Keunggulan dan Manfaat Menggunakan Top Level Domain Bagi Blogger

19
2902
views

Keunggulan dan Manfaat Menggunakan Top Level Domain .net/.com Bagi Blogger – Lebih dari 4 tahun saya Ngeblog, ada banyak cerita dan pengalaman yang dirasakan selama Ngeblog. Platform untuk Ngeblog pun telah dicoba seperti blogspot, wordpress, blogdetik, kompasiana, tumblr dan lainnya. Namun dari beberapa itu saya lebih asik dan aktif dengan blog berplatform blogspot dan wordpress. Awal punya blog masih menggunakan blog gratisan alias dengan domain standart dari bawaan blogger dan wordpress. Namun, setelah mendengar beberapa saran teman untuk menggunakan Domain TLD (Top Level Domain) akhirnya sekitar tahun 2013 saya pun memutuskan menggunakan domain TLD dengan berbagai alasan dan pertimbangan. Semoga ini keputusan yang benar sebagai blogger nubi 😀Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com Bagi Blogger

Ada banyak jenis Domain TLD seperti .com dan .net yang kian populer. Saya sendiri masih menggunakan domain dotcom dan suatu hari nanti pengen juga sih menggunakan domain dotnet. Blog gratisan yang saya punya pun sudah dicustom dengan domain .com seperti blog Rudihartoyo.com ini serta telah menggunakan Hosting juga. Blog yang saat ini saya kelola dan dipantau secara berkala yaitu blog ini dan blog bertemakan traveling yaitu www.medanwisata.com . Selama bertransformasi dengan Blog TLD, ada sesuatu yang berbeda dalam diri ini,, *Ceilaahhhh.. gaya mu ruddd,, Ngeblog serasa semakin asik dan bersemangat.

Ada beberapa Keunggulan dan Manfaat Menggunakan Top Level Domain Bagi Blogger :

1. Serasa semakin Kece dan Keren

Tingkat kekecean blog semakin bertambah, terlebih si blogger nya, otomatis makin keren dan pede dengan Top Level Domainnya.

2. Blog akan Mudah diingat.

Tulisan menarik, tampilan blog oke punya, tapi kalau domainnya susah dihapal, gimana coba? Inilah salah satu alasan kenapa harus beralih ke top level domain seperti dotcom atau dotnet agar blog mudah diingat oleh si pembaca. jadi suatu saat ingin kembali membaca tulisan terbaru blog kita, pembaca dengan cepat mengingat nama blog kita.

3. Dianggap sebagai Blogger yang serius

Dengan menggunakan domain .com / .net menandakan kita adalah seorang blogger yang serius. Karena mau gak mau harus mengembangkan blog agar bisa menghasilkan pundi-pundi dolar dari blog yang kita kelola. Minimal bisa membayar domain atau hosting blog kita setiap tahunnya.

4. Semakin banyak tawaran sponsored post atau job review

Dengan menggunakan domain Top Level Domain, menjadikan blog kita tidak dipandang sebelah mata. Terbukti dengan menggunakan domain TLD saya pun berkesempatan mendapatkan beberapa sponsored post dan Job review. Dan dengan menggunakan domain TLD membuat pembayaran atas sponsored post dan Job review berbeda dengan blog yang belum menggunakan domain .com atau .net. Ini benar saya alami saat itu.

5. Terlihat Lebih Professional

Dengan menggunakan domain .com / .net membuat blog semakin profesional bagi para pengunjung. Dengan menggunakan Domain TLD pula, memberikan nilai kepercayaan bagi para pembaca terhadap blog kita.

6. Branding Blog

Langkah awal membangun personal branding dengan blog adalah membangun blog yang bagus dengan Domain Top Level Domain. contohnya ya blog pribadi saya ini. Blognya pake nama sendiri, menggunakan Top Level Domain, terlihat keren dan profesional. hahaha. *Narsis Abissss……

Kegiatan Blogging telah menjadi hobi yang serius saya jalanin. Gak tau kenapa bisa terjebak dalam dunia Ngeblog. Terjebak yang membawa kenikmatan.. halahhh…:-D Blogging menjadi gaya hidup buat ku. sehingga jika tidak punya blog saat ini rasanya tidak keren. Meskipun aktif di beberapa sosial Media, namun punya blog dan aktif sebagai blogger memberikan rasa kepuasan tersendiri. Ada banyak hal yang bermanfaat yang saya dapatkan dan kemudian saya pun ikut membagikan hal yang bermanfaat tersebut melalui blog.

Dan menurut saya, mempunyai blog aktif menjadi nilai tambah bagi seseorang dalam dunia kerja. Ketika melamar kerja sebuah perusahaan yang melek digital, blog kita bisa menjadi portofolio dan nilai tambah bagi HRD untuk menerima kita kerja dan membuat kita berbeda dari pelamar lainnya. Karena itu pula tidak ada salahnya jika blog kita saat ini bertransformasi menggunakan Top Level Domain seperti .Net dan .Com.

Manfaat Penggunaan Top Level Domain .Com dan .Net

Saat ini Blog tidak hanya digunakan sebagai catatan pribadi melainkan sudah bergerak menjadi bisnis dan lainnya, karena itulah pemanfaatan Domain Top Level Domain .net/.com sangatlah penting. Dengan begitu membuat blog diranah bisnis semakin terlihat profesional, serius dan dapat dipercaya. Contohnya blog untuk jualan online, biasanya pembeli akan lebih percaya dengan blog yang menggunakan domain .com /.net, meskipun sama-sama dapat dipercaya. Inilah yang biasa terlihat sehari-hari, seperti saya sendiri jika ingin membeli barang secara online, pasti akan lebih melirik blog yang berdomain .com / .net. Selain itu jika kita telah memahami tentang SEO, pastinya mbah google akan lebih mempercayai web / blog yang menggunakan top level Domain. Ini menjadi keuntungan buat para blogger tentunya.

Menggunakan Domain .com/.net Itu Mahal

Siapa bilang menggunakan Top Level Domain .com/.net mahal? masa sih sebagai blogger yang sering dapat job review atau sebagai publisher iklan tidak bisa menyisihkan pendapatannya untuk membayar domain yang hanya 100-150 ribu/ Tahun ? menurut saya ini sudah terlaluuuu….

Bagaimana Cara mendapatkan Domain .com / .net sesuai keinginan kita?

Caranya sangat mudah kok bagi kalian para blogger yang kepengen insyaf dan segera ingin memiliki Domain .com/.net ini. Silahkan ikuti langkah dibawah ini.

  1. Buka situs DotComForMe atau klik gambar dibawah iniDotComForMe
  2. Lalu klik Tab Beli Domain
  3. Pada halaman yang muncul, silahkan masukkan domain yang ingin dibeli pada kolom yang tersediamendapatkan Domain .com / .net di DotComForMe
  4. Lalu tekan tombol Cek Ketersediaan
  5. Jika domain pilihan kita tersedia, selanjutnya tekan tombol tambahmendapatkan Domain .com / .net di DotComForMe
  6. Pada halaman selanjutnya, silahkan copy dan simpan di notepad alamat nameservernya untuk setingan domain selanjutnya.mendapatkan Domain .com / .net di DotComForMe
  7. Setelah itu klik tombol “Lanjutkan Pemesanan”
  8. Akan tampil halaman detail pemesanan, silahkan dicek kembali. Jika sudah pas semua, silahkan tekan tombol “Selesaikan Pemesanan”mendapatkan Domain .com / .net di DotComForMe
  9. Setelah itu, silahkan isi formulir pemesanan yang ada dengan detail dan lengkapmendapatkan Domain .com / .net di DotComForMe
  10. Nantinya akan masuk email untuk login ke DotComForMe, setelah login lihat Tab Invoice untuk detai pembayaran.
  11. Selanjutnya data akan kembali dikirim ke email dan selanjutkan silahkan transfer biaya domain sesuai detail yang ditampilkan.
  12. Jika sudah selesai semua, selanjutnya tinggal setting ke Blogspot kalian untuk di custom domain.
  13. Jika masih merasa bingung, silahkan gunakan layanan chat yang tersedia di DotComForMe, nantinya kita akan dibantu biar tidak bingung.

Menggunakan Top Level Domain .com/.net tidak akan membuat kalian rugi, toh hanya 100ribuan pertahunnya. Apalagi blog yang kita kelola sudah sering mendapatkan job dari pengiklan. Saya sendiri sudah merasakan manfaat menggunakan domanin TLD seperti blog ini yang menggunakan domain .com. Jadi tunggu apalagi? buat blog yang belum menggunakan Top Level Domain, langsung deh pesan dan rasakan manfaatnya. Itulah Keunggulan dan Manfaat Menggunakan Top Level Domain Bagi Blogger, semoga bermanfaat 🙂

#SemangatBlogging #DotComForBlogging 

dotcomforblogging

19 COMMENTS

  1. Bawaan sudah serius eh pas sampai di sini:

    … kepengen insyaf dan segera ingin memiliki Domain .com/.net ini. Silahkan ikuti langkah dibawah ini.

    Hahaha… permisi pengen ngakak, hahaha…

    Insyaf, residivis kalles. Hahaha…

  2. Penggunaan TLD seharusnya cukup terjangkau kalau memang niat ya mas… 12 ribu lebih sedikitlah perbulannya… kalau dengan sekalian hosting ada kemungkinan biaya pengelolaan terus naik… sehingga muncul mitos mahal…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.