran. Widihhh,,, miris ya. Apakah Ini efek perkembangan jaman Digital? Semua informasi dapat diterima dengan cepat melalui gadget mereka. Semua informasi diterima begitu saja, tanpa ada filter yang kuat buat anak-anak saat ini. Umumnya sih yang seperti ini terlihat pada anak yang tinggal di perkotaan, bagaimana anak-anak di desa? masih berbahagiakah dengan permainan yang khas, permainan tradisional Indonesia? Semoga hal itu tetap ada, sehingga masa kecil mereka tetap indah dengan yang namanya keakraban bersama teman-teman masa kecil yang jauh dari namanya gadget.

Banyak saat ini kasus yang terjadi pada Anak-anak yang diberitakan, mulai dari kekerasan di Sekolah, Dirumah, maupun dalam kehidupan masyarakat. Siapa yang mau disalahkan? Coba lihat bagaimana pendidikan Saat ini, bahkan ada oknum yang ingin merusak anak bangsa terutama anak Sekolah Dasar melalui buku pelajaran mereka, menyisipka sebuah gambar maupun cerpen yang isinya itu menyimpang dari pelajaran yang seharusnya mereka terima. Salah siapa ini?? Terlalu capek dan lelah mencari tahu siapa salah siapa benar…

Semoga saat orang tua, selalu melihat perkembangan Anak-anaknya sejak dini, dan dunia Pendidikan jangan sampai terabaikan dan rusak karena oknum yang memanfaatkan dunia pendidikan demi kepentingan pribadinya. Semoga Anak-anak Indonesia semakin pintar dan kreatif, mempunyai Akhlak yang Mulia, menjadi penerus bangsa yang Jauh lebih baik dari Saat ini.

Demikianlah sedikit cerita tentang Hari Anak Nasional, Apa Kabar Anak Indonesia? dan bagaimana tanggapan kalian tentang Anak-Anak Indonesia saat ini? Yok share pendapat kalian ya,,,

SELAMAT HARI ANAK NASIONAL 

2 COMMENTS

  1. Efek social media begitu terasa, trend baru untuk mendapatkan informasi berharga itu semakin gampang. Semoga berdampak baik kedepannya. Untuk anak-anak juga perlu di edukasi tentang social media juga ya kan..

    Untuk Hari Anak ini, bentuk kepedulian kita terhadap masa depannya. Semoga diberkahi anak-anak kita ya, Aamiin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.