Mau Jadi Blogger? Jangan Deh, Biar Aku Saja

40
2303
views

Mau Jadi Blogger? Jangan Deh, Biar Aku Saja – Masih menikmati setiap tulisan yang kubuat, menikmati setiap ketikan kata yang tertulis di sebuah blog kesayangan. Menjadi Blogger, apakah ini sebuah cita-cita masa lalu atau sebuah perjalanan nyata dari kehidupan ku saat ini. Gak pernah terbayang menjadi seorang penulis, meskipun saat ini masih menjadi penulis online. Karena dari dulu gak pernah itu namanya menulis atau merangkai kata disebuah diary. Disuruh mengarang bebas buat cerita disekolah aja dulu males karena bingung mau nulis apaan.Blogger Kota Medan

Awal Menjadi Blogger

Blogger, kata ini terdengar pertama kali pada 9 tahun silam. Disebuah kelas semasa SMA. Yaa ada seorang teman yang berbicara tentang seorang Penulis plus artis yang terkenal melalui tulisannya di Blog lalu tulisannya dibuat kedalam buku dan menjadi buku Best Seller pada saat itu. Dari situ penasaran, apa sih blog itu?

Memasuki kuliah yang kebetulan saat itu mengambil jurusan Teknik Informatika. Pertanyaan tentang blog masih terus menghantui. Karena tau tidak ada mata kuliah tentang blogging akhirnya coba bertanya sama teman satu kelas. Alhamdulilah ada satu teman yang paham blog dan bersedia mengajari membuatnya.

Tahun 2009 menjadi awal mengenal dunia blogging. Membuat blog dengan niat isinya adalah materi-materi yang didapat saat perkuliahan. Niat tinggal niat semata. Semangat ngeblog terus memudar, karena saat itu kalau mau ngeblog harus ke Warnet. Ditambah kerja plus kuliah sehingga ke warnet juga gak bisa tiap hari. Setahun lebih akhirnya blog menganggur dan tidak pernah dibuka lagi.

Mau Jadi Blogger? Jangan Deh, Biar Aku Saja
Kegiatan DURIAN (Diskusi Ringan Anak Medan) Blog M setiap bulannya

Tahun 2011 semangat ngeBlog kembali lagi, berhubung sudah mendapatkan pekerjaan baru. Kalau sebelumnya menjadi Cleaning Service kini alhamdulilah bekerja di kantoran yang tiap hari didepan layar komputer plus Internetnya aktif. Hehehe. Blog lama pun kembali dibuka dan belajar serius mendalami tentang blog. Bagaimana ngeblog yang benar, cara mendapatkan uang dari blog dan lainnya.

Belajar secara otodidak tentang blog. Mulai paham bagaimana membuat postingan blog yang bagus dan bisa mendatangkan banyak trafic sehingga bisa mendapatkan pundi-pundi dolar melalui blog. Butuh waktu yang cukup lama untuk bisa berhasil mendapatkan hasil. Meskipun dolar yang didapat tidak lah besar, dan dianggap recehan, setidaknya sudah sedikit paham mendapatkan penghasilan dari Blog.

Isi blog saat itu, masilah campur-campur. Tidak ada topik khusus yang dibuat. Sehingga di pertengahan tahun 2013 kembali membuat blog yang lebih spesifik yaitu tentang traveling. Tulisan yang dimuat adalah berdasarkan perjalanan sendiri ketempat-tempat wisata yang ada di Medan dan sekitarnya. Pada saat itu juga mulai browsing keberadaan komunitas blogger di Medan dan Ketemu grup Facebooknya. Saat itu komunitas ini tidaklah begitu aktif.

Tahun 2014 mulai bertemu dengan teman-teman blogger yang ada di kota Medan di beberapa event. Senang pastinya bisa kenal serta diskusi dan tentunya menambah ilmu baru didunia blogging. Pada dasarnya kita butuh sebuah wadah untuk diskusi serta silaturahmi antar blogger di kota Medan, bersama teman-teman blogger, kita sepakat membuat komunitas yang diberi nama BLOG M (Blogger Medan).

Mau Jadi Blogger? Jangan Deh, Biar Aku Saja
1st Anniversary BLog M

2 Februari 2015, Blog M berdiri dan saya kebetulan dipercaya untuk menjadi pengurus tahun pertama di Blog M. Selama di Blog M saya mendapat banyak pengalaman dan pelajaran. Khususnya dibidang Blogging. Bagaimana menjadi seorang blogger yang baik serta Membangun Personal Branding melalui Blog.

Bagi saya, Blog M bukan sekedar komunitas, melainkan sudah sebagai keluarga. Karena Blog M bukan sekedar tempat belajar, mendapatkan ilmu, lalu setelah itu pergi. Blog M mempertemukan saya dengan orang-orang hebat, menjalin silaturahmi serta menjadi saudara. Blog M juga membantu saya hingga seperti saat ini. Oh iya, sekalian mau ngucapain Happy 3rd Anniversary Blog M, semoga Blog M tetap menjadi komunitas yang bisa memberi manfaat buat orang banyak. Aamiiin..

Dunia Blogging

Semua orang bisa membuat blog dan semua orang bisa menulis di blog. Tapi tidak semua orang bisa konsisten ngeBlog dan tidak semua orang bisa mendapatkan uang dari Blognya. Semua butuh proses dan konsisten dalam hal blogging. Karena sejatinya seorang blogger adalah orang yang dengan konsisten mengupdate tulisan di blog.

Blogging gak sekedar hanya menulis postingan lalu publish dan share ke sosial media yang kita punya. Banyak hal dari itu. Kita juga harus belajar menulis konten yang bagus, blogwalking ke blog-blog teman, belajar mendatangkan traffic ke Blog agar ramai pembaca, dan lainnya. Masih mau jadi Blogger?

Beberapa Tips Menjadi Seorang Blogger :

1. Niat
Tentukan niat ngeblog itu apa. Kalau langsung berfikir Ngeblog untuk bisa dapatkan uang. Itu berat Loh. Malah nanti kalau gak bisa dapat uangnya bisa-bisa jadi malas ngeblog dan mundur untuk jadi Blogger. Kalau dulu niat awal saya ngeBlog itu karena penasaran kayak apa blog itu. Selanjutnya belajar menulis dan sharing apa yang kita tahu melalui blog . Berharap tulisan yang kita buat itu bermanfaat buat orang lain. Kalau udah banyak yang suka dengan tulisan kita pasti ada sesuatu yang lebih nanti kita dapatkan

2. Harus Kuat
Jadi Blogger Itu Berat, jadi kita harus kuat. Menjadi blogger harus bisa membuat postingan secara berkala serta konsisten dalam ngeBlog.

3. Rela Membuang Waktu

Jika kita saat ini sedang bekerja atau kuliah, kalian harus siapkan waktu minimal 1 jam untuk ngeBlog, tujuannya biar kamu Menjadi Blogger yang Produktif

4. Tentukan Tema Blog
Sebaiknya kita sudah punya satu tema untuk blog kita, misalnya tentang traveling, kuliner, parenting, olahraga atau lainnya. Tapi jika masih bingung nentuin satu tema, silahkan aja isi blognya campur-campur temanya. Gak apa kok, yang penting tetap menulis

5. Join di Blog M
Biar semangat ngeBlognya, sebaiknya join deh di komunitas Blogger yang ada di daerah kalian, seperti Blog M kalau di Medan, biar ngeblog gak berasa sendirian. Kalau rame teman blogger kan bisa saling memotivasi dan tentunya semakin semangat.

Menjadi Full Time Blogger, Mungkinkah?

Mungkinkah blogger menjadi sebuah profesi atau cita-cita yang diidam-idamkan banyak orang? Apa bisa suatu hari nanti, di KTP pekerjaan tertulis sebagai Blogger? Sebab, sudah banyak orang yang sukses dan menghidupi dirinya serta keluarnganya dengan pekerjaan sebagai Blogger. Dunia semakin berkembang, semua serba online. Blog bukan hanya menjadi tempat curhat melainkan juga menjadi sebuah wadah untuk berjualan juga.

Gaya menulis seorang blogger juga terus mengalami perubahan sesuai kebutuhan. Apalagi tulisan bersifat Job Review. Ini juga menjadi alasan kenapa banyak yang berfikir jadi blogger itu enak, tinggal nulis siap itu dapat duit. Hahhahahhahh, rasanya hanya bisa tertawa, karena apa yang dibayangkan tidak semudah yang dipirkan orang banyak. Full Time Blogger, mungkinkah bagi ku? Meninggalkan pekerjaan kantoran dengan jam yang telah disesuaikan, beralih ke jam yang bebas namun terkadang tugas sebagai blogger melebih orang kantoran?

Bangga Menjadi Blogger

Jika suatu hari blogger telah tiada, setidaknya hingga sampai saat ini aku bangga menjadi blogger. Ada banyak pengalaman dan pelajaran yang didapat. Seperti menjadi pembicara atau pemateri sebuah event yang berkaitan blogging. Diliput oleh media, diajakin jalan-jalan serta mendapatkan uang dari menjadi seorang Blogger. Akankah Blogger terus ada??? Semoga saja…

Mau Jadi Blogger? Jangan Deh, Biar Aku Saja
Saat Blogger menjadi Pembicara

Beberapa hal yang pernah didapat selama menjadi blogger, bisa diliat link dibawah ini
Portofolio Rudi Blogger
Portofolio Rudi Medan Wisata

Semoga menjadi penyemangat buat siapapun yang serius ingin menjadi blogger, semoga diri ini juga terus semangat dalam memahami hitam putih dunia Blogging.

40 COMMENTS

  1. sukses terus ya bang rudii, dari blog ga mau nyoba hosting gitu, bikin website 🙂

    awal ga tau apa2 tnetnag blog, tau2 udah terkenal aja sebagai travel blogger, malah kalau kak Molly sampe masuk tv

  2. Masih mau jadi blogger? Actually itu kayanya pertanyaan berat kali ya. Ya, semoga aja tetap konsisten jadi blogger meskipun tidak full time (baca: jarang update)

  3. Problem ngeblog salah satunya gimana cara melawan rasa malas ya, Rud. Aku sering gitu. Belum lagi kalau udah kecapean, trus ngantuk. Hahahaha… keluhan mamak-mamak😂. Tapi aku senang jadi blogger. Kalau ngga ngeblog, manalah mungkin bisa kenal sama yang namanya Rudi Hartoyo. Ihiiiy😊

  4. Saya pun tak terasa bulan ini tepat satu tahun saya belajar menulis dan ngeblog. Benar perjuangan membangun blog itu tidak mudah ya. Allhamdulillah berkat perjuangan itu ada banyak hal yang saya capai di blog saya. Doakan smga saya bisa konsisten ya

  5. Salam kenal..
    Klo aku, pertama ngeblog awalnya buang jenuh aja.. tapi ternyata, asyik. Lebih menikmati lagi setelah pelan2 dapat job dr ngeblog..

    Cuma ya itu, masih sering moody untuk nulis..😁

    • coba flasback tulisan kita kak, topik apa yang lebih sering kita bhas. Contohnya, kuliner, traveling, parenting danlainnya. nah dari situ coba yakinkan diri mana yang paling kita senangi nulisnya. mana yang lebih sering buat kita enjoy saat nulis. gitu sih kak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here