Ku Temukan Rasa bersama Sumatera Wonder Trips

12

Nyicip Kopi di OmertaKu Temukan Rasa bersama Sumatera Wonder Trips – Berawal dari undangan yang tersebar di Grup Facebook Blogger Medan Community, yang isinya bahwa Sumatera Wonder Trips (@SW_Trips) melalui Kak @ekarinawaty, mengundang beberapa anak Blogger Medan untuk ikut ngumpul plus nyicip kopi yang mereka sediakan pada hari Sabtu, 8 Februari 2014, di @OmertaShop dan themanya yaitu “Temukan Rasa Mu”. Banyak yang tertarik untuk ikutan event ini, termasuk aku sih.. 🙂

Hari yang ditentukan pun tiba, teman-teman dari @blogger_medan yang datang pada acara tersebut yaitu ada Yoga, Dewi, Kak Rinrin, Sabda, Mhd Anhar dan Saya @RudiHartoyo.  Sebelum masuk, kami harus ngisi absen dulu nih. Dan kakak-kakak cantik dari Sumatera Wonder Trips telah menanti kedatangan kami,, 🙂 , salah satunya kak Lina yang memberi arahan untuk mengisi Absen, sekaligus membagikan Souvenir Berupa Kopi. Kebetulan kopi yang saya dapat adalah Kopi Robusta dari Pakpak Barat. Selain kak Lina, ada lagi Kak Eci dan Kak Eka yang telah hadir di dalam Omerta Koffie.

Ngisi Absen di event @SW_Trips
Blogger Medan Community Ngisi Absen di event Sumatera Wonder Trips

Setelah pada ngumpul, perbincangan ringan bersama Sumatera Wonder Trips terjadi di dalam @OmertaShop, mulai saling berkenalan satu sama lainnya. Di Omerta tempatnya tidak begitu luas, namun ini menjadi kelebihan tersendiri, karena dengan tempat yang tidak begitu luas, membuat duduknya saling berdekatan, ngobrol pun jadi lebih asik dan bisa lebih akrab antar satu sama lain. Perbincangan pun dimulai oleh kak Eci, dimana ia bercerita tentang awal mulanya Sumatera Wonder Trips, Tujuan acara ini, dan apa saja yang akan di bahas dalam acara kali ini.

kak Eci pun mulai menjelaskan yaitu Sumatera Wonder Trips awalnya mereka berasal dari sebuah komunitas atau sekedar ngumpul bareng di Rumah Buku, terus ada inisiatif ingin membuat kerja bareng sekalian membuat komunitas yang seru semacam Travel Agency All In One yang didalamnya terdapat wisata alam, kuliner, budaya dan sejarah. Terbentuklah Sumatera Wonder Trip ini. Wisata yang ditawarkan cukup menarik dan berbeda. Dimana, kalau agen travel lain, berwisata ke suatu tempat atau daerah, mereka akan mencari penginapan Berupa Hotel, makannya pun di Restaurant. Sehingga Wisata kuliner, budaya serta sejarah terhadap daerah wisata tersebut kurang dapat. Nah, berbeda dengan Sumatera Wonder Trips, mereka berusaha berwisata sambil berusaha memajukan kualitas kedaerahan yang dikunjungi tersebut.

kak Eci @SW_Trips
kak Eci @SW_Trips

Salah satu daerah yang menjadi kunjungan Sumatera Wonder Trips dan ingin diangkat swadaya dan nama daerahnya yaitu Sidikalang yang terkenal dengan sebutan Sumatera Coffe Land. Karena merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia. @SW_Trips melakukan survey langsung ke Petani kopinya. Untuk bertanya ke Petani dan berusaha membantu petani untuk memasarkan langsung kopi mereka ke masyarakat umum tentunya.  Seperti yang kita tahu harga kopi cukup mahal, namun para agen membeli dari petani dengan harga murah sekali. Nah, disinilah peran Sumatera Wonder Trips, mereka berusaha membantu para petani untuk memasrkan kopinya secara langsung kepada masyarakat umum dengan harga yang sepantasnya diterima oleh para petani kopi didaerah tersebut. Tidak hanya sidikalang sih, masih ada daerah lain juga seperti Lintong, pakpak Barat, Gayo Aceh, Dolong Sanggul dan lainnya.

Tujuan dari Event yang diadakan Sumatera Wonder Trips kali ini ngumpul dan nyicip kopi bareng di Omerta Koffie, tidak hanya satu jenis yang dicoba, namun ada 5 jenis kopi yang berbeda. Nyicip Kopinya juga spesial dan tidak sembarangan, karena ada bang Denny Sitohang selaku pemilik Omerta Koffie. Ia akan memberikan edukasi tentang Kopi, cara menyeduh kopi dengan benar dan berbagai hal tentang kopi. Buat yang ingin tahu tentang penyajian kopi yang benar, silahkan Baca Tulisan ini sampai Habis,, 🙂

Setelah berkenalan, berbincang-bincang dengan kakak-kakak dari @SW_Trips, Akhirnya Agenda Utama di mulai, yaitu Icip-Icip Kopi yang akan di pandu oleh Bang Denny. Sebelum memulai, ia pun memutar musik khas dari daerah batak. Hmmm, jadi Back Sound ceritanya nih, saat menyampaikan edukasi kopi dan penyajian kopi nantinya. Bang Denny memulai pembicaraan dengan memperkenalkan awal mulanya Berdiri Omerta Koffie. Ia bilang, bahwa pada awalnya omerta yang sekarang ini, awalnya hanya toko kecil-kecilan, yang menjual Accesories Otomotif Klasik. Omerta Shop

Karena masih ada tempat yang bisa dimanfaatkan untuk bikin Coffe Shop, Kenapa Tidak? Lumayan kan,untuk menambah Income harian, tutur bang Denny. Ia kemudian mencari info kesana kemari tentang Kopi, bisnis kedai Kopi (Coffe Shop), akhirnya bg Denny memberanikan diri untuk membuka toko sekaligus Coffe Shop. Seiring perjalanannya, malah lebih berkembang bisnis Coffe shopnya dibandingkan toko accessorisnya. Untuk yang pingin tahu lebih jelas tentang Omerta Coffee Shop, bisa liat tulisan saya di blog yang berjudul Omerta Tempatnya Penikmat Kopi. Oh ia, perlu diketahui, bahwa kopi-kopi yang ada di Omerta, memiliki kualiatas Grade 1 (Terbaik) dan Grade 2.

Bg Denny Sitohang
Bg Denny Sitohang

Selanjutnya bang Denny mulai bercerita awal mulanya ia menyukai Kopi. serta menjelaskan tentang sejarah Kopi yang ada di Indonesia. Juga pemaparan awal mulanya ada kopi Robusta dan Arabika. Dan satu hal yang perlu diketahui bahwa dahulu Indonesia pernah menjadi Pengekspor Kopi terbesar di Dunia. Dan Saat ini, jika tidak salah,  Indonesia berada di urutan ketiga negara Penghasil kopi di Dunia. Biar tidak capek membaca tulisan yang panjang ini, saya paparkan videonya saja yah, silahkan di tonton dan di dengar Edukasi tentang Kopi Oleh bang Denny.

Sekarang waktunya icip-icip Kopi.Yeaaahhh. 🙂 Kopi yang akan disajikan kali ini, ada 5 yaitu : Roasted Bean Arabica Sidikalang, Bubuk Robusta Lintong, Bubuk 100% Arabica Lintong, Bubuk 100% Robusta Pakpak Bharat, dan Bubuk 100% Robusta Sidikalang. Semua kopinya, dibeli langsung oleh Sumatera Wonder Trips dari para petani langsung di daerahnya. Sesuai dengan Tema acara kali ini yaitu “Temukan Rasa Mu”, maka saya pun semangat untuk menyicip Kopi dan menemukan Rasa yang pas untuk saya.

  • Kopi pertama yang disajikan adalah Roasted Bean Arabica Sidikalang. Disajikan dengan alat French Press.
    Penyahian Kopi dengan French Press
    Penyajian Kopi dengan French Press

    Setelah dirasa saya menyimpulkan : Rasa asam begitu terasa dibandingkan rasa pahitnya. bahkan rasa pahit tidak terasa.di Sesi pertama ini, orang yang hadir dalam acara ini, begitu antusias dan semangat untuk mencoba kopi ini.

  • Kopi kedua yang disajikan adalah Bubuk Robusta Lintong. Disajikan dengan cara lama yaitu Tubruk. Aroma begitu terasa, harum dan enak. Untuk Rasa yang saya rasakan yaitu Pahit dan tidak ada rasa asam.
    Kopi Bubuk Robusta Lintong
    Kopi Bubuk Robusta Lintong

    Ohh ia, disela icip kopi tersedia beberapa snak antara lain Bolu yang dibawa kak Eka, kalau tidak salah bolu Labu biasa dikenal dengan bahasa karo Jambe(#Benar tidak ya?).. 🙂 dan ada juga Bakwan. Serta air putih tentunya untuk menetralkan Rasa.

    Kak Eka Membagikan Kopi
    Kak Eka Membagikan Kopi
  • Kopi ketiga yang disajikan adalah Bubuk 100% Arabika Lintong. Disajikan dengan alat Moka Pot. Moka Pot ini awalnya ada dan dibuat di Italia, Moka Pot ini bisa dibilang Mesin Espresso Manual pada jaman dulu, sebelum adanya mesin espresso canggih pada saat ini. Alat ini terbagi dari 3 bagian, yaitu paling bawah tempat penampungan air, di tengah adalah tempat untuk menaruh Kopi, dan paling atas adalah tempat keluarnya Kopi yang telah berekstrasi antara air dan kopi tadi. Bisa lihat di video ini proses jadinya kopi yang siap minum melalui Moka pot.
    Untuk Aroma biasa saja seperti yang kopi pertama yang disajikan. Untuk rasa tidak terlalu pahit dan tidak terlalu asam juga.
  • Kopi keempat yang disajikan adalah Bubuk 100% Robusta Pakpak Bharat. Disajikan dengan alat Pour Over. Diatas Alat ini letakkan berupa kertas penyaring. Bubuk kopi di letakkan didalam Kertas tersebut, lalu disiramkan air panas dari atas,  dan hasil penyaringan tadi, terciptalah kopi.. 🙂 . Karena menggunakan kertas penyaring tadi, maka warna kopi terlihat bening seperti warna minuman soda co**-**la.  Untuk Rasa yaitu Pahit dan Asam begitu terasa, namun semakin lama, rasa Asam semakin tinggi. Pada Sesi ini, sebagian peserta icip kopi sudah angkat tangan dan tidak ingin melanjutkan minum kopinya demi keamanan kesehatannya. 🙂 , dan sisanya  masih lanjut sampai tetes kopi terakhir. hahaha
  • Kopi kelima yang disajikan yaitu Bubuk 100% Robusta Sidikalang. Disajikan kembali dengan cara tubruk. Untuk Rasa, pertama menyentuh lidah terasa pahit, setelah masuk ketenggorokan  terasa sedikit asam.

NB : Semua kopi disajikan murni tanpa Gula, dan Air di sajikan dalan suhu 90-95 derajat Celcius. Itu semua demi mendapatkan cita rasa kopi yang asli.

Kelima kopi telah disajikan dan di cicipi bersama-sama, semua peserta begitu antusias, dan keakraban terjalin disini, semua bisa bicara, cerita dan tertawa bersama dengan suasana santai dan rileks. Suatu moment yang Begitu bersahabat. Dan telah Ku Temukan Rasa yang pas buat saya saat itu yaitu Kopi Bubuk Robusta Lintong. 🙂 Satu lagi tentang Kopi, meskipun sama hitam, kopi mempunyai rasa yang berbeda dan unik di tiap detailnya. Selain Rasa Kopi yang saya dapatkan, saya juga menemukan Rasa persahabatan yang begitu hangat dalam acara ini.

Tidak sampai disini, rupanya bang denny memberikan bonus icip kopi spesial dari Omerta Shop. Kopi yang disajikan yaitu Kopi Arabika Lintong. Kopi langsung di giling disitu dan disajikan dengan cara tubruk. Disajikan untuk diminum bersama sebagai penutup sesi icip-icip kopi yang diselenggarakan oleh Sumatera Wonder Trips ini. Dan kami pun Toosssss bersama.. Yeaaaa.. 🙂 .

Ngopi Rame-Rame
Ngopi Rame-Rame

Sesi Nyicip kopi pun berakhir sudah, tinggal duduk santai, ngobrol bareng, ada yang curhat-curhatan dimalam minggu bersama bang Denny tentang Kopi. :). Tidak terasa waktu semakin malam, Acara ngumpul dan Nyicip Kopi bersama Sumatera Wonder Trips di Omerta Koffie pun berakhir. Kemudian di Tutup dengan berfoto bersama. 🙂

Sumatera Wonder Trips
Sumatera Wonder Trips, Blogger Medan & Omerta Koffie

Demikianlah artikel tentang Ku Temukan Rasa bersama Sumatera Wonder Trips ini, semoga bermanfaat..^_^..

Informasi :

Sumatera Wonder Trips

Twitter  : @SW_Trips

FB         : Sumatera Wonder Trips

WA       : 081361324002 / 081375378476

Call       : 081361324002 / 081375378476

BB        : 768883BA

Omerta Coffie Shop

Jl. KH. Wahid Hasyim No.9 Medan

Twitter : @OmertaShop

 

 

 

12 COMMENTS

  1. Mantap!!! Ada yg perlu diluruskan. Sebenarnya istilahnya bukan Roasted Lintong/Sidikalang, tapi lebih tepatnya Roasted Bean Lintong/Sidikalang. Atau cukup juga hanya menyebutkan Bean… Terus, di bawah ada ditulis Ekspresso, yg betul Espresso aja. Rajin-rajin ya post. Kl bisa, kata Omerta Koffie dilink ke web nya Rud 🙂 Hahahaha…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.