Inilah Cara Mudah Merawat Speaker Aktif Kesayangan Anda

5
149
views

Inilah Cara Mudah Merawat Speaker Aktif Kesayangan Anda – Speaker hadir untuk menunjang kualitas audio yang dikeluarkan saat Anda mendengarkan musik maupun saat menonton film. Tidak heran jika speaker termasuk barang elektronik yang wajib dipunya. Speaker sendiri terbagi menjadi dua, yaitu speaker aktif dan speaker pasif. Tetapi speaker aktif masih menjadi pilihan utama karena keunggulannya dibanding speaker pasif. Meskipun unggul dalam segi kualitas, speaker aktif pun jika tidak dirawat dengan benar akan mengalami penurunan kualitas. Untuk itu Anda harus memperhatikan perawatan speaker aktif agar awet dan kualitas yang tetap bagus. Berikut ulasan lengkap untuk cara mudah merawat speaker aktif.Inilah Cara Mudah Merawat Speaker Aktif Kesayangan Anda

Jangan Menggunakan Speaker dengan Volume Full

Bagi sebagian orang, mendengarkan musik dengan volume kencang memang memberikan kepuasaan dan kesenangan tersendiri. Tapi Anda juga perlu memperhatikan kemampuan speaker aktif yang Anda punya. Jangan menggunakan speaker dengan volume full 100%, sebaiknya dikurangi dengan mentok di 75%. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kerusakan membran loud pada subwoofer speaker. Selain itu, sebelum dimatikan sebaiknya volume speaker dikecilkan terlbih dahulu agar saat nanti digunakan kembali, speaker tidak bekerja secara spontan.

Saat Tidak Digunakan, Lepas Kabel Speaker

Lepas kabel power speaker sesaat setelah selesai digunakan. Meskipun sepele, membiarkan kabel power tetap mencolok di stop kontak ternyata bisa menyebabkan kerusakan pada speaker. Untuk itu, lebih baik kabel dilepas agar bisa memperpanjang umur speaker aktif kesayangan anda dan juga tentunya menghemat konsumsi daya listrik.

Perhatikan Suhu & Kelembapan Ruangan Penyimpanan

Suhu ruangan saat menyimpan speaker tenyata juga berpengaruh pada kualitas speaker. Hindari menyimpan speaker di ruangan yang terkena langsung sinar matahari karena suhu yang panas dapat menyebabkan kualitas suara speaker menurun. Sebaiknya simpan speaker di ruangan yang sejuk. Selain suhu, kelembapan ruangan juga patut diperhatikan. Jika terlalu lembap, spekaer akan lebih cepat berkarat.

Hindari Terjadinya Feedback

Untuk Anda yang hobi berkaraoke menggunakan microphone dan speaker, cara perawatan ini harus Anda perhatikan. Kadang kala, saat mencolokkan jack microphone ke port di speaker akan terjadi feedback. Sebaiknya hal ini di hindari karena jika sering terjadi feedback akan memicu kerusakan pada speaker aktif Anda. Cara mengantisipasinya adalah dengan mengecilkan volume speaker sebelum menyambungkan dengan microphone dan jauhkan posisi microphone dari speaker.

Bersihkan Speaker Secara Berkala

Bersihkan speaker dari debu maupun kotoran lain secara berkala misalnya seminggu sekali. Hal ini dilakukan agar debu dan kotoran yang menempel tidak sampai merusak komponen yang ada di speaker. Luangkanlah waktu Anda sekitar 10 menit untuk membersihkannya. Jika speaker kesayangan Anda awet tentu Anda akan senang, bukan?

Itulah cara mudah merawat speaker aktif yang bisa kami sharing di postingan kali ini. Semoga bermanfaat, ya! Bagi kamu yang belum mempunyai speaker aktif, bisa cari di MatahariMall.com, online shop penyedia segala kebutuhan.

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here