Hal Yang Membuat Kamu Menjadi Blogger Produktif

18

Hal Yang Membuat Kamu Menjadi Blogger Produktif – Sabtu, 1 Oktober 2016, saya berkesempatan mengisi acara dari Tiket.com dengan Agenda #NgopiBarengTiket. Dimana singkatan Ngopi adalah Ngobrol Penuh Inspirasi. Saya menjadi salah satu pembicara dari tiga pembicara yang ada saat itu. Tema utama acara tersebut yaitu Sharing Session “Write Better Earn Bigger : A Guide On How To Blog Productively”. Sub tema yang saya bawakan adalah Time Management and productivity system in creating blog content , dimana intinya bagaimana memanajemen waktu dan sistem agar NgeBlog semakin Produktif.Menjadi Blogger Produktif

Selain mengurus blog personal ini, saya juga membangun blog bertema traveling, dimana di tulisannya berawal dari jalan-jalan saya selama ini. Coba intip ke www.medanwisata.com ya… Nah, berdasarkan blog itu juga, saya mendapatkan kesempatan untuk sharing didepan teman Blogger yang ada di Medan. Acara #NgopiBarengTiket di Medan dibuat di Clapham, Ruko Center Point Medan. Dan isi yang saya sampaikan saat itu, saya rangkum dalam tulisan ini kembali.

Apa Itu Blogger Produktif???

Setiap orang mungkin punya pemahaman sendiri tentang ini, namaun menurut saya Blogger Produktif adalah seorang yang selalu konsisten untuk update blog yang dikelolanya. Ngeblog secara teratur atau terjadwal sehingga selalu memberikan tulisan-tulisan terbaru dalam blog miliknya.

Atur Waktu Blogging

Setiap orang mungkin punya cara tersendiri bagaimana mengatur waktunya untuk Ngeblog. Namun, banyak pula yang blognya masih terbengkalai alias jarang terupdate. Mungkin karena kesibukan di dunia offline dan lainnya. Bahkan hal yang sederhana yang terlontar adalah kesulitan mendapatkan ide untuk menulis blognya. Nah berikut cara saya mengatur waktu blogging.Cara mengatur Waktu Ngeblog

1. Jalan-jalan (cari Ide)
Untuk mengisi konten di blog MedanWisata.com tentunya saya membutuhkan beberapa ide dahulu, biasanya sih mendatangkan idenya saya akan jalan-jalan. Gak mesti jauh sih, yang penting bisa buat senang dan tenang. 😀 kalian juga bisa kok melakukan ini.

2. Tuangkan Cerita dalam Blog
Sudah jalan-jalan pasti mendapatkan ide mau nulis apa, hal sederhana sekalipun yang kita lihat bisa menjadi bahan tulisan. Untuk itu tulislah segera.

3. Blogging Secara Teratur (Terjadwal)
Ini hal paling penting, dimana diri harus konsisten dalam ngeblog. Untuk itu atur jadwalnya. Misalnya bisa sehari sekali, seminggu sekali, sebulan sekali atau setahun sekali. Waduh, setahun sekali cukup parah ini. 😀 Jika kita lagi mood untuk menulis bisa saja dalam satu hari menciptakan tiga atau lebih artikel. Namun, jangan dipos ketiga postingan tersebut dalam satu hari. Buat jadwal, misalnya publish per seminggu sekali. sehingga blog akan terus update bagi para pembaca.

4. Ciptakan Aktifitas baru
Ngeblog terkadang membuat bosan atau jenuh, untuk itu coba sisihkan waktu untuk melakukan hal lain, seperti main game, nonton, atau hal yang disenangi.

5. Jaga Mood dan Fokus
Ini hal yang paling penting, karena dengan mood serta fokus yang baik akan menghasilkan tulisan yang apik dan menarik.

Setelah kita melakukan 5 hal yang diatas termasuk membuat jadwal untuk ngeblog, selanjutnya ada sebuah Sistem sederhana berdasarkan yang saya lakukan yaitu sebuah Sistem Agar NgeBlog Semakin Produktif. Lihat Gambar dibawah iniSistem Blogger Produktif

Sistem Agar NgeBlog Semakin Produktif

Jika kalian membuat jadwal ngeblog 1 kali seminggu, langkah diatas bisa dibuat dalam perharinya, misalnya senin, menemukan ide, selasa waktunya menulis, rabu waktunya publikasi dan lainnya. Dan jika biasa menulis 1 hari 1 blog bisa membaginya dalam 24 jam sistem diatas.

1. Menemukan Ide
Sebagai contoh, kita hanya mampu menulis blog dalam 1 minggu 1 postingan. Maka kita bagi hari dalam seminggu. Misalnya hari minggu adalah waktu untuk mencari ide. Bisa dilakukan dengan cara jalan-jalan ataupun melakukan kegiatan yang kita sukai.

2. Menulis
Selanjutnya di hari Senin misalnya adalah waktu untuk menulis, maka fokuslah untuk menulis ide yang sudah ada. Tipsnya jangan buka sosial media seperti Facebook, twitter dan lainnya, agar ide tersebut tidak buyar. Tulis saja ide yang ada dan jangan diedit dahulu.

3. Mengedit
Setelah menulis, kini saat mengedit Tulisan. misalnya di hari Selasa waktunya untuk mengedit tulisan. Cek kosa kata serta menambahkan gambar pada tulisan.

4. Mempublikasikan
Ketika tulisan sudah oke, maka waktunya untuk dipublikasikan. Dan misalkan saja hari Rabu adalah waktu untuk publish tulisan. Setelah publish jangan lupa share ke sosial media kita

5. Blogwalking
Untuk mempererat silaturahmi antar blogger serta memperkenalkan blog kita dengan teman-teman, cobalah buat hari khusus untuk melalukan blogwalking ke blog teman-teman kita, baca dan berikan komentar terhadap blog yang kita kunjungi.

6. Plus Join Komunitas
Cobalah untuk gabung ke komunitas Blogger yang ada di daerah kalian. Dengan gabung dengan komunitas tentunya menambah teman untuk saling memotivasi agar menjadi Blogger yang produktif. Seperti saya yang bergabung dalam Blogger Medan (Blog M). Biasanya kumpul secara rutin setiap sebulan sekali untuk diskusi dan silaturahmi.

Nah, buat kalian yang biasa nulis blog dalam satu hari bisa membagi waktunya sendiri, misalnya menemukan ide dalam 1 jam. Lalu menulis dalam waktu 2 Jam, mengedit dan mempublikasikannya dalam waktu 1 jam saja. Semua itu tergantung gimana nyamannya kita dalam mengurus blog yang kita punya agar terus produktif.Sharing Session Ngopi Bareng Tiket.com

Bonus Blogger Produktif

Kenapa saya bilang bonus? karena gak semua bisa mendapatkan hal ini. Tapi jika benar-benar produktif seperti sistem diatas, maka bonus yang bisa kita dapat yaitu :

1. Terkenal / Hits / Populer
Secara tidak sengaja, maka otomatis kita akan terkenal / hits / populer dikalangan teman blogger. Inilah bonus bagi para blogger yang produktif.

2. Mendapat Penghasilan.
Ini juga bonus yang asik buat blogger, dimana kita akan mendapatkan uang dari hasil Job Review yang ditawarkan sebuah Brand. Selain job review masih banyak hal lain seperti Iklan, Endorse dan kerjasama lainnya.

Nah, itulah hal sederhana yang saya sampaikan dalam acara #NgopiBarengTiket beberapa waktu yang lalu. Bagaimana pendapat kalian tentang Blogger Produktif? yok berbagi pengalaman disini.. Demikianlah artikel ini semoga dapat memberikan manfaat Menjadi Seorang Blogger yang Produktif. 🙂

18 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.