Beli Rumah di Usia Muda ini Bisa Kamu Lakukan Tahun ini Juga

4

Cara Beli Rumah di Usia MudaBeli Rumah di Usia Muda ini Bisa Kamu Lakukan Tahun ini Juga– Siapa bilang beli rumah di usia muda adalah sesuatu yang mustahil? Pemikiran memiliki rumah hanya bisa dilakukan pada usia tua tidak berlaku lagi di zaman modern. Ada banyak kemudahan yang ditawarkan, pertanyaannya apakah kamu siap memanfaatkan kemudahan itu? Bahkan beli rumah bisa kamu lakukan di tahun ini juga. Ah, tidak mungkin!

Bisa! Asal tahu caranya dan pastikan kamu memang orang yang rajin menabung. Hal ini karena cara-cara yang disebutkan ini pastinya menuntut kamu untuk tetap menabung.

Cara Beli Rumah di Usia Muda

1.Tabung DP rumah

Kamu pasti sudah sering dengar produk KPR atau Kredit Pemilikan Rumah. Rata-rata bank sekarang sudah menawarkan produk KPR dengan keunggulan masing-masing. Asumsinya gajimu sekitar 7 juta rupiah maka kamu bisa menyisihkan sekitar 2,1 juta atau 30% dari gaji tersebut. Dengan tabungan per bulan nominal seperti itu, kamu bisa mengumpulkan modal 40 juta hanya dalam 2 tahun. KPR Mandiri bisa jadi salah satu opsi terbaik. Setidaknya kamu punya kelegaan karena punya jangka waktu pelunasan hingga 25 tahun dari Bank Mandiri. Pilih rumah seharga 200 jutaan jika memungkinkan. Memang untuk rumah dengan harga seperti itu kemungkinan besar hanya bisa didapat di daerah pinggiran. Atau, ya, kamu bisa menunggu setahun atau dua tahun lagi agar dapat DP rumah yang lebih bagus.

Anyway, untuk menopang biaya DP kamu tersebut, kamu bisa berinvestasi di logam mulia seperti emas atau reksadana. Dengan begitu, nilai uang yang kamu simpan tidak terkuras oleh inflasi.

2. Cicil tanah terlebih dahulu

Ada opsi yang setidaknya beri kamu keamanan, cicil lewat tanah terlebih dahulu. Kamu bisa cari tanah dengan harga murah. Pastikan tidak bermasalah ya. Nah, kamu bisa cicil bangunan rumahnya sesuai kemampuan kamu.

3. Kredit Tanpa Agunan

Yap! Kredit tanpa agunan atau KTA sekarang bahkan menawarkan plafon hingga ratusan juta rupiah. Kamu bisa segera dapat dana segar bahkan tanpa jaminan. Salah satu produk KTA yang menawarkan plafon cukup tinggi adalah KTA Mandiri dengan kredit hingga 200 juta! Syarat yang diajukan pun cukup mudah. Sebagai informasi, range bunga per tahunnya hanya 10,8% saja. Dengan KTA bahkan kamu bisa punya rumah di tahun ini. Namun memang ada sedikit catatan bahwa plafon KTA Mandiri ini dibatasi 5 kali gajimu sekarang. Jadi, jika ingin memperoleh kredit di angka 200 juta maka gaji yang disyaratkan oleh bank adalah 40 juta per bulan.

Pilih antara KTA, KPR ataupun beli tanah terlebih dahulu bisa kamu pilih sesuai kemampuan. Sesuaikan dengan gaji kamu sekarang. Yang pasti mulailah untuk rajin menabung dari sekarang karena modal untuk punya rumah tentu saja menabung. Baru setelah itu, kamu bisa pilih strategi pembelian yang cocok denganmu.

4 COMMENTS

  1. Beli rumah lewat KPR itu memang sebaiknya disegerakan, karena kebijakan pemerintah untuk program KPR sendiri bisa berubah sewaktu-waktu. Makin ditunda malah bisa jadi gak kebeli rumahnya gara-gara harga properti makin lama makin tinggi… hehehe ?.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.